Perjalanan Kartini

Related Articles

Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2009, Tim Putri Astacala yang berjumlah sembilan orang melakukan suatu kegiatan “Perjalanan Kartini”. Kegiatan ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan panjat tebing yang dilaksanakan di Tebing Siung Yogyakarta pada tanggal 20 – 23 April 2009 waktu lalu.

Kegiatan yang dikordinir oleh Ayis Nurwita ini selain bertujuan untuk menunjukkan semangat perempuan dalam kegiatan alam terbuka, juga untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama pecinta alam dan melatih kemampuan dalam melakukan pemanjatan tebing.

Memerlukan waktu persiapan dua minggu sebelum kegiatan, seperti dikutip dari forum diskusi Astacala. Persiapan yang dilakukan antara lain penyebaran proposal dan pencarian sponsor, latihan fisik, dan simulasi pemanjatan di wall climbing Astacala Kampus Institut Teknologi Telkom Bandung.

Kegiatan Perjalanan Kartini ini walaupun mengusung semangat perempuan Indonesia, ada juga dua orang putra Astacala yang ikut menjadi tim pendukung. Selama kurang lebih tiga hari, pemanjatan di tebing yang berlokasi di tepi pantai selatan daerah Yogyakarta ini bisa dibilang berjalan cukup lancar.

Setelah kegiatan usai, Ayis mengatakan bahwa tahap selanjutnya adalah menyusun laporan kegiatan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada berbagai pihak yang ikut membantu. []

Oleh Tim Redaksi Astacala

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Menarik

Satu Pagi di Gunung Kelimutu

Gelapnya langit malam perlahan pun mulai memudar. Pendar keemasan mulai tergambar di ufuk sebelah timur. Berkas cahaya matahari, pelan namun pasti mulai menembus dan...

IT Telkom Menanam Bersama FAST

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada hari Sabtu tanggal 31 Maret 2012, telah diselenggarakan kegiatan penanaman pohon di kampus IT Telkom. Acara yang  terselenggara...

Srikandi Astacala Berbagi, Peduli Lingkungan, dan Tangguh

ASTACALA kembali mengadakan kegiatan sosial yang bertema “Kartini yang berbagi, Tangguh dan Peduli Lingkungan” yang dilaksanakan pada 28-29 April 2018 di Tebing Citatah 48, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat bersama beberapa Mapala UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) untuk berpartisipasi dalam meramaikan acara. Antara lain, Khauf, Mapach, Pamor serta Biocita.