Daerah Tangkapan Air Danau Singkarak Dipenuhi Bangunan Liar

Related Articles

Hutan sebagai kawasan tangkapan air di hulu Sungai Batang Sumani, Lubuk Silasih, Kabupaten Solok, Sumatera barat yang bermuara ke Danau Singkarak, masih terus dirambah dan telah banyak berdiri bangunan-bangunan liar di kawasan itu.

Tindakan ini harus dihentikan, karena akan mengurangi pasokan air ke Danau Singkarak akibatnya ke depan debit air akan turun dan mengganggu operasional PLTA Singkarak, kata anggota Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Sumbar, Bachtul di Padang, Selasa (1/8).

Selain itu, lahan yang dibuka di kawasan itu ada yang digunakan untuk areal penumpukan sementara batubara sebelum dibawa ke PT Semen Padang atau ke Pelabuhan Teluk Bayur untuk diekspor.

Ia mengatakan, perambahan hutan dan berdirinya bangunan liar berdasarkan pengamatan langsung ke lapangan dan laporan dari warga saat anggota DPRD melakukan kunjungan kerja ke daerah itu.

Menurut dia, jika tindakan itu terus berlarut-larut, maka tangkapan air di hulu sungai akan berkurang sehingga pasokan untuk memutar turbin PLTA Singkarak akan terganggu.

Jika turbin kurang berfungsi, maka krisis listrik akan dialami Sumbar dan provinsi tetangga yang bisa menimbulkan kerugian di banyak pihak, termasuk sektor usaha ekonomi masyarakat.

Karena besarnya dampak yang akan timbul dikemudian hari, menurut Bachtul, Pemkab Solok segera bertindak tegas terhadap pelaku perambahan hutan tersebut.

Bangunan liar itu juga harus dihentikan karena bisa menjadi perkampungan liar nantinya, tambahnya. []

Sumber : Antara, Edisi 1 Agustus 2006

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Menarik

Apakah Aku Berada di Mars?

Tanggal 4 Januari 2004 wahana antariksa milik NASA, Spirit, mendarat dengan sukses di permukaan Planet Mars. Selama hampir 90 hari kemudian, robot beroda enam...

Batu, Kabut, dan Purnama

Dan batu besar yang disinari pesona rembulan malam itu adalah tujuan kami. Hanya sebuah onggokan batu sangat besar yang terbentuk dari isyarat alam selama...

Sebuah Elegi, Antara Kita dan Emisi

Semua dimulai ketika kita bangun dari tidur. Menyalakan lampu, mengecek handphone, mendengarkan berita pagi sambil menyeruput secangkir kopi panas. Mengendarai motor, menyalakan komputer dan...