Pengabdian Masyarakat Astacala untuk Pasirjambu

64613

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang ada di ASTACALA. ASTACALA sebagai bagian dari civitas akademika Telkom University memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu “Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat”. Hal ini juga merupakan bagian dari visi Astacala yaitu “Menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dan meningkatkan keterampilan serta kemampuan kegiatan alam terbuka.”

Oleh karena itu ASTACALA akan mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat, berupa pengadaan komputer dan penerapan konsep belajar “E-Learning”.

Nama Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah “Pengabdian Masyarakat untuk Pasirjambu.”

Landasan Kegiatan

  1. Tri Dharma Perguruan Tinggi

“Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat”

  1. Visi Astacala

“Menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dan meningkatkan keterampilan serta kemampuan kegiatan alam terbuka

  1. Program Kerja Dewan Pengurus Astacala 2013-2015 Divisi Lingkungan Hidup.

Tujuan

  1. Meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
  2. Meningkatkan kepedulian lingkungan di kalangan siswa
  3. Mengamalkan ilmu IT kepada masyarakat, sebagai wujud kepedulian sosial dari ASTACALA

Deskripsi Tempat

Kegiatan ini akan dilaksanakan di SMPN 2 Pasirjambu, yang terletak di Jl. Raya Kaca Kaca, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. SMP ini mulai berdiri pada tahun 2008/2009  dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung serta pada tahun ini memiliki 250 orang siswa, 23 orang guru dan 6 orang karyawan.

Beberapa gambaran mengenai kondisi sekolah tersebut  adalah sebagai berikut:

  1. Kondisi pendidikan TIK masih sangat kurang dari segi perangkat seperti komputer.
  2. Tenaga pengajar yang bukan dari lulusan IT, namun guru yang dianggap melek teknologi

Waktu Pelaksanaan Kegiatan

  1. Pra Operasional : 3 Maret 2015 – 24 April 2015
  2. Opersional : 25 April 2015 – 26 April 2015
  3. Pasca Operasional : 27 April 2015 – 29 April 2015

Gambaran Kegiatan 

  1. Pengadaan Laboratorium Komputer

Mengingat pesatnya kemajuan teknologi sekarang ini, kami bermaksud untuk memberikan bantuan komputer kepada SMPN 2 Pasirjambu. E-learning merupakan salah satu proses belajar mengajar jarak jauh yang menggunakan bantuan teknologi informasi. Selain infrastruktur yang memadai, internet merupakan salah satu hal terpenting untuk menunjang terwujudnya e-learning. Kami juga akan melakukan maintenance dan evaluasi secara berkala agar e-learning dapat berjalan dengan optimal.

  1. Pengenalan konsep pembelajaran E-Learning

Kemudian akan dilakukan pembelajaran dan pengenalan mengenai sistem e-learning yang akan mereka gunakan untuk mempermudah berinteraksi dalam melakukan proses belajar mengajar.

  1. Belajar dan Bermain
Baca juga:   SMPN 2 Pasirjambu Menyapa Dunia

E-learning dapat berjalan dengan lancar jika didukung dengan keterampilan menggunakan komputer yang memadai. Sehingga di acara puncak kegiatan ini kami akan shring materi Microsoft Office, dan cara menggunakan internet seperti melakukan browsing dan cara blogging kepada para siswa. Selain itu untuk menambah keakraban dan persaudaraan maka terdapat beberapa games antara pantia dan siswa SMPN 2 Pasirjambu

  1. Hari Bumi

Kegiatan ini merupakan kegiatan menanam di sekitar SMPN 2 Pasirjambu. Berdasarkan hasil observasi daerah SMPN 2 Pasirjambu masih minim pohon maka diadakan kegiatan menanam pohon serta menanamkan kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar.