Musyawarah Anggota Astacala Tahun 2013

Musyawarah Anggota ASTACALA merupakan sebuah forum yang kekuasaan dan kedudukannya paling tinggi dalam struktur organisasi Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam ASTACALA IT Telkom. Dalam acara tersebut akan disampaikan laporan pertanggungjawaban dari Dewan Pengurus yang menjabat selama periode bersangkutan kepada semua anggota ASTACALA yang hadir saat itu. Selain laporan pertanggungjawaban, pada Musyawarah Anggota juga diadakan proses pemilihan ketua Astacala yang baru untuk periode kepengurusan berikutnya.

Musyawarah Anggota ASTACALA untuk periode kali ini mengambil waktu pada tanggal 19 – 21 April 2013, bertempat di Ruang Seminar Gedung Student Center Kampus IT Telkom. Acara dimulai pukul 19.30 WIB dengan dipimpin oleh tiga presidium sidang sementara, yaitu  M. Arief Naibaho (AM – 010 – MG), sebagai presidium satu yang juga merupakan ketua panitia, Ajie “Popos” (A – 097 – AP) sebagai presidium dua, dan Maulana “Ulil” Prima (A – 107 – LH) sebagai presidium sidang tiga. Prosesi pembukaan dipimpin oleh presidium sidang yang ditandai dengan pembacaan doa dan pengetukan palu sidang sebagai tanda dimulainya Musyawarah Anggota ASTACALA tahun 2013 secara resmi.

Agenda sidang Musyawarah Anggota ASTACALA tahun 2013 kali ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu :

·         Pra Sidang

·         Sidang Laporan Pertanggungjawaban

·         Sidang Pleno

·         Sidang Paripurna

Dalam Pra Sidang Musyawarah Anggota dilakukan “penggodokan” tata cara dan peraturan yang berlaku di dalam jalannya musyawarah anggota tersebut. Pra Sidang Musyawarah Anggota ASTACALA tahun 2013 dimulai pukul 19.40 WIB dan berakhir keesokan harinya pukul 10.30 WIB dengan hasil yaitu surat keputusan (SK) nomor: I/KEP/AST/MA/IV/2013 tentang Tata Tertib Musyawarah Anggota ASTACALA Tahun 2013, SK nomor : II/KEP/AST/MA/IV/2013 tentang Agenda Sidang Musyawarah Anggota ASTACALA Tahun 2013, SK nomor : III/KEP/AST/MA/IV/2013 tentang Tata Cara Pemilihan Presidium Musyawarah Anggota ASTACALA Tahun 2013, dan terakhir SK nomor : IV/KEP/AST/MA/IV/2013 tentang Pemilihan Presidium Tetap Musyawarah Anggota ASTACALA Tahun 2013.

Dengan keluarnya SK nomor : IV/KEP/AST/MA/IV/2013 tentang Pemilihan Presidium Tetap Musyawarah Anggota ASTACALA Tahun 2013, maka pimpinan sidang diserahkan kepada presidium tetap yang beranggotakan tiga orang, Andi “Acong” Wirawan (A – 068 – KA), Fitra “Om” Ariffanto (A – 108 – LH), dan Lanang Prayogo (AM – 012 – LH).

Presidium Sidang Sementara

Usai agenda Pra Sidang dilaksanakan, maka rangkaian acara berlanjut ke tahap Sidang Laporan Pertanggungjawaban dari Dewan Pengurus (DP) periode 2011 – 2013, yang dibuka dengan pembacaan bab pendahuluan Laporan Pertanggungjawaban DP 2011-2013 oleh Rahmadian “Tumingkel” Ikhsanul (A – 089 – LP) sebagai ketua Astacala periode 2011-2013 kepada seluruh peserta sidang. Di dalam tahap ini dilakukan diskusi dan evaluasi terhadap kinerja DP periode 2011 – 2013. Dalam diskusi tersebut dihasilkan rekomendasi-rekomendasi yang kelak akan dijadikan bekal kepengurusan di periode selanjutnya. Sidang Laporan Pertanggungjawaban ini berakhir pada hari Minggu, 21 April pukul 15.00 WIB.

Kemudian acara berlanjut dengan pemilihan ketua ASTACALA untuk periode 2013 – 2015, acara yang menurut penulis sangat krusial dalam menentukan laju organisasi ini untuk dua tahun mendatang. Dalam pelaksanaannya, tahap ini berlangsung dalam 3 tahapan, yaitu:

·         Tahap pemilihan bakal calon

·         Tahap eliminasi menjadi 5 calon

·         Tahap eliminasi menjadi 2 calon

Tahap pertama, dilakukan pemilihan bakal calon ketua dengan mengeliminasi Anggota Biasa yang telah berada pada masa kritis secara studi, kecuali yang bersangkutan tetap bersedia untuk dicalonkan. Setelah dilakukan eliminasi, maka terpilihlah calon-calon ketua ASTACALA yang memenuhi syarat tersebut. Proses pada tahapan pertama ini sendiri dilakukan secara mufakat oleh semua peserta sidang, menghasilkan sejumlah 10 calon ketua.

Pembacaan pendahuluan
Suasana Musyawarah Anggota
Presidium tetap Musang 2013

Kemudian dilakukan pemungutan suara tahap pertama untuk mengeliminasi calon menjadi hanya lima calon ketua. Dari pemungutan suara tahap pertama, terpilih lima orang yaitu Sufyan “Tenyom” Sauri (A – 110 – LH), Rendy “Asu” Apriyando (A – 104 – AP), Dhiky “Ngapak” Wahyudi (A – 105 – LH), Ajie “Popos” (A – 097 – AP) dan Arnan “Nganga” Arminanto (A – 098 – AP). Setelah terpilih lima calon, dilakukan penjelasan visi dan misi oleh kelima calon tersebut apabila terpilih sebagai ketua ASTACALA periode selanjutnya. Usai mendengarkan visi misi dari lima calon ketua, diadakan proses dengar pendapat oleh peserta sidang, baik Anggota Biasa maupun Anggota Muda yang hadir. Proses ini berlangsung dengan seru, suasana ruang sidang dipenuhi dengan beragam ekspektasi dan lobi-lobi yang dilakukan dari tiap anggota yang menginginkan calonnya memenangkan pemilihan ini.

Akhirnya terpilih dua calon akhir yang maju ke tahap ketiga, yaitu Tenyom dan Arnan. Di tahap ketiga ini peserta sidang diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan terhadap dua calon yang kelak salah satunya akan memimpin ASTACALA. Besar harapan terhadap siapapun yang memimpin organisasi ini untuk membawa ke arah yang lebih maju dan sesuai dengan visi misi ASTACALA. Hasil akhir pemilihan adalah 17 suara untuk Tenyom dan 18 suara untuk Arnan. Dengan hasil demikian, maka dipastikan untuk dua tahun ke depan ASTACALA telah mempunyai leader yang baru, yaitu Arnan “Nganga” Arminanto (A – 098 – AP).

Agenda Sidang Paripurna berisi pembacaan Surat Ketetapan nomor : I/TAP/AST/MA/IV/2013 tentang Laporan Pertanggungjawaban Dewan pengurus 2011 – 2013, nomor : II/TAP/AST/MA/IV/2013 tentang Rekomendasi Musyawarah Anggota ASTACALA tahun 2013 dan nomor: III/TAP/AST/MA/IV/2013 tentang Pemilihan Ketua ASTACALA periode 2013 – 2015. Dan dengan berakhirnya rangkaian sidang yang telah berjalan selama hampir tiga hari ini, maka berakhir pula Musyawarah Anggota ASTACALA tahun 2013.

Selamat untuk Arnan Arminanto sebagai ketua terpilih, selamat mengemban amanah dan semoga bisa membawa ASTACALA semakin berkembang!

Viva ASTACALA!!!

Tulisan oleh Ajie Tri Hutama
Foto dari Dokumentasi Astacala

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *