Gempa Sumatra Barat

Opini, liputan, laporan kegiatan lingkungan.
Gepeng
astacala.org maniac
Posts: 177
Joined: Wed May 24, 2006 8:17 am

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Gepeng »

welcometothejungle...

btul jrot, setuju, masalah fulus emang sensitif, jadi akuntabilitas kita harus jelas juga. Bagi yang nyumbang bisa dikonfirmasi ulang apakan dana itu untuk operasional relawan atau korban gempa, jadi ndak terjadi tumpang tindih. Jangan ragu juga di update di forum ini atau yang lain posisi terakhir keuangan yang ada,dari mana dan untuk apa, jadi bisa clear...

viva ASTACALA!!!
honje26
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Adek »

Gejor wrote:Mau konfirmasi saja masalah dana yang turun.

Kemarin sempat baca milis dan students dari postingan Adek.

Untuk masalah dana, setahu saya (dari Ayis) 11 Juta dari Rektorat adalah untuk biaya operasional relawan. 1, 7 juta juga adalah biaya operasional dari BEM dan alumni.

Sedangkan untuk dana sumbangan kepada korban gempa, itulah nanti yang dikordinasikan oleh BEM (entah jumlahnya berapa).

Silahkan dicrosscheck. Mungkin Widdha bisa memperjelas mengenai pendanaan ini.
Bukan apa-apa sih. Soalnya ini masalah dana, supaya informasi yang tersampaikan ke khayalak ataupun rekan-rekan kampus jelas.

Kemudian, untuk sumbangan ke rekening Ayis adalah untuk sumbangan biaya operasional. Tolong diperjelas supaya siapa tahu ada yang berniat memberikan sumbangan dana kepada korban, tapi tidak tahu kalau itu untuk biaya operasional.
completly setuju dan terimakasih untuk konfirmasi lo jor.

berita2 mengenai aksi ini sudah di sharing dan nangkring di milist2 alumni dan students dari awal sejak keputusan pengiriman relawan kita, yang nota bene hampir seminggu yang lalu (klo ibarat orang kekubur di bawah runtuhan bangunan, kata tim sar udah mati). yang tujuan nya supaya banyak pihak mendukung dan tau apa yang sedang kita lakukan.

dan gw juga udah mintak yang disekre lebih berperan aktif menyebarkan berita ini : berkomunikasi dengan petinggi kampus, alumni dan mahasiwa lain. karena bukan apa2, kita ga punya duit, yang pasti butuh bantuan banyak orang. dan tentu juga bantuan kawan2 yang di luar sana.
Adek wrote:informasi kegiatan kita ada di hot thread forum diskusi di students : http://students.ittelkom.ac.id/web/view ... p?p=357016

gw sudah arahkan wacana agar kawan2 di kampus mendukung kegiatan ini, dan supaya komunitas / organisasi yang menggalang dana juga diarahkan untuk menyalurkan hasil penggalangan dana lewat tim yang ada dilapangan nti, khusunya BEM (sbg koordinator)

silahkan yg di sekre maintain forum nya, beri informasi terbaru untuk kawan2 disana.
usul gue (bukan karena kita sedang dalam kondisi siaga bencana saja), tapi klo memang ada sesuatu yang bisa dan harus dilakukan, langsung hajar saja, ga usah tunggu2an apalagi meng evaluasi setelah itu dan kalau bisa setiap diri kita lebih berinisiatif bertindak.

ga apa2 evaluasi, tapi ybs juga bergerak juga. apalagi buat ente2 yang punya bandwidth gede dan pulsa banyak. klo sama2 sibuk kerja dan cari makan, setiap orang juga mengalami hal yang sama. kawan2 mahasiswa di kampus pun juga punya kesibukan yg mjd prioritas mereka.

sorry klo sedikit rada panas, soale udah beberapa hari kurang tidur mikiran kampung yang hancur dan juga memastikan keperluan keberangkatan dan kondisi kawan2 yang kepadang.


enam dua
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Adek »

Td kontak dengan ayis :
Perkembangan hari rabu ini (07.10.09) ternyata SEKAR sudah bisa ke pariaman, dan kawan2 relawan ITTELKOm bisa bergabung untuk membantu di posko tersebut (kancatel Telkom Pariaman) . Pada hari 1 ini, kawan2 sudah mulai membantu mendistribusikan sekaligus mendirikan tenda pleton untuk pengungsi di beberapa wilayah (+- 20 tenda pleton) dan tenda ini akan terus bertambah serta kegiatan akan berjalan hingga 3 hari kedepan.

ayis menyarankan untuk mulai menyalurkan dana yang ada dari aksi tanggap bencana langsung kepada pengungsi sekaligus ketika proses pendistribusian / pendirian tenda pleton untuk pengungsi tersebut.

saran ayis tadi plan utk kirimkan cargo bantuan pertama dari dana yang ada dengan cargo gratis batavia air (tanggal 9/10/11) dibatalkan karena kondisi di padang saat ini sudah memungkinkan untuk membeli logistik dari pasar lokal (sehingga lebih ekonomis dan praktis membeli langsung di padang daripada mengirimkan kargo).

tadi gw dpt kontak permintaan dari aktivis YOYO INDONESIA untuk bergabung ikut membantu korban gempa khususnya anak2 pengungsi dengan mengadakan atraksi yoyo di tempat pengungsian / pendirian tenda pleton. info ini sudah di sampaikan dan sedang dibicarakan kemungkinan nya dengna situasi dilapangan.

<deleted>

gw udah bilang ke ayis, untuk mendokumentasikan sma aktivitas dilapangan, termasuk belanja dan distribusi barang (untuk siapa, kemana, kapan)

untuk kontak dengan relawan IDI tentang kerja sama utk klinik, dr. Andi Alfian (kord pusat) sudah menghubungkan dengan koord. dipadang, dr. Afturi Putri tapi smp hari ini gw blom bisa hubungi nomornya. Dari konfirm dr. Andi, IDI sudah mendirikan 9 posko klinik darurat di beberapa wilayah, jadi langsung kontak ke dr.Afturi saja yg lbh tau kondisi dilapangan dan yg mengambil keputusan.
Last edited by Adek on Fri Oct 09, 2009 1:55 pm, edited 1 time in total.
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com
Gepeng
astacala.org maniac
Posts: 177
Joined: Wed May 24, 2006 8:17 am

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Gepeng »

welcometothejungle....

to adek : dek ini momentum berharga buat semua untuk belajar, kedepan gue mau semua A-ers yang masih punya "semangat" kumpul untuk membangun satu konstruksi tanggap bencana untuk ASTACALA. Sudah waktunya ASTACALA punya rekening atas nama ASTACALA sendiri sehingga saat ada kegiatan yang membutuhkan donasi dari lembaga diluar A-ers, aspek legitimasinya kuat, bisa nanti disarankan ke DP?

Untuk temem2 semua, networking dan contact person yang ada sekarang terus di keep dan dikembangkan, kesemua elemen bencana, dan ini akan sangat terpakai untuk koordinasi kegiatan tanggap bencana kedepan. Kalo bisa koordinasi juga dengan lembaga2 dunia dan lsm luar negeri.

Kita memiliki pengalaman operasional SAR dan tanggap bencana sejak lama, dari kebakaran Gn malabar th 94an SAR argopuro th 96/97, sar slamet 2000, aceh, jogja, tasik sekarang padang, belum banjir2 yang rutin di bandung selatan, menurut gue udah cukup waktunya kita bikin serius pengelolaan tanggap bencana dan SAR untuk A, dengan kolaborasi A-ers yang diluar dan anggota aktif, gue pikir kita sudah bisam mulai bangun fondasi yang kuat.

gimana ni KETUM?

viva ASTACALA!!!
honje26
User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 528
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Gejor »

Dari informasi Ayis & Petong kemarin, katanya kalau mau menyalurkan logistik harus melalui BPBN / Badan Penanggulangan Bencana Nasional (kalau nggak salah). Jadi tidak bisa langsung begitu saja membeli dan menyalurkan bantuan. Nah, untuk masalah tersebut bagaimana kira-kira?

Oia, kalau bisa kordinator lapangan bisa nggak memberikan update informasi setiap malam dari Padang, kira-kira ada perkembangan apa dan kebutuhan apa. Atau kalau mungkin, bisa dalam bentuk laporan harian. Secara ada anggota tim di lapangan yang sudah dilengkapi laptop dan modem. :kedip:
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Adek »

@admin
tolong di broadcast di halaman berita http://www.astacala.org mengenai kegiatan kita di aksi tanggap bencana ini. lalu tolong masukan informasi No rekening yang dipake untuk donatur dapat menyalurkan bantuan. gw sarankan informasikan no rek yang dipegang BEM saja, dan astacala lebih fokus ke penyaluran dan pencairan dana. ini untuk mengurangi beban kerja kita sehingga dapat lebih fokus. gw juga sudah kontak awal dengna presiden mahasiwa mengenai ini.

URL dari index berita ini nti dapat disebar ke berbagai milist alumni dan forum diskusi supaya penggalangan dana dapat lebih lancar. nti coba di kontak mahmud imrona juga untuk membantu menampilkan berita serupa di website http://www.ittelkom.ac.id

Ini dilakukan untuk menghindari penipuan yang rawan terjadi klo no rekening ini disebar ke milist2 (email diteruskan tapi diganti CP dan nomor rekeningnya). kawan2 yang lain dapat membantu dengan menyebarkan berita penggalangan dana, dan arahkan ke URL tersebut untuk mengetahui no rekening yg digunakan.

------------------
Gejor wrote:Dari informasi Ayis & Petong kemarin, katanya kalau mau menyalurkan logistik harus melalui BPBN / Badan Penanggulangan Bencana Nasional (kalau nggak salah). Jadi tidak bisa langsung begitu saja membeli dan menyalurkan bantuan. Nah, untuk masalah tersebut bagaimana kira-kira?
gw tidak dapat informasi spt itu, malah rekan2 sudah membantu menyalurkan tenda2 pleton kelapangan utk pengungsi. sore ini bejat ngasih info no contact, untuk menghubungi rekan di FAST untuk membicarakan agar kawan2 alumni dapat bergabung membantu dalam bentu alat2 pertukangan dan paket sempako

btw, hidup ini udah penuh dengan masalah, apalagi dalam kondisi ditengah bencana spt ini. banyak orang mempersulit hal yang sudah sulit. setau gw dari pengalaman yg sudah2 ngadapin birokrasi di tengah bencana, BPBN mengkoordinasi di pusat, kantor nya di jl. juanda sana, untuk tingkat daerah dilakukan oleh SARKORLAK. itupun sifatnya koordinasi, bukan harus menyampaikan bantuan melalui mereka, wong bantuan yang ada dtempat mereka sekarnang saja sudah kesulitan mendistribusikan nya.

biar mudah nyari analogi, contoh sedikit dari banyak kasus yg ketemu di lapangan :
di satkorlak j***a lalu, dipersulit, padahl waktu itu hanya ingin mengetahui data survey mereka untuk daerah yng blom terkorver bencana. dari mereka mintak supaya kita harus masukan bantuan ke mereka, setelah tau klo bantuan kita ternyata bukan truk tapi cuma mobil pick up, mereka malah kehilangan minat.

jadi intinya, ditengah bencana ini, sikap kita harusnya mencari solusi, bukan berhenti bertindak ketika mendapat masalah. ditambah situasi cepat sekali berubah, keputusan YA bisa menjadi TIDAK, dan sebaliknya. contoh kasus dengan SEKAR kmrn
Gejor wrote:Atau kalau mungkin, bisa dalam bentuk laporan harian. Secara ada anggota tim di lapangan yang sudah dilengkapi laptop dan modem. :kedip:
balik lagi ke awal, jangan mempersulit hal yang sudah sulit. masalah dokumentasi bisa dilakukan setiap hari, tapi untuk laporan tertulis bisa nti digabung di akhir. cukup kontak dan koordinasi antara kawan2 di lapangan dan jakarta/bandung saja kita perbaiki. klo gejor nti sering turun kelapangan ditengah bencana, saya kira akan bisa mengerti situasinya

sekali lagi, jangan mempersulit hal yg sudah sulit.
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com
User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 528
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Gejor »

OK. Sip!

Rekening dari BEM untuk penanggulangan bencana sudah diupdate.
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Adek »

Gejor wrote:OK. Sip!

Rekening dari BEM untuk penanggulangan bencana sudah diupdate.
siap, segera di follow up !
kawan2 yang lain monggo di broadcast informasinya di berbagai link komunitas kita
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com
Doni
astacala.org maniac
Posts: 121
Joined: Tue Feb 15, 2005 8:42 am
Location: Madiun

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Doni »

Adek wrote:Td kontak dengan ayis :

nomor rekening BEM yang digunakan untuk dana tanggap bencana ITTELKOM yaitu Bank Mandiri 131.000.4951.259 a/n Ahmad Khanif. atau bisa langsung ke rekening ayis, tapi silahkan konfirm (ke ayis/sekre) untuk memperjelas acountabilitas dana.

.
Konfirmasi..
Nomor rekening yang ada di astacala.org beda dengan no rekening di atas
Gimana dek?
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Adek »

Doni wrote:
Adek wrote:Td kontak dengan ayis :

nomor rekening BEM yang digunakan untuk dana tanggap bencana ITTELKOM yaitu Bank Mandiri 131.000.4951.259 a/n Ahmad Khanif. atau bisa langsung ke rekening ayis, tapi silahkan konfirm (ke ayis/sekre) untuk memperjelas acountabilitas dana.

.
Konfirmasi..
Nomor rekening yang ada di astacala.org beda dengan no rekening di atas
Gimana dek?
itu nomor rekening presiden mahasiwa, yang aku tanyakan langsung sama dia. nomor rekening yang di astacala.org dan website lain2 itu nomor rekening bendahara (menkeu bem). konfirm no rek menkeu aku dapat dari wida. dua2nya sama saja, dan setelah transfer langsung kasih konfirmasi.

tapi biar ga binggung informasi diatas aku hapus klo begitu, biar hanya 1 rekening saja yang di broadcast.
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com
Doni
astacala.org maniac
Posts: 121
Joined: Tue Feb 15, 2005 8:42 am
Location: Madiun

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Doni »

sip

Insya Allah segera diposting, begitu dapat koneksi internet yang mamadai.
Bedjat
activist astacala.org
Posts: 85
Joined: Tue Sep 27, 2005 11:32 pm
Location: Nomaden
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Bedjat »

Doni
astacala.org maniac
Posts: 121
Joined: Tue Feb 15, 2005 8:42 am
Location: Madiun

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Doni »

Jrot, foto2nya bisa dipindahin ke astacala.org nggak? Terus dikasih link di halaman depannya.

Jat, photonya di pindah ke org yo........?
Bedjat
activist astacala.org
Posts: 85
Joined: Tue Sep 27, 2005 11:32 pm
Location: Nomaden
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Bedjat »

bisa
Bedjat
activist astacala.org
Posts: 85
Joined: Tue Sep 27, 2005 11:32 pm
Location: Nomaden
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Bedjat »

FYI
Sebuah email dari seorang kawan yang bekerja di Eriscsson untuk teman-temannya di Ericsson.

Dear All,

Jum'at, 09 Oktober 2009 pukul 17.05 pesawat Sriwijaya airlines yg saya tumpangi mendarat di bandara Minangkabau, Padang. Suasana bandara ramai, di penuhi penumpang yg hendak meninggalkan & baru tiba di Padang, para penjemput & pengantar dan puluhan orang berseragam dari beragam organisasi kemanusiaan.

Kedatangan saya di kota ini bukanlah untuk rekreasi ke Pulau Sikuai atau ke Bukittinggi atau menghadiri meeting dgn telkomsel (hehe..), namun mencoba memberi kontribusi nyata akan kepedulian terhadap saudara2 kita yg ditimpa bencana gempa bumi & tanah longsor.

2 hari sebelum keberangkatan saya sempat bingung hendak bergabung dgn siapa nanti di sana. Namun berkat informasi dari beberapa teman dekat, alhamdulillah saya dipertemukan dgn sahabat saya mas Wahyu Djatmiko (mas Bjat) dan bergabung dgn squad kemanusiaan dari organisasi pecinta alam kampus STT Telkom, ASTACALA (yg bekerja sama dengan PT. TELKOM).

Luar biasa kekompakan teman2 dari ASTACALA, mereka berusaha mencari daerah2 kritis korban gempa yg sampai saat ini belum terjamah oleh bantuan yg terdistribusikan dgn tidak baik.

Berkoordinasi dgn POSKO Bantuan Bencana Jabar & WANADRI didapatlah daerah2 korban gempa yg terisolir karena akses yg hancur yg tdk dapat dilalui oleh kendaraan pengangkut bantuan.

Dari data yg diperoleh terdapat sekitar 400an KK di sekitar kecamatan Sei Geringging yg membutuhkan bantuan secepatnya & sampai saat ini tim ASTACALA baru dpt menyediakan bantuan hanya untuk 75 KK.

Akan dilakukan koordinasi dgn tim2 bantuan dari lain organisasi utk mengkolektifkan bantuan agar dapat didistribusikan sesuai kebutuhan & jumlah KK yg ada. Namun hal ini membutuhkan waktu & mengingat masing2 tim kemanusiaan telah memiliki alokasi distribusi bantuan, oleh karena hal tsb maka kami merasa membutuhkan uluran tangan teman2 sekalian untuk meningkatkan jumlah bantuan agar dapat segera didistribusikan.

Adapun untuk transportasi pendistribusian dibutuhkan jalur udara agar dapat langsung sampai pada sasaran karena sulitnya akses menuju lokasi. Untuk hal ini disepakati kami akan menyewa Helikopter milik kepolisian yg diperkirakan sewa per tripnya adalah 1.3 juta rupiah.

Seperti diinformasikan di berbagai media mengenai distribusi yg berantakan pada penanggulangan bencana di Padang ini adalah bukan isapan Jempol. Pendistribusian bantuan yg tidak merata & prosedur yg berbelit-belit & rumit untuk mengeluarkan bantuan yg berlimpah di kantor SATKORLAK Pemda Padang & Pariaman membuat geregetan semua tim kemanusiaan & karena hal ini kami berinisiatif utk tidak bergantung pada mereka yakni dgn menerima bantuan & sumbangan dari berbagai pihak untuk dapat kami distribusikan langsung pd yg membutuhkan.

Dengan senang hati kami menerima bantuan/sumbangan rekan2 sekalian & siap mendistribusikan dgn amanah.

Rekening bantuan korban gempa Sumbar ASTACALA:

131 00 0608484 4
Bank Mandiri KCP Martadinata Bandung
a/n Ita Ratnasari

Konfirmasi bantuan:
Telp. 0857 20 200742
Ita Ratnasari.

Untuk info lebih lanjut dapat dilihat pada web http://astacala.org.


Terima kasih
Salam,
Bedjat
activist astacala.org
Posts: 85
Joined: Tue Sep 27, 2005 11:32 pm
Location: Nomaden
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Bedjat »

FYI lag:
Email dari seorang kawan untuk masyarakat Indonesia di Saigon


Dear MASYINDO HCMC,

Salut kami sampaikan pada saudara2ku setanah air di HCMC!!

Sedikit informasi,

Saat ini saya bersama Wahyu Djatmiko (sahabat saya sepekerjaan di HCMC) bergabung dgn tim relawan ASTACALA (mahasiswa pecinta alam STT Telkom Bandung) yg bekerja sama dgn PT Telkom untuk menyalurkan bantuan ke daerah2 yg terkena bencana dan berlokasi di daerah sangat terpencil sehingga tidak terjamah oleh bantuan yg ada.

POSKO kami berada di kantor PT. Telkom Pariaman dan sampai saat ini kami telah bergerak untuk mendirikan 20 tenda2 peleton darurat untuk tempat tinggal sementara & sekolah darurat.

Bekerjasama dgn tim POSKO Bencana Jawa Barat di lokasi & WANADRI kami telah melakukan survey pd daerah2 yg dalam kondisi parah namun belum terjamah bantuan.

Sampai hari Sabtu 10/10/2009, dana terkumpul Rp 29.000.000,- dan sudah teraloksaikan untuk pengadaan logistik untuk didistribusikan dan didapat 160 paket bantuan sembako.

Target kami hari Senin 12/10/2009 adalah pendisribusian sembako tahap 1 dan menyesuaikan bantuan yg ada akan berlanjut pd tahap selanjutnya.

Target utama kami lainnya adalah pengadaan peralatan pertukangan untuk perbaikan rumah2 penduduk di lokasi bencana di daerah terpencil.
Jumlah yg dibutuhkan untuk pengadaan peralatan pertukangan adalah Rp 338.400.000,-

Dibawah ini adalah break down kebutuhan biaya pengadaan alat pertukangan:

No. Kebutuhan Jumlah kebutuhan Jumlah KK / desa Harga satuan Total/kebutuhan Total
1. Tenda pleton 6 buah
desa Rp12,000,000 Rp72,000,000
2. Tenda dome 1 buah 160 KK Rp800,000 Rp128,000,000
3. Terpal 1 buah 160 KK Rp200,000 Rp32,000,000
4. Cangkul 1 buah 160 KK Rp100,000 Rp16,000,000
5. Golok 1 buah 160 KK Rp30,000 Rp4,800,000
6. Palu 1 buah 160 KK Rp30,000 Rp4,800,000
7. Paku 3 kg 160 KK Rp20,000 Rp9,600,000
8. Gergaji 1 buah 160 KK Rp35,000 Rp5,600,000
9. Pahat 1 buah 160 KK Rp20,000 Rp3,200,000
10. Alat penyerut 1 buah 160 KK Rp20,000 Rp3,200,000
11. Penggaris siku 1 buah 160 KK Rp20,000 Rp3,200,000
12. Sekop 1 buah 160 KK Rp50,000 Rp8,000,000
13. Gerobak roda tiga 1 buah 160 KK Rp300,000 Rp48,000,000 Rp338,400,000



Dari data ini kami harapkan bantuan & partisipasi dari Masyindo HCMC & KJRI HCMC, Vietnam. Berapa pun bantuan kami terima dan dengan penuh amanah kami akan mendistribusikan kepada korban yg membutuhkan.

Bantuan dapat disalurkan pada:

No Rek: 131 00 0608484 4
Bank Mandiri KCP Martadinata Bandung
a/n Ita Ratnasari

Kontak konfirmasi:
Ita Ratnasari +62 857 20200 742

Info lebih jelas dapat dilihat pada web http://astacala.org/

Pada attachment kami lampirkan beberapa foto kegiatan pergerakan tim kami pada lokasi bencana Gempa Sumbar.


Terima kasih
Salam,

Fahmi Taufic
Mobiles:
+62 812 88 290544
+62 819 93 325425

Wahyu Djatmiko
Mobile:
+62 813 75 989848
Bedjat
activist astacala.org
Posts: 85
Joined: Tue Sep 27, 2005 11:32 pm
Location: Nomaden
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Bedjat »

FYI, salah satu jawaban dari seorang teman :

Dear Masyindo,

Menimbang efektifitas kegunaan dana bantuan yang terkumpul dari Aksi Solidaritas Masyindo HCMC dan sekitarnya, saya mendukung dana tersebut untuk disalurkan ke Tim Relawan ASTACALA dibawah tsb, karena program yang cukup realistis dan langsung diterjunkan ke masyarakat yang benar2 membutuhkan sehingga sesuai dengan sasaran.

Saya kurang setuju jika disalurkan ke KOMPAS karena dana bantuan yang terkumpul di KOMPAS sudah sangat banyak (milyaran rupiah) sehingga jika dana kita digabungkan ke KOMPAS menjadi kurang bermakna karena jumlahnya.

Terima kasih atas pengertiannya.

Salam Masyindo,
Agus Supriyadi
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Adek »

kawan - kawan,
barusan tadi dapat update kabar dari tim di lapangan, bantuan dari dana tahap pertama lalu sudah bisa dikirimkan ke lokasi yang menjadi target yaitu kec. sungai geringging dengan bantuan heli, pick up kancatel telkom pariaman dan kendaraan dari TRAP trail advanture pekanbaru.

rekan - rekan dari arkeo ugm juga tadi memberi kabar ingin menggabungkan hasil penggalangan bantuan bareng melalui tim yang ada dilapangan, berupa dana tunai dan pakaian layak pakai. namun, untuk pakaian blm bisa diterima krn akan sangat menyulitkan dalam proses pengiriman dari jawa, jadi hanya melalui dana tunai saja. belum ada konfirmasi kapan dana tersebut di transfer.

kmrn, gw coba kontak dengan rekan2 perawat di prodi keperawatan, fak kedokteran unand, krn kontak dengan CP koordinator relawan IDI di padang berkali - kali tidak bisa dihubungi. insyaAllah, rekan2 perawat ini punya sdm yang bisa ikut bergabung dengan kawan2 dilapangan. namun hari ini, tim dilapangan (petong) hari ini konfirm, rekan2 perawat belum bisa ikut karena minimnya kapasitas kendaraan dan heli, mdh2an lain waktu kita bisa jajaki dan lakukan kemungkinan ini lagi lain waktu.

untuk penggalangan dana melalui website, tadi gw udah hubungi admin website FAST http://fast.or.id/ dan students http://students.ittelkom.ac.id/ untuk memasang banner penggalangan dana serupa. attachment banner penggalangan dana jg sudah dikirimkan ke ybs, sedang menunggu konfirmasi. saat ini baru 2 website yang berkorelasi dengan ITTELKOM yang memasang banner serupa : astacala.org dan mobilecommlab.or.id

mohon kawan2 ikut membantu menyebarkan informasi penggalangan dana kita ini, dilingkungan dan komunitas kita masing - masing, sehingga aksi kita dapat signifikan membantu korban bencana.

------------
From: Laili aidi
Sent: Monday, October 12, 2009 10:30 AM
To: mobafone_all
Subject: [Charity] 1 Man, 1 Family utk gempa sumatra

dear all,
mobafoners, spt yang kita ketahui saat ini sumatra (padang, pariaman, jambi) sedang dilanda bencana.
tak terhitung banyaknya keluarga kehilangan tempat tinggalnya seketika, anak - anak kehilangan orang tua dan sebaliknya. saat ini kita punya pilihan : berkomentar, menonton atau ikut membantu.

Saat ini, tim relawan dari ITTELKOM sedang bersiap mensuply bantuan pertama ke sungai Geringging. daerah ini, tanpa ditimpa bencana pun sudah sangat sulit untuk dilalui, dan saat ini diketahui disana terdapat survivor sekitar 400an KK yang hingga detik ini H + 12 paska kejadian belum mendapatkan bantuan apapun. Seperti diinformasikan di berbagai media mengenai distribusi yg berantakan pada penanggulangan bencana di Padang bukan isapan Jempol. Pendistribusian bantuan yg tidak merata & prosedur yg berbelit-belit untuk mengeluarkan bantuan yg berlimpah di kantor pemerintahan membuat geregetan semua tim kemanusiaan.

Bantuan yang di suply saat ini hanya mampu mengcover beberapa KK saja. Dana ini berasal dari kencleng - kencleng mahasiwa yang di sebar di kelas, jalan, kos2an dll. saya yakin kita pun bisa melakukan tindakan nyata kita membantu sesama disamping memberikan doa.

Detik ini ketika rekan - rekan sedang membaca email ini, bantuan pertama tersebut sedang menunggu giliran dan siap didistribusikan dengan berbagai cara hari ini juga : dengan bantuan heli POLDA sumbar, pick up KANCATEL TELKOM pariaman, dan kendaraan TRAP trail advanture pekanbaru.

donasikan bantuan ke rekening aksi tanggap bencana ITTELKOM (http://astacala.org ), yang insyaAllah langsung diberikan pada korban yang membutuhkan dan tidak menunggu di posko.
insyaAllah dana yang dititipkan ini akan dikelola dengan acountabilitas dan amanah.

-LA-
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com
User avatar
aconk_KA
astacala.org maniac
Posts: 118
Joined: Sat Feb 17, 2007 10:58 pm
Location: depan kompi
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by aconk_KA »

[UPDATE]

hari ini dana dari pihak institusi sebesar 11 juta rupiah sudah turun, dan telah dikirim ke rekening operasional a.n Ayis nurwita

untuk kemudian penggalangan dana telah di koordinasikan kepada BEM IT TELKOM untuk di kampus,
sedang di luaran kampus di koordinasikan ASTACALA .

Rencana penggalangan dana untuk area kampus akan dilakukan kembali melalui amplop penggalangan dana di setiap kelas.

sedangkan untuk di luaran kampus untuk sementara personil di sekretariat berencana akan meminta kencleng di jalan (lokasi di sekitaran perempatan Jln. Soekarno Hatta)
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra Barat

Post by Adek »

Adek wrote: untuk penggalangan dana melalui website, tadi gw udah hubungi admin website FAST http://fast.or.id/ dan students http://students.ittelkom.ac.id/ untuk memasang banner penggalangan dana serupa. attachment banner penggalangan dana jg sudah dikirimkan ke ybs, sedang menunggu konfirmasi. saat ini baru 2 website yang berkorelasi dengan ITTELKOM yang memasang banner serupa : astacala.org dan mobilecommlab.or.id
benner penggalangan dana sudah di follow up oleh admin students, and sudah mangkir di halaman depan forum
http://students.ittelkom.ac.id/web/index.php

dari admin fast belom dapat kabar
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com
Post Reply