Mari Menanam Pohon

Opini, liputan, laporan kegiatan lingkungan.
User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Mari Menanam Pohon

Postby Bolenk » Tue Nov 08, 2011 6:10 pm

Sebagai intro nya,mari kita simak sebuah tulisan yang udah dipampang selama lebih dari sebulan di papan tulis sekre :

To : Pecinta Alam
Pesan :
Jika satu bulan ada 30 hari,
jika satu hari ada 24 jam,
maka satu bulan ada 720 jam.
Sebagai Pecinta Alam,
sudikah Anda meluangkan 1 jam saja dari 720 jam tersebut untuk menanam pohon?
Sudahkah?

- TIM LH -
*Mari kita sukseskan program "one man one tree" setiap bulannya


***

Sekarang udah musim hujan.Setidaknya untuk Bandung,Jakarta,dan sekitarnya.Konon,musim hujan itu saat yang baik untuk menanam pohon.

So,mari kita menanam pohon.. :ketawa:
Last man standing..

User avatar
limasembilan
astacala.org addict
Posts: 476
Joined: Tue Oct 25, 2005 10:58 pm
Location: Desa Terakhir
Contact:

Re: Mari Menanam Pohon

Postby limasembilan » Wed Nov 09, 2011 4:14 pm

dulu pernah ada ide lama..
Meniru carbon trading gt, ntah bener nirunya ntah nggak
Negara maju atau korporasi besar sebagai penghasil gas rumah kaca terbanyak dan ga punya cukup lahan, membayar sejumlah uang ke organisasi atau negara maju yg masih punya lahan banyak untuk memelihara tanaman.

jadi gini, kita sediakan bibit siap tanam, ntar kita tawarin ke orang (mahasiswa, karyawan, dosenuntuk "membeli" bibit itu trus kita yang tanamin dan pelihara dengan baik atas nama dia. Jadi kita bertanggungjawab terhadap dia untuk ngurusin pohon itu.
sebagai "pengingat" kita berikan dia merchandise, bisa kaos atau sticker.. yg ada tulisan kira kira gini : " dengan memakai kaos ini, berarti saya telah menanam 1 pohon. Sudahkah anda? ", atau gimana lah.. pokonya ga garing.


ga usah nyari untung.. pokoknya bisa beli bibit n pupuk, sukur bisa piara sendiri dari kecil (tapi lama :ketawa: )
message-nya pun menyebar kemana mana sepanjang orang pake tu kaos.. sukur bisa berantai macam MLM - hayah!

kalo ga menarik, kita naik gunung lagi ajaaa :axe:

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Bolenk » Wed Nov 09, 2011 8:52 pm

Last man standing..

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Bolenk » Mon Nov 14, 2011 8:07 am

Dear all..

Hari minggu,tanggal 20 November 2011,bertepatan di hari pembukaan Pendas nanti,kita ada kegiatan sederhana nih.

Hari minggu nanti,kita mau ngadain bersih-bersih sampah dan penanaman pohon di sepanjang Jl.Radio Palasari.Tujuan acara ini sebenarnya cuman pengen "menghijaukan" sepanjang jalan radio palasari,tetapi dengan melibatkan pihak mahasiswa dan warga,sekalian sebagai media interaksi(baca:sosialisasi) antara mahasiswa dan warga.
Acaranya akan dilaksanakan di pagi hari(07.00 - 10.00 WIB),dan sorenya pembukaan Pendas.Mengenai detail acaranya,nyusul ya..

Karena ini acara sederhana yang masih baru(dan insidental),ditunggu saran dan ide-idenya gan,biar acaranya makin baik dan tujuannya berhasil.
Last man standing..

A-058-KF
activist astacala.org
Posts: 76
Joined: Mon May 08, 2006 11:13 am
Location: sekitar kita

Re: Mari Menanam Pohon

Postby A-058-KF » Mon Nov 14, 2011 10:07 am

sekedar sumbang abab......

tujuan menanam pohon disini kita harus memikirkan jauh kedepan nasib pohon yg ditanam.....jgn sampai bru tingginya 1 meter sudah dibabat.


pilihan tempat utk penanaman pohon...
- instansi pemerintah / swasta
- jalan TOL
- daerah militer ==> seperti yg boleng kemarin ide_kan.

intinya cari spot2 yg msh kosong & aman dari masyarakat.....krn tidak bisa dipungkiri, cara berpikir masyarakat blm semuanya paham arti menanam pohon.
mungkin pararel saja sembari menanam & memberi informasi ke masyarakat.

teknisnya bisa berkoordinasi dengan pihak2 terkait dengan memonitoring bersama-sama.....


tp....ide boleng boleh jg.....step awal utk memulai....

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Bolenk » Mon Nov 14, 2011 11:33 am

Last man standing..

User avatar
Afriyanto
astacala.org maniac
Posts: 115
Joined: Sat Jun 20, 2009 10:41 pm

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Afriyanto » Tue Nov 15, 2011 5:32 pm

calon siswa diwajibkan ikut lah leng...

eeeeeee, usul ya jenis bibit pohonnya sejenis, biar kalo gede bagus ngliatnya, segaris sama smw pohonnya...
klo masih ada trembesi-nya, ya bibit trembesi aja, denger2 bagus tuh pohon, banyak nyerap air, kali aja lumayan ngurangin resiko banjir...

u/ biaya operasional maupun konsumsi sederhana, bisa digoyang lah leng...

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Bolenk » Tue Nov 15, 2011 9:42 pm

Sudah di-obrol-kan juga sm danlatnya,boleh..

Soal bibit,kita utamakan yang paling siap tanam(baca:paling gede).Disekre stok bibit trembesi juga tinggal 10 biji.Pas ngobrol dengan RW nya,kita janjiin tanam suren,pala,mahoni,dan sedikit trembesi sm jati,sesuai dengan stok yang kita punya.

Soal dana,kita hanya bisa mengandalkan kemurahan hati saudara Afriyanto :ketawa: .Soalnya,kita gak ada pemasukan lain.Dan gak nyari juga(khusus untuk kegiatan ini).
Last man standing..

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Bolenk » Thu Nov 17, 2011 6:58 pm

Dapat info nih,langsung dari Pak RW nya sendiri..

Untuk (sekalian)memeriahkan acara "kita" ini,hari minggu ini,warga RW 11 akan mengadakan kerja bakti di lingkungan mereka.Bedanya kerja bakti ini dengan acara kita,bebersihannya gak hanya sepanang bahu jalan Radio Palasari,tapi di seluruh lingkungan mereka(RW 11).

Artinya,kegiatan kita ini jangan setengah hati ato bahkan gagal,apalagi sampe malu-maluin.Soalnya respon warganya udah bagus,so far.

Untuk internal kampus sendiri,undangan sudah disebar ke UKM/Ormawa.Besok sm Sabtu,tiap cp dari ukm/ormawa tsb akan di sms lg,sekedar mengingatkan dan minta follow up peserta.Nantinya,Sabtu malam,setiap peserta yang "mendaftarkan" diri akan di data lagi(di rekap),untuk memudahkan koordinasi dan ngaturnya di hari minggu.
Last man standing..

tumingkelll
nyubie
Posts: 48
Joined: Sat Jun 20, 2009 4:48 pm

Re: Mari Menanam Pohon

Postby tumingkelll » Thu Nov 17, 2011 10:20 pm

briefing internal sama briefing peserta kapan bang? tadi ngobrol2 dikit sama saudara Bdul katanya elektro agak banyak lah orangnya. trus mereka minta 'after party'nya manjat. bisa ga tuh?

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Bolenk » Fri Nov 18, 2011 9:22 am

Briefing internal Astacala ntar sekalian briefing/geladi bersih pembukaan Pendas.Kalo briefing buat peserta,ntar pas hari H.

Soal manjat,it depend on Pembukaan Pendas.Kalo udah beres,cuaca cerah,dan ada yang bisa handle(ane bisa),bisalah..
Last man standing..

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Bolenk » Sat Nov 19, 2011 7:42 am

Hari ini rencananya akan menyiapkan lubang untuk ditanam besok,mengumpulkan massa via sms ke UKM/ORMAWA,menyiapkan perkap dan logistik juga.

Dari survey sekilas,kemungkinan akan menanam lebih dari 100 bibit.

Stiker,selebaran,bibit,pagar,sudah siap.
Last man standing..

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Bolenk » Mon Nov 28, 2011 10:13 am

Lagi nonton di tipi,katanya hari ini adalah Hari Menanam Pohon..

Yuk..
Last man standing..

A-058-KF
activist astacala.org
Posts: 76
Joined: Mon May 08, 2006 11:13 am
Location: sekitar kita

Re: Mari Menanam Pohon

Postby A-058-KF » Fri Dec 09, 2011 8:24 am

sudah datang.....+/-1000 biji trembesi......
jika berminat, ambil ke rumah sy

tinggal siapkan lahan pembibitan,media & perawatan.

kutipan dari http://worldkids.wordpress.com =

pembibitan biji dengan perlakuan
pembibitan biji dapat dilakukan dengan memberi perlakuan tertentu pada biji Rain Tree untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Ada 2 macam perlakuan (yang penulis ketahui) untuk mendapatkan hasil yang lebih baik yaitu :

memasukkan biji dalam air selama 1-2 menit dengan suhu 800C (1760F) dengan voluem air 5x lebih banyak dari volume biji, aduk biji kemudian keringkan. Rendam biji dalam air hangat dengan suhu 30-400 C (86-1040F )selama 24 jam. Metode ini akan membnatu perkecambahan biji 90-100%. (Craig and George, tanpa tahun). Skarifikasi biji (pengelupasan biji)akan tampak 3-5 hari setelah perlekuan dengan menyimpannya dalam tempat teduh dengan pemberian air yang konstan untuk membantu pertumbuhan biji.

Biji sudah siap untuk ditanam setelah perkecambahan. Saat iru panjang kecambah 20-30m. Bibit yang mempunyai diameter >10mm dapat lebih bertahan dari air hujan. Perkiraan ukuran bibit saat penanaman yaitu ketika mempunyai tinggi sekitar 15-30 cm (6-12 inci) dengan panjang akar sekitar 10 cm (4 inci) dan panjnag batang mencapai 20 cm (8 inci). Diamtaer batang dari bibit harus mencapai 5-30mm. Penanaman ini dapat dilakukan di pasir (tempat pembibitan) atau di tanam di polybag yang berukuran 10×20 cm dengan komposisi 3:1:1 (tanah:pasir:kompos).


Perawatan bibit diperlukan untuk menjaga bibit agar bisa tumbuh besar terutama dari serangan hama dan terpaan angin. Perawatan ini dilakukan sampai Rain Tree menjadi lebih tinggi dan siap untuk melindungi.



== SEMOGA BERMANFAAT ==

User avatar
Widi
astacala.org freak
Posts: 313
Joined: Sun Feb 15, 2009 11:27 pm
Location: Tangerang

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Widi » Sun Dec 11, 2011 8:29 pm

"Mystery of Society"

ASTACALA!!!
A-081-LP

A-058-KF
activist astacala.org
Posts: 76
Joined: Mon May 08, 2006 11:13 am
Location: sekitar kita

Re: Mari Menanam Pohon

Postby A-058-KF » Thu Dec 15, 2011 12:16 pm

gmn bos....udah dimulaikah utk penebaran biji trembesinya....apa ada update... ?

teknik perlakuan diatas bisa dipraktekkan ke biji2 yg lain....prinsip dari teknik perlakuan diatas adalah mempercepat perkecambahan.

User avatar
Widi
astacala.org freak
Posts: 313
Joined: Sun Feb 15, 2009 11:27 pm
Location: Tangerang

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Widi » Thu Dec 15, 2011 7:54 pm

"Mystery of Society"

ASTACALA!!!
A-081-LP

User avatar
Widi
astacala.org freak
Posts: 313
Joined: Sun Feb 15, 2009 11:27 pm
Location: Tangerang

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Widi » Tue Dec 20, 2011 8:10 pm

senin sore kemarin di belakang sekre UKM Djawa sudah dibuat tempat pembibitan dengan ukuran sekitar 1mx3m, dan juga sudah disebar biji trembesinya.kira-kira baru sekitar 1 bulan akan kelihatan hasilnya.semoga saja biji-bijinya banyak yang jadi. [-o<
"Mystery of Society"

ASTACALA!!!
A-081-LP

User avatar
Afriyanto
astacala.org maniac
Posts: 115
Joined: Sat Jun 20, 2009 10:41 pm

Re: Mari Menanam Pohon

Postby Afriyanto » Sun Dec 25, 2011 12:07 am

cuaca mendukung nih, kalo mlm gerimis mulu...

semoga cepat besar 8)

A-058-KF
activist astacala.org
Posts: 76
Joined: Mon May 08, 2006 11:13 am
Location: sekitar kita

Re: Mari Menanam Pohon

Postby A-058-KF » Mon Dec 26, 2011 9:47 am

sekedar share :

dengan teknik perlakuan seperti yg disebutkan sebelumnya, telah di coba dan hasilnya +/- 10 hari kemudian biji sudah mulai tumbuh.

..:: semoga bermanfaat ::..


Return to “Lingkungan”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest