Home Serba Serbi

Serba Serbi

Singgah ke Wae Rebo

Udara pagi itu mengirim aroma tanah basah sisa hujan semalam. Juga aroma biji-biji kopi yang disangrai di perapian. Banyak kepingan yang menyusun mosaik Wae Rebo : mata air, hutan tropis, kopi, madu, tradisi, arsitektur bangunan, sistem kekerabatan, sistem kepercayaan, dan perjalanan zaman.

Hari Raya Nyepi

Mendengarkan desiran angin dan kicau burung. Atau memandang langit yang bertaburan bintang di malam hari. Tanpa bising kendaraan, maka suara alam akan lebih jelas. Tanpa cahaya lampu, maka bintang bersinar lebih terang. Hal yang langka bagi peradaban yang makin modern.

Karinding : Alat Musik Khas Sunda yang Menghasilkan Lantuan Suara Unik

Alat musik karinding adalah alat musik pertanian atau sering dimainkan diberbagai ritual acara, yang dimainkan oleh para leluhur Sunda (Karuhun).

Menikmati Kopi Sambil Belajar di Kedai Kopi Malabar

Di dinginnya cuaca Pengalengan, terdapat sebuah pabrik pengolahan kopi beserta 'kedai' kopi yang bisa kita nikmati sambil menambah wawasan kita mengenai kopi.

Kampung Bena, Sebuah Peradaban Tertua yang Masih Tersisa di Flores

Pulau Flores masih menyimpan aneka ragam kebudayaan Indonesia. Salah satu keragaman budaya itu saya temukan di Kampung Bena, sebuah desa adat tertua di Flores yang masih memegang teguh kekayaan budaya Flores.

Penggalan Kenangan di Bulan Ramadhan

Saya pernah melakukan perjalanan di bulan ramadan beberapa tahun lalu. Beberapa penggalan dari kisah saya itu masih terpatri hingga kini dalam memori. Berikut ceritanya. Bima,...