Hak Penumpang Atas Keterlambatan / Pembatalan Penerbangan
Posted: Thu Oct 22, 2009 7:19 pm
FYI..mudah2an bermanfaat, biar ga terus2an di-zalimi aka dibodohi sama maskapai smp bulukan nungguin di bandara.
---------------
Dalam Majalah Aviasi Edisi 15 Thn II September 2009 :
Menurut Keputusan Menteri Perhubungan RI No 25 Tahun 2008(KM No.25 th 2008)ttg penyelenggaraan Angkutan Udara, berlaku mulai 25 Juni 2008 mengenai Pelayanan pd penumang kaitan dg keterlambatan dan pembatalan Jadwal Penerbangan. Kewajiban maskapai adalah :
1. Untuk Keterlambatan, Maskapai Penerbangan harus memberikan kompensasi pd Penumpang :
30 - 90 menit, penumpang harus mendapatkan makanan kecil dan minuman
91 - 180 menit, penumpang mendapatkan makanan ringan, minuman serta makanan (besar) dan melakukan pemindahan penerbangan ke maskapai lain apabila penumpang menginginkan dan memungkinkan untuk itu.
Lebih dari waktu itu, maskapai harus menyediadkan akomodasi dan memprioritaskan penumpang bersangkutan untuk penerbangan hari berikutnya
Jika Penumpang memutuskan tidak jadi berangkat karena keterlambatan/pembatalan tersebut maskapai harus mengembalikan harga tiket sesuai harga pembelian.
2. untuk Pembatalan Penerbangan, penumpang sudah harus diberitahukan setidaknya 45 menit sebelum jadwal. Baik lewat SMS, telepon dan media lainya..
Jika anda tidak memperoleh layanan tersebut maka hubungi hotline Direktorat Jendral Perhubungan Udara melalui SMS ke 08111004222, email [email protected] atau formulir online pd website Ditje Hubud di http://www.hubud.dephub.go.id atau penyedia jasa Bandara
---------------
Dalam Majalah Aviasi Edisi 15 Thn II September 2009 :
Menurut Keputusan Menteri Perhubungan RI No 25 Tahun 2008(KM No.25 th 2008)ttg penyelenggaraan Angkutan Udara, berlaku mulai 25 Juni 2008 mengenai Pelayanan pd penumang kaitan dg keterlambatan dan pembatalan Jadwal Penerbangan. Kewajiban maskapai adalah :
1. Untuk Keterlambatan, Maskapai Penerbangan harus memberikan kompensasi pd Penumpang :
30 - 90 menit, penumpang harus mendapatkan makanan kecil dan minuman
91 - 180 menit, penumpang mendapatkan makanan ringan, minuman serta makanan (besar) dan melakukan pemindahan penerbangan ke maskapai lain apabila penumpang menginginkan dan memungkinkan untuk itu.
Lebih dari waktu itu, maskapai harus menyediadkan akomodasi dan memprioritaskan penumpang bersangkutan untuk penerbangan hari berikutnya
Jika Penumpang memutuskan tidak jadi berangkat karena keterlambatan/pembatalan tersebut maskapai harus mengembalikan harga tiket sesuai harga pembelian.
2. untuk Pembatalan Penerbangan, penumpang sudah harus diberitahukan setidaknya 45 menit sebelum jadwal. Baik lewat SMS, telepon dan media lainya..
Jika anda tidak memperoleh layanan tersebut maka hubungi hotline Direktorat Jendral Perhubungan Udara melalui SMS ke 08111004222, email [email protected] atau formulir online pd website Ditje Hubud di http://www.hubud.dephub.go.id atau penyedia jasa Bandara