Batmus in action - 2009

Sejarah, kebudayaan, adat istiadat.
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Batmus in action - 2009

Postby Adek » Tue Dec 01, 2009 1:48 pm

FYI...bocoran bang adep tentang rencana temen2 batmus alias sahabat museum tahun 2009..
kali aja ada yg mo ikut...sekalian hunting, belajar sejarah sambil jalan2.. dan biar makin CINTA INDONESIA cing !!

--------------
Prends !!!

Halo-halo-halo jumpa lagi! setelah sekian lama milis Batmus (Sahabat Museum) sunyi-senyap aja, kini saatnya kita ramaikan lagi senarai ini dengan berbagai macem cerita tentang tempat-tempat bersejarah yang ada di Indonesia, baik itu museum, setasiun, bangunan bank, jembatan, kuburan pahlawan nasional, candi, pulau bersejarah, keraton, monumen, atau tentang riwayat tempo doeloe, dan laen-laennya. Anyway, awal tahun kita kumpul-kumpul makan-makan lagi yuk!

Minggu, 17 Januari 2010
jam 12 siang (Makan Siang)
di Rumah Yosef Djakababa di
Permata Hijau sono, alamat
lengkap ntar deh awal tahun
Acara: Makan-Makan, Ngalor-
Ngidul, Ketawa-Ketiwi ajah.

Siapa aja yang boleh ikut? Semua Warga Batmus jang dojan ikoetan PTD (Plesiran Tempo Doeloe), tapi HARUS bawa makanan untuk dibagi sama kita-kita yah, pokoknya nih acara santai aja, pulang peroet monjong!

Lalu, lalu, lalu ngemeng-ngemeng tentang pitidi (PTD), nampaknya akan mulai digelar lagi achir boelan tahon depan (29-30-31 Januari 2010), bezoek djaloer sepur kesatoe di Java (dan juga di Hindia-Belanda), jakni: Samarang-Tangoeng, yap Samarang means Semarang dan Tangoeng kini menjadi Tanggoeng (bener gak yah? kok gue malah ragu hehehe).

Trus, trus, trus, setiap bulan ganjil (1, 3, 5) kitaorang akan plesir naek sepur terus sambil (impiannya nih) memasang plakat Tonggak Sejarah di kawasan tersebut, dimulai dari Samarang-Tangoeng tadi, kemudian PTD: Solo-Magelang-Djocjakarta, dan tentu saja maunya naek api kereta melintasi Pusat Kota Solo, trus ke Sangiran, Candi Sukuh (yang katanya Candi Porno), Candi Chetto (yang naik ke atasnya hampir 45 derajat gitu jalanannya, asli menukik banget), trus juga ada Sunrise di Borobudur! dan maen-maen ke Keraton Ngayogyakarta dan liet prasasti penghargaan Masyarakat Tionghoa di Jogja kepada Sultan Hamengkubuwono IX, yang diantaranya diprakarsai oleh Mr.Oen (pemilik Toko Oen di Semarang), dan Mr.Liem, orang kaya Jogja djaman doeloe jang poenja Hotel Phoenix (kini Grand Mercure Jogja). ah banjak sekali jang akan Batmus gelar di tahun 2010 mendatang, blom lagi persiapan program PTD ke-100 di NEDERLAND, yah di Belanda choooy!

Satu lagi jalur kereta api yang mau kita gelar adalah Pangandaran.
Lho, emangnya ada jalur kereta kesono? Yah, doeloe, tapi dihapus pas jaman Pak Harto (kalo gak salah yah boook), dan helaas, sajang sekali tadi pagi baca koran, ternyata jalur ke arah sono, yaitu jalur Jakarta-Banjar per 1 Desember 2009 hari ini, DIHAPUS sodara-sodara! jadinya mungkin kitaorang naek bis aza dari Jakarta sampe Pangandaran, tapi kitaorang akan telusuri Terowongan Djadoel jang terpendek dan terpanjang yang berada di sekitar sono, hhhm kayaknya akan ada acara hiking segala deh pemirsa...

Ok, jadi jadwal (tentatip) nya kayak begini:
PTD: Samarang-Tangoeng: 29-30-31 Januari 2010
PTD: Solo-Magelang-Djocjakarta: 26-27-28 Maret 2010
PTD: Pangandaran & Zuid Kust: 28-29-30 Mei 2010

tapi menmarik juga nih kalo dibikin PTD macam gini:
PTD: Tana Toraja: 13-14-15-16 Maret 2010
PTD: Ternate-Tidore-Halmahera-Morotai: 25-31 Oktober 2010

PTD yang laen-laen tolong diusulin kemana-kemananya chooy
apakah itu yang di Dalem Kota Jakarta aja atau ke Luar Kota

PTD: Bandjermasin-Balikpapan-Samarinda-Tenggarong
PTD: Tarakan-Pulau Derawan
PTD: Pontianak-Singkawang
PTD: Palangkaraya
PTD: Jambi
PTD: Sabang
PTD: Merauke
PTD: Bali Utara
PTD: Lombok
PTD: Sumba
PTD: Flores (Ende-Maumere-Kelimutu-Komodo)
PTD: Ambon-Saparua-Naira (snorkeling choy)
PTD: Muntok-Bangka-Belitoong
PTD: Meer van Toba (Danau Toba)
PTD: Raffles in Bencoolen
PTD: Linggardjati 1946
PTD: Kendari-Pulau Buton-Wakatobi
PTD: Kemana aja deh, Terserah Ente!

Biaya: BELOM TAHU !!! tolong jangan tanyakan dulu berapa biayanya
karena blom disurvey samsek (sama sekali) hehehe santai yah choy :)

Kemudian Batmus pengen bikin (masih wacana dan baru sekadar impian) acara bersih-bersih bangunan dan tempat bersejarah, apakah itu gedung Museum, kawasan Kota Tua Jakarta, Pasar Baru, Menteng, Stasiun Kereta Api, bahkan Kali Ciliwung (kenapa sih selalu banjir?), mungkin terdengar sotoy (sok tau) yah kalo kita mau bersihin Ciliwung, tapi mungkin saja aksi kita ini bisa sedikit memperbaiki keadaan Kota Jakarta yang selalu banjir tiada akhir :)

Sekian dulu deh, udah pandjang-pendek (istilah doeloe untuk nyebut panjang-lebar), yuk mari ditanggapi jika berkeinginan, dan jika ingin berbagi rasa, tolong menulis dengan pandjang-pendek bin panjang-lebar di senarai ini, ia itoe: Milis Sahabat Museum!

salam,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia 0818 94 96 82
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

Return to “Budaya”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest