Your Fav Book of This Month

Let talk about everythings here..
Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Re: Your Fav Book of This Month

Post by Jimbo »

Ada yg sudah membaca Amba?

Saya sudah cukup lama membaca buku ini, awal ketertarikannya terus terang karena membaca komentar para tokoh yang tertera di sampul belakang bukunya.

Bagi yang hobi dengan tulisan-tulisan fiksi sejarah model karya Pramoedya Ananta Toer (PAT), barangkali akan cukup tertarik dengan buku ini. Amba, sebuah novel sejarah dengan setting pulau Buru.

Yang menarik dari buku ini adalah bahasa yang digunakan sungguh baik, penulisnya Laksmi Pamuntjak (LP) sangat piawai dalam berbahasa. Gaya bertutur LP tidak lazim, penggambaran tokoh yang sangat dalam dan data yang ditampilkan mencerminkan penulusuran riset yang dalam. Kedalaman itu juga tercermin dari berhamburannya mutia filosofis yang diambil penulis dari bermacam literatur, terutama Serat Centini.

Namun, bagi yang biasa dengan gaya bahasa Goenawan Moehamad (GM), rasanya tidak akan asing dengan model penulisan seperti ini. Dari 'berat'-nya gaya GM, menjadi renyah ketika keluar dari seorang LP.

Kata orang, setelah meninggalnya (PAT), barangkali LP dan Amba inilah yang memiliki potensi untuk membunuh dahaga para penggemar buku-buku berkelas. Tapi itu tentu waktu yang membuktikan.

Walau banyak keserupaan dengan cerita wayang, namun buku ini rasanya patut disejajarkan dengan buku-buku bagus, bukan sekedar buku populer yang sedemikian banyak bertebaran.

Silahkan dibuktikan...
User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 528
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Re: Your Fav Book of This Month

Post by Gejor »

Jimbo wrote:Ada yg sudah membaca Amba?
Kalau saya, belum Bro. Memang berniat beli, tapi sayang pas pameran buku kemarin, alokasi dana untuk beli buku tidak mencukupi.

Tapi kalau saat ini yang akan hampir saya selesaikan adalah buku Bung Karno : Penyambung Lidah Rakyat Indonesia. Buku ini sebenarnya sudah semenjak SD saya lihat ada di lemari buku bapak saya di rumah. Tapi baru dua tahunan yang lalu saya membeli edisinya yang terbaru di Toko Buku Gramedia. Dan baru minggu ini saya membacanya tiap malam menjelang tidur.

Buku ini mungkin sudah banyak yang mendengar, tapi mungkin sedikit yang sudah membacanya. Begitu juga tentang orang yang dibahas, banyak yang tahu sosoknya, tapi sedikit yang tahu apa pemikiran-pemikirannya. Buku ini adalah tentang presiden pertama RI yang diceritakan sendiri kepada seorang wartawan Amerika untuk ditulis. Sebuah biografi yang berisi perjalanan hidup dari masa kecil sampai tua, menceritakan tentang gelora semangat, kegetiran melalui masa-masa sulit, tentang pergerakan-pergerakan menuju lahirnya Indonesia, dan hal-hal lain seperti kehidupan pribadi maupun hal-hal kontroversial yang melekat pada diri sang proklamator.

Tapi di luar dari cerita tentang isi buku tersebut, yang paling penting menurut saya adalah pesan dan pelajaran yang bisa kita ambil. Pesan dan pelajaran kepada kita sebagai individu rakyat Indonesia yang merupakan bagian dari bangsa Indonesia. Jika saat ini kita sering melihat di berbagai media mengenai berbagai peristiwa politik dan tokoh-tokohnya, maka kita akan merasakan sekali besarnya perbedaan para pemimpin bangsa sekarang dan yang dulu. Ada rasa sedih, terharu, sekaligus semangat saat mengingat kondisi bangsa sekarang di sela-sela proses membacanya. Akan segera dirasakan bahwa ada yang hilang dari bangsa ini : karakter, jati diri, kenegarawanan.

Menurut saya, buku-buku seperti ini haruslah dibaca oleh generasi sekarang. Sangat penting! Sangat recomended dan sangat "nendang" menambah wawasan keIndonesiaan. Apalagi untuk pecinta alam yang tentunya pasti cinta negerinya. Pun bahasa yang digunakan tidak berat, seperti diajak ngobrol saja oleh presiden pertama kita ini. Banyak cerita menegangkan seperti pengejaran dan penangkapan oleh Belanda, juga banyak cerita lucu dari sang presiden yang ternyata mempunyai selera humor yang tinggi. Bisa dibilang buku ini bisa dinikmati siapa saja, baik dari penggemar novel-novel pop sampai novel-novel sastra, maupun bagi mereka yang suka berkutat membaca buku-buku teknologi, ekonomi, politik (apalagi yang ini), dan keprofesian lainnya.

Silahkan dicoba.
Post Reply