Tali maw putus,gw hampir kena cilaka...

Sharing semua yang berbau dunia kegelapan.
Post Reply
User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 571
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Tali maw putus,gw hampir kena cilaka...

Post by Bolenk »

begini ceritanya..

tanggal 20-22 Maret kemaren ada latgab caving ank2 jakarta di tajur(cibinong)..
gw ikutan nih critanya..

materi pertama adalah rigging..goa yang dipilih adalah goa keraton(yang di pake buat diklan kemaren).goa nya multi pitch(pitch 1=20 m,pitch2 =10 m,pith3 = 15 m,pitch 4=35 m,di pitch 4 ada scram/slap = 15 m,total kedalamn=80 m).

setelah rigging,satu persatu tim mulai turun ke bawah.singkat cerita gw tiba di pitch 4..

di pitch 4 ada friksi,dan udah diatasi dgn pading.gw turun sebagai orang ke-4(ada 6 orang yang turun ke dasR goa).Pas di pitch 4 ada satu orang anggota tim yang nungguin n ngawasin ank2 yang turun.
pas gw mw turun,dia ngingetin:"lenk,pas lo mw turun ntar,padingnya taruh yang bener ya.. tali jangan sampe kena friksi"

gw jawab:"oke...".

pas turun gw perhatiin tu tali yang di pading,blum ada cacat sama sekali.oke,stlh benerin letak padingnya,gw turun..

oia,si kawan yg jagain di pitch 4 ini selalu ngomong yg sama ke setiap ank yg mw turun:"tali jangan sampe friksi..tali tolong di taruh yang bener di atas pading".

Dan semua ank yg mw turun selalu nyahut yg sama:"iya.."

oke,td gw turun sebagai org ke-4 dan tali masih sehat,ga ada cacat.Setelah semua ank(6 org) turun,kita explor bentar.hbs tu prepare mw naik lagi.

Pada saat briefing malam sblmnya,gw kebagian tugas buat cleaning jalur.Otomatis gw naik paling terakhir dong..

Shet..shet..akhirnya terdengar teriakan "rope free" dari orang ke-5 dari pitch 4.Akhirnya gw naik,sambil cleaning tali.Pas tiba di posisi tali yang di pading tadi,gw kaget ,tapi tetap tenang, talinya nyaris putus,mantelnya udah ga ada (tinggal nilonnya bugil tanpa pelindung),panjang kerusakannya sekitar 5 cm.

Gw ngomong ke yg jaga di pitch 4 tadi:"coy,talinya friksi nih.Parah..".

Trus dia jawab:"serius lo.Udah,lo naik dulu,cari tempat aman,ntar gw mw liat".Gw nurut.Pas gw liatin talinya,dia langsung diem,ga ada ngomong lagi.Dari mukanya gw bisa baca:"ini fatal.."

......

Akhirnya semua anggota tim nyampe di entrance dgn aman.Eksplorasi selesai.Tim kembali ke base camp buat makan malam,sekalian evaluasi.

Sepanjang jalan ke base camp,gw sempat gobrol sama si yang jaga di pitch 4 tadi:"kalo misalnya yang turun tadi ada 7 org dan gw tetap turun sbg org terakhir buat cleaning,gw bisa kena cilaka dong?"

Dia jawab :"bisa jadi.."

.........
Last man standing..
User avatar
Sapi
astacala.org maniac
Posts: 212
Joined: Tue Jun 27, 2006 9:31 pm
Location: Ciledug
Contact:

Post by Sapi »

uwwanjrit, parah banget itu...trus evaluasinya gimana?
apa paddingnya geser2 terus jadi friksi. oya,ini pake tali yang mana leng?


halah orangnya ternyata di sekre ](*,) , cek dan ricek dulu...
eh lagi lagi pertamax niy, pertamax lagi murah yak????
User avatar
Onie
astacala.org maniac
Posts: 233
Joined: Tue Feb 15, 2005 3:08 pm
Location: earth
Contact:

Post by Onie »

Choy, ini parah banget, diperjelas lagi dong kronologisnya!!!
siapa saja yang ikut dari ASTACALA?apa cuman km sendiri atau bgm?
trus ini pake tali siapa?
orang yang nunggu di pitch 4 itu naik sbg orang keberapa?pastinya dia ikut turun ke dasar goa kan!dia nunggu di pitch 4 saat ascending untuk apa, kalo nurut gw dia disitu pasti untuk mastiin tali friksi ttp terpasang padding.
bah, info lu gk lengkap!!

bagaimana dengan evaluasinya?

Kronologis dan hasil evaluasi tolong di posting dengan jelas!!
User avatar
Jaymie
astacala.org freak
Posts: 269
Joined: Sun Jul 01, 2007 4:27 pm
Location: Jakarta Rocking City
Contact:

Post by Jaymie »

PARAH!!!!
User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 571
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Post by Bolenk »

Yang punya tali ank Girigahana(Girga) UPN Jkt..(secara koordinator kegiatannya ank sono.)

Ank ASTACALA yang ikut cuman gw doank..

Orang yang jagain di pitch 4 itu kagak turun ke bawah,dia cuma ngontrol di pitch 4.Pas turun dari pitch 3 ke pitch 4,dia ada di belakang leader (yang rigging).Pas naik dari pitch 3 ke pitch 4,dia naik sebelum gw (yang kebagian tgs cleaning).Dan emang selama penelusuran si"orang yang jaga di pitch 4" ini yang paling banyak ngasih masukan n paling sibuk ngawasin ank2.Kayaknya dia udah dianggap sebagai sesepuh caving setempat.

Naqh,malam pas evaluasinya...begini ceritanya..

Sebelumnya,si "orang yang jaga di pitch 4" udah ngomong ke yang punya tali sama panpel kegiatannya.

Pas evaluasinya,si Penanngung jawab kegiatan (ank Mapa Gunadarma) langsung nanyain kronologis kejadiannya ke tim yang turun.Si "orang yang jaga di pitch 4" inilah yang ngomong.Karena dia yang paling dekat dekat "barbutnya".Trus dia ngejelasin semuanya,sampe yang dia selalun gingetin


"tali jangan sampe friksi ya,kalo maw turun tolong letak padingnya dibenerin".Dan semua yang maw turun selalu nyahut yang sama:"iya...

Abis dia ngejelasin,dia nanyain ke ank yang turun (ke ank 6 org,termasuk gw).Dan semua menjawab kalo pas turun turun talli masih fine2 aja.Nah,pas ditanya kondisi tali pas mreka naik,semua pada diam.Artinya mereka ga merhatiin kondisi tali pada saat naik.

Nah,setelah ngobrol beberapa saat,akhirnya ank2 ngambil kesimpulan,kerusakan ali terjadi pada saat naik.

Nah,solusinya gimana??

Posisinya nih sama2 ga enakan,antara kegiatan latgab ini sama yang punya tali (ank Girga UPN).Pas bahas solusinya,penanggung jawab kegiatan langsung nanya ke koordinatornya (yang kebetulan ank Girga UPN yg punya tali),solusinya gimana baiknya?Selama eval,koordinator kegiatan sms an sm ketua Girga.Intinya di balas gini:"terserah ank2 Latgab aja solusinya mau gimana".Secara kita udah ngerti,yang ngambil keputusan pasti pada "ga enakan".TRus si Koordinator(ank Girga ini) bilang "ge juga bingung nih solusinya gimana,di satu sisi gw koordinator Latgab,di satu sisi gw koordinator Logistik di tempat gw".

Akhirnya ada satu ank yg berani ngomong:"kalo kita saling nunggu gini:kita nunggu keputusan dari ketua girga solusinya gimana,dianya jga ntar pasti "ga enakan" ngambil keputusannya.Trus nyerahin lagi ke latgab,ga bakalan dapat solusinya.Kalopun misalnya solusi semanis2nya ntar kita dimaafin" alias di biarin gitu aja,gw ga setuju.Kita harus nunjukkin kalo kita punya rasa tanggung jawab ke alat.Kita ga bisa lepas tangan gitu aja biarpun ntar kita di "maafin".Biarpun gw ato lo ga turun ke Goa Keraton,kita di sini atas ama satu kegiatan yang sama:latgab.Jadi kita harus tanggungjawab bareng.Kalo tmen2 Girga bilang harus ganti tali,mw br ato nggak pokoknya dalam kondisi baik,kita harus siap.Kalo emang ada temen2 yang ga setuju sama solusi gw ini,ga apa-apa,ngomong aja."

Catt: di latgab ini peserta di bagi jadi 2 kelompok.Gw kebagian kelompok yang turun di Goa Keraton.

Nah,akhirnya sang kordi ambil keputusan:"Kalo emang teman2 udah siap dengan keputusan terpahit,tapi gw pasti usahain nggak sepahit itu. Gw ntar ngomong ke ketua gw,gimanapun biar kita ga ganti tali.Kalo pun kita harus ganti,kita ga ganti 100 m,soalnya gw juga nyadar,tali gw itu udah ga baru lagi dan udah ada beberapa cacatnya."

Akhirnya begitulah,kita (yang ikut latgab) udah siap denga solusi ganti tali.Tapi tetap nunggu keputusan dari Girga.Hasil keputusannya ntar akn di kabarin lagi.Ntar akan datang surat pengantar atau keterangan ke setiap organisasi yang mengirim peserta ke latgab (termasuk ASTACALA),yang ngejelasin kronologisnya dan solusinya gimana.Karena solusi ini kalo ditanggung secara pribadi ke setiap peserta pasti berat,secara juga hasil latgab ini juga buat kemajuan masing2 organisasi,bukan cuma buat pribadi peserta latgab.

Begitulah ceritanya dari latgab kemaren.Semoga kita dapat mengambil hikmahnya..
Last man standing..
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Post by Adek »

Bolenk wrote: Begitulah ceritanya dari latgab kemaren.Semoga kita dapat mengambil hikmahnya..
@Boleng
terimakasih sudah menjelaskan kronologi kejadian diatas
tapi yg menjadi titik fokus yg pengen gue tau mkn lebih bersifat teknis.. mengenai komentar untuk hal lain, setelah konfirm pertanyaan dibawah ini :
1. siapa yang menjadi rigging man dan second man ketika penelusuran itu ? berapa orang total yang menggunakan lintasan itu aka yang turun

2.seperti apa lintasan yang dibuat ? tidak usah sampai detail simpul yang digunakan, tapi gue pengen tau ada berapa anchor pada saat itu, bagaimana posisi anchor baik backup dan main achor ? apakah ada intermediete atau deviasi, posisi friksi dimana saja dan berapa padding yg digunakan, tipe apa saja ? jerry ? mat ?

tolong keseluruhan data itu lo sampaikan. itu aja dulu pertanyaan gue, blom bisa ngasih comment lebih panjang.

regards
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com
User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 571
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Post by Bolenk »

Adek wrote: .....
1. siapa yang menjadi rigging man dan second man ketika penelusuran itu ? berapa orang total yang menggunakan lintasan itu aka yang turun

2.seperti apa lintasan yang dibuat ? tidak usah sampai detail simpul yang digunakan, tapi gue pengen tau ada berapa anchor pada saat itu, bagaimana posisi anchor baik backup dan main achor ? apakah ada intermediete atau deviasi, posisi friksi dimana saja dan berapa padding yg digunakan, tipe apa saja ? jerry ? mat ?
......

regards
1.rigging man nya: ank Mapa Gunadarma (udah anggota penuh)
second mannya :ank Pamlater (udah anggota penuh)
yang turun dari pitch 1 ke 2 : 8 orang(satu orang nungguindi pitch 2)
yang turun dari pitch 2 ke 4 : 7 orang(satu orang nungguin di pitch 4)
yang turun ke bawah/dasar : 6 orang (termasuk gw)
2.di pitch 1:-main anchor:play boy(Y anchor).Sudut kira2 45 derajat.
buat rigging main anchornya harus manjat(RC) dulu,di bellay.
main ancornya make 2 pilar (kolum?)
- back up anchor: cuman satu (delapan biasa).make 1 pilar
(kolum?).trus ada second back up(tapi gw ga nganggap ini sebagai back up ato anchor) cuman di pasang di stalagmit yang ukurannya sgede botol minuman mineral..

di pitch 2:intermediete make batu tanduk
di pitch 3: intermediete make lubang tembus.
di pitch 4: intermediete make lubang tembus plus back up intermediete pake lubang tembus juga.

friksi cuman ada di pitch 4,pading make tacle bag..
Last man standing..
User avatar
limasembilan
astacala.org addict
Posts: 476
Joined: Tue Oct 25, 2005 10:58 pm
Location: Desa Terakhir
Contact:

Post by limasembilan »

Yang saya tangkap, evaluasi di lokasi setelah kegiatan sepertinya banyak membahas "penggantian tali rusak". Padahal ada yang hampir mati disini.

@cavemen: Biasanya gimana kalo ketemu kasus kayak gini? Ada nggak lintasan backup-nya. Ada nggak patokan untuk sekian jumlah explorer, harus menggunakan dua atau lebih lintasan.

(sempat bingung "..turun dari pitch 3 ke pitch 4", ternyata ini caving ding....)
User avatar
Onie
astacala.org maniac
Posts: 233
Joined: Tue Feb 15, 2005 3:08 pm
Location: earth
Contact:

Post by Onie »

Bolenk wrote: Abis dia ngejelasin,dia nanyain ke ank yang turun (ke ank 6 org,termasuk gw).Dan semua menjawab kalo pas turun turun talli masih fine2 aja.Nah,pas ditanya kondisi tali pas mreka naik,semua pada diam.Artinya mereka ga merhatiin kondisi tali pada saat naik.
satu yang ganjil disini, knp orang yang jaga di pitch 4 just asking not checking until the last person ascending. kelalaian yang paling sering terjadi saat lintasan terdapat padding ya saat descending dan ascending. namun saat descending kita cenderung ingat untuk memasang padding lagi ke tempat yang friksi sebab setelah melewati padding kita akan membebani tali dan tali akan terlihat friksi dengan tebing/dinding goa bila padding tidak dipasang lagi ke tempat yang benar sebelum turun. Pada saat ascending orang cenderung lupa untuk membenarkan posisi padding sebab setelah melewati padding, kita tidak akan melihat firksi tali karena friksi tsb sudah kita lewati dibawah dan kita memiliki psikologis untuk cepat2 naik dan menyelesaikan ascending.

Bila orang pertama yang lupa memasang padding ditempat yang benar, Hal ini pasti diketahui oleh orang ke dua yang naik dan menemukan kondisi tali friksi tanpa padding. biasanya setelah melewati friksi, orang ke dua akan ingat untuk membenarkan posisi padding ke tempat yang benar dan harusnya orang ke dua mengingatkan yang lain untuk selalu membenarkan padding saat naik, atau memberi tahu ke orang yang jaga di pitch 4. yang jadi pertanyaan, tali friksi tanpa padding saat orang ke berapa?knp tidak ada yang sadar dan mengingatkan yang lain (orang 1 sampai ke 5 ) bahkan orang yang jaga di pitch 4 ???????? bukankah harusnya orang di pitch 4 bisa berkomunikasi dengan orang yang akan melewati friksi? dan dapat mengingatkan dari atas agar orang yang naik membenarkan posisi padding setelah melewati friksi? atau kondisinya orang di pitch 4 tidak dapat berkomunikasi dengan orang yang naik sebelum friksi?bisa diperjelas gk kondisi saat itu?harusnya bila gw yang di pitch 4, saat gw tanya orang yang baru melewati pitch 4 tidak dapat memastikan kondisi padding yang dia lewatin, gw suruh tu orang turun lagi buat nge-check dan benerin tu padding!

Pastinya fungsi dari orang di pitch 4 itu adalah untuk mastiin padding selalu terpasang ditempatnya, saat descending maupun ascending apalagi dia gk ikut turun. Intinya orang di pitch 4 adalah untuk mencegah hal yang terjadi itu tidak terjadi. tp knp itu sampai terjadi padahal ada orang yang selalu mastiin posisi padding di pitch 4? itu yang menjadi keganjilan dan keanehan yang gw liat. Apakah padding tidak dapat menempel dengan benar saat ascending meskipun sudah dipasang di tempat yang benar??sebab katanya pakai tackle bag ya? saat lu temukan, posisi tacle bag dimana dan, apabila dipasang ditempat yang benar, pada saat ascending dapatkah tacle bang tsb menjalankan tugasnya dengan benar sbg padding? atau malah bisa terlepas dari posisinya? gmn?

gw juga pernah ngalamin hal spt ini (kondisi gk ada orang yang jaga di pitch), untungnya tali yang friksi tidak mengalami kondisi yang rusak (sangat sedikit) sebab tebing kapurnya lunak terkena rembesan air, anak yang naik deluan kebetulan masih AM dan yang naik baru 2 orang. spt nya gw pernah cerita deh ama km leng.

kita yang turun/masuk goa bisa saja orang2 yang sudah sangat sering melakukan hal tsb, bahkan bisa dibilang sudah cukup berpengalaman dan paham, namun ingat, di caving yang memiliki tingkat bahaya yang sangat tinggi, keberhasilan penelusuran dipegang oleh seluruh team. so, sebelum melakukan penelusuran (ascending/descending) tiap orang dalam satu tim harus saling mengingatkan satu sama lain.

Masih ingatkan, mengapa setelah memasang set, meskipun orang tsb sudah sangat sering melakukan SRT, ascending dan descending, pasti harus selalu memastikan set yang dia pasang sudah benar atau tidak ke teman se team. bisa saja kita melupakan sesuatu dan team kita lah yang kita percayakan untuk memastikan itu sebelum kita turun/naik. Demikian untuk keseluruhan penelusuran tiap orang dalam satu team harus selalu saling mengingatkan satu sama lain. Hal ini tentu saja untuk mengurangi Human error saat penelusuran goa.

Yang perlu di ingat, disini kita tidak mencari siapa yang salah, sebab dalam berkegiatan kita adalah satu sebab kita dalah team, namun kita perlu melihat dimana kesalahan itu terjadi agar human error yang spt ini tidak terjadi lagi yang bisa saja kelak dapat memakan korban.

Semoga pengalaman ini menjadikan kita semakin dewasa dalam bertindak dan berkegiatan. Kita mungkin tidak dapat melawan alam, namun kita harusnya bisa memperkecil human error saat bermain bersama alam

salam
User avatar
Onie
astacala.org maniac
Posts: 233
Joined: Tue Feb 15, 2005 3:08 pm
Location: earth
Contact:

Post by Onie »

limasembilan wrote:Yang saya tangkap, evaluasi di lokasi setelah kegiatan sepertinya banyak membahas "penggantian tali rusak". Padahal ada yang hampir mati disini.
setuju, ini malah main gk enakan ama yang punya tali, bukannya gk enakan ama yang amper mati!!
limasembilan wrote: @cavemen: Biasanya gimana kalo ketemu kasus kayak gini? Ada nggak lintasan backup-nya. Ada nggak patokan untuk sekian jumlah explorer, harus menggunakan dua atau lebih lintasan.
Biasanya sih kalo buat lintasan itu cuman satu ka, sangat jarang sekali dibuat dua lintasan (dengan tujuan backup lintasan) kecuali untuk kasus rescue. biasanya lintasan yang dibuat (karena cuman satu) harus sangat safety dengan backup yang berlapis lapis. Patokan jumlah caver yang turun ya disesuaikan dengan anchor dan backup yang dibuat.

demikian..
User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 571
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Post by Bolenk »

limasembilan wrote:Yang saya tangkap, evaluasi di lokasi setelah kegiatan sepertinya banyak membahas "penggantian tali rusak". Padahal ada yang hampir mati disini.
...........
di awal evaluasi kita udah bahas kronologisnya gimana.Kita juga berusaha mencari tau "kok bisa begitu?" tanpa berusaha menyalahkan,tapi hanya ntuk pembelajaran kedepannya.

Dari pembahasan di eval tadi,ketika si "orang yang jaga di pitch 4" nanya ke ank yang turun,mastiin kalo emang tindakan yang dilakukan oleh tim emang udah benar (diingatkan dan dilaksanakan).Tapi terjadi hal yang diluar kontrol.Jujur,sebagai bagian dari tim yang turun,gw sendiri merhatiin apa yang diingatkan oleh orang tersebut (baca:aware sama alat/nyawa).Tapi gw dan tim yang turun juga ga tau salahnya dimana.Yang jaga di pitch 4 juga ga bisa ngeliat tali tsb dipading dengan benar ato ga karena emang posisinya sekitar 2-3 meter di bawah dia dan ga bisa dijangkau tanpa alat descending.Dia cuma bisa ngingetin tanpa bisa ngeliat langsung.

Pada saat eval itu,waktu pikiran mentok ga ketemu alasan "kenapa tali bisa begitu?",ada yang ngomong (gw lupa dia naik ke berapa) kalo dia nemu tali dalam keadaan kejepit.Cuma gw kurang ngerti maksudnya tali kejepit itu gimana.Selama evak gw cuma diem,dalam hati mensyukuri nasib masih selamat dari kejadian tsb.

Kalo alasan yang bener2 tepat ga akan bisa dapat.Karena yang turun (termasuk gw) sm "yang jaga di pitch 4" ga menemukan "adanya kesalahan" dari segi tindakan pada saat berada di pitch 4 dan di tempat tali friksi (letak pading udah dibenerin dan tali ada di atas pading).Akirnya kita ambil kesimpulan "tali kejepit".Biarpun gw sendiri kurang ngerti "kejepit kok bisa ngerusak tali?",padahal dtaruh di atas pading.Tapi emang itu satu-satu nya "bug" yang kita dapat.
Last man standing..
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Post by Adek »

cuma menambahkan apa yg udah disampaikan onie..
------------
Bolenk wrote: Kalo alasan yang bener2 tepat ga akan bisa dapat.Karena yang turun (termasuk gw) sm "yang jaga di pitch 4" ga menemukan "adanya kesalahan" dari segi tindakan pada saat berada di pitch 4 dan di tempat tali friksi (letak pading udah dibenerin dan tali ada di atas pading).Akirnya kita ambil kesimpulan "tali kejepit".Biarpun gw sendiri kurang ngerti "kejepit kok bisa ngerusak tali?",padahal dtaruh di atas pading.Tapi emang itu satu-satu nya "bug" yang kita dapat.
finding bug ?
sebagai anak if,perumpamaan yg bagus utk hal ini.
tapi apakah itu adalah solusi atas bug tsb ? menurut gue, bukan.
ibarat membuat program, solving bug bukan berhenti berhenti ketika mendapat errornya dimana, apalagi hanya sekedar tebak2an "spt nya error nya ini deh".
tapi, mencari line code yang menyebabkan bug tsb terjadi, and fixing that.
itulah solving bug.

kembali ke topik awal..
dari informasi yang gue tangkap, ada beberapa hal yg perlu menjadi perhatian kita bersama mengambil studi kasus dari hal ini :
1. ada beberapa faktor bahaya sekaligus penyebab kecelakaan dalam penelusuran, salah satu nya spt yg dikatakan onie : faktor manusia, dan faktor alat dan faktor alam, atau bahasa manusia guanya : Anthroposentrisme.
bagaimana dengan hal ini ? jawab sendiri ya..
Bolenk wrote: 2.di pitch 1:-main anchor:play boy(Y anchor).Sudut kira2 45 derajat.
buat rigging main anchornya harus manjat(RC) dulu,di bellay.
main ancornya make 2 pilar (kolum?)
- back up anchor: cuman satu (delapan biasa).make 1 pilar
(kolum?).trus ada second back up(tapi gw ga nganggap ini sebagai back up ato anchor) cuman di pasang di stalagmit yang ukurannya sgede botol minuman mineral..

di pitch 2:intermediete make batu tanduk
di pitch 3: intermediete make lubang tembus.
di pitch 4: intermediete make lubang tembus plus back up intermediete pake lubang tembus juga.

friksi cuman ada di pitch 4,pading make tacle bag..
2. rigging man memiliki kewajiban utk membuat lintasan yang baik, dan anggota team melakukan pengecekan untuk lintasan itu.
apa lintasan yg baik itu ?
- lintasan tsb harus dapat dilalui dengan aman oleh SELURUH anggota penelusuran.
- lintasan tsb harus dapat digunakan untuk kondisi rescue
- lintasan tsb tidak merusak alat
- lintasan tsb tidak boleh merusak ekosistem dan sedapatnya tidak merubah bentukan gua (spt memasang bor, dll)

menyangkut pertanyaan astaka, tentang berapa maksimal personil dalam penggunaan lintasan: jawaban nya adalah tidak ada.

3. dari paparan boleng, gue mendapat beberapa hal yang perlu dijadikan evaluasi bersama utk kedepan :
- back up anchor yang terkesan dibuat sekedarnya.
tidak spt kegiatan climbing, dalam caving setiap anchor di rancang untuk memiliki tingkat kegagalan 0 % karena baik model kegiatan dan peralatan (tali) tidak dirancang untuk mendapat daya hentak yg tinggi spt pada kegiatan climbing.

pendapat umum bahwa back up anchor "tidak apa2" memiliki kekuatan yang lebih kecil dari main anchor adalah kesalahan persepsi yang harus kita perbaiki. spt kecenderungan yg umum terjadi (termasuk di sekre) adalah membuat membuat back up anchor sekedarnya
padahal jika terjadi kegagalan main anchor, maka back up akan mendapat beban yang jauh lebih besar dari yang didapat main anchor karena ia juga mendapat penambahan beban yaitu dari gaya hentak.

- instalasi lintasan harus dibuat untuk tidak merusak alat, spt penggunaan carabiner / pulay yg tidak tepat atau spt kasus ini : menyebabkan tali berada dalam kondisi friksi.

utk menghindari friksi ini, ada beberapa pilihan yg dapat diambil rigging man diantaranya membuat intermediete dengan posisi benar, deviasi atau melindungi dengan padding yang benar.

pada kasus ini, apakah tidak memungkinkan memasang deviasi setelah intermediete tsb ? jika tidak, apakah tidak ada jenis padding tipe lain ? menurut gue, jerry protector lebih cocok digunakan dari pada padding type mat tsb (eh, bukan padding rek, tapi tackle bag.. ) karena jerry melindungi tali dengan menempel pada tali nya, bukan spt mat yang hanya sbg alas
Bolenk wrote: Nah,akhirnya sang kordi ambil keputusan:"Kalo emang teman2 udah siap dengan keputusan terpahit,tapi gw pasti usahain nggak sepahit itu. Gw ntar ngomong ke ketua gw,gimanapun biar kita ga ganti tali.Kalo pun kita harus ganti,kita ga ganti 100 m,soalnya gw juga nyadar,tali gw itu udah ga baru lagi dan udah ada beberapa cacatnya."
- pertanyaannya, apakah bagian itu digunakan sebagai lintasan ? jika ya, gue ga melihat ada simpul (spt buterfly) yg digunakan pada lintasan tsb. jangan2 bagian yg memang sudah cacat itulah yg berada pada posisi friksi di padding tsb..
Bolenk wrote:begini ceritanya..
materi pertama adalah rigging..goa yang dipilih adalah goa keraton(yang di pake buat diklan kemaren).goa nya multi pitch(pitch 1=20 m,pitch2 =10 m,pith3 = 15 m,pitch 4=35 m,di pitch 4 ada scram/slap = 15 m,total kedalamn=80 m).
melihat materinya juga rigging (nah lo..!!!!!!!), kek nya demikian pendapat sementara gue berdasarkan informasi awal ini.
mudah2an lain waktu, kita bisa rekonstruksi ulang untuk mencari kemungkinan lain sbg bahan pelajaran dimasa mendatang.

regards
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com
User avatar
Onie
astacala.org maniac
Posts: 233
Joined: Tue Feb 15, 2005 3:08 pm
Location: earth
Contact:

Post by Onie »

Bolenk wrote: Kalo alasan yang bener2 tepat ga akan bisa dapat.Karena yang turun (termasuk gw) sm "yang jaga di pitch 4" ga menemukan "adanya kesalahan" dari segi tindakan pada saat berada di pitch 4 dan di tempat tali friksi (letak pading udah dibenerin dan tali ada di atas pading).Akirnya kita ambil kesimpulan "tali kejepit".Biarpun gw sendiri kurang ngerti "kejepit kok bisa ngerusak tali?",padahal dtaruh di atas pading.Tapi emang itu satu-satu nya "bug" yang kita dapat.
klo gw tangkap disini, tali tidak dibungkus ya? hanya diletakkan di atas tackle bag. (tadinya gw pikir talinya dibalut/dibungkus ama tackle bag).

lu kalo gk ngerti coba ditanya lbh detail, kejepitnya kenapa? dan bagaimana? jangan asal nerimo kesimpulan yang lu sendiri gk paham!!!!!!!!. itu boomerang choy. gimana kita bisa mencegah hal spt ini tidak terjadi lagi, kalo kita gk tau pokok kesalahan dan permasalahan sebenarnya yang seharusnya harus lu mengerti dan lu pahamin. Ingat leng, kita disini maen safety procedure. evaluasi adalah bagian dari savety itu juga, jadi klo lu blm bisa ngerti kenapa sebuah savety procedure yang kalian jalanin kmrn bisa gk save berarti lu blm sepenuhnya selamat dari gua kemaren

Ini peringatan buat kita semua!! ini kasus gk bisa gw terima begitu saja. kalo bisa coba lu cari tau lagi apa yang sbnrnya jadi masalah dan kesalahan. kamu dan mereka semua gk bisa bilang gk nemu alasan yang benar2 tepat, cari tau, observasi, analisis and find the real problem!!! kalo perlu minta di evaluasi ulang!

gw cuman gk mau ada kejadian spt ini terjadi lagi hanya krn kita gk nemu letak kesalahan sbnrnya. Puji Tuhan lu masih dilindungin oleh Nya, kiranya kalian smua harus punya tanggung jawab utk nge-close kasus ini dengan lebih bijak dengan mengetahui letak kesalahan sebenarnya dan bukan menduga duga atau asal nerima alasan yg tidak pasti
User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 529
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Post by Gejor »

Di luar masalah teknis, faktor psikologis juga sepertinya berpengaruh besar dalam kejadian ini.
Para penggiat cenderung turun mental safety procedurenya ketika sudah anti klimaks (dalam hal ini, kembali ke atas, ke mulut gua).
Hampir sama ketika orang turun gunung ketika sudah melewati puncak, mentalnya cenderung berubah karena menganggap sudah berhasil.

Mungkin kejadian ini bisa menyadarkan kita semua untuk selalu mengutamakan safety procedure dan saling mengingatkan, sesederhana apapun kegiatannya.
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Post by Adek »

Gejor wrote:Di luar masalah teknis, faktor psikologis juga sepertinya berpengaruh besar dalam kejadian ini.
Para penggiat cenderung turun mental safety procedurenya ketika sudah anti klimaks (dalam hal ini, kembali ke atas, ke mulut gua).
Hampir sama ketika orang turun gunung ketika sudah melewati puncak, mentalnya cenderung berubah karena menganggap sudah berhasil.
@gejor
ga bisa diumpamakan dengan turun gunung jor,
untuk konteks kasus ini, murni kesalahan prosedur teknis. dan sebaiknya kita fokus disana,
dalam komunitas caving, juga dibiasakan untuk membahas dan mendiskusikan kejadian membahayakan yg dialami selama penelusuran di gua dan mencari tau apa penyebab sebenarnya.

misal untuk kejadian kecelakaan krn terjebak banjir.
seharusnya tidak berhenti hanya sampai, gue masuk gue A, sekian orang, trus banjir coy...wuih,,untung kita ga apa2
tapi ada faktor lain, misal

kapan penelusuran itu dilakukan ?
apakah pada waktu2 tsb memang gua nya memang mengalami musim banjir atau tidak ?
jika iya, maka untuk kedepannya kita mendapat informasi baru bahwa pada rentang waktu tsb, sifat gua tsb akan mengalami banjir dan tidak direkomendasikan untuk ditelusuri.
jika tidak, maka perlu ditekankan kehati2an ekstra terhadap gua tersebut, karena kondisi banjir nya tidak dpt diprediksi


atau gue rigging di gua B, pake anchor bla bla bla, ternyata batuan untuk main anchor nya hampir jebol, untung ga apa2..

nah, perlu kita eksplore lagi posisi anchornya dimana ? spt apa ?
apakah ada kemunkinan sifat batuan di mulut gua nya memang rapuh atau memang pemilihan anchor nya sama yg tidak tepat ?
contoh kasus ini terjadi di luweng grubuk

kejadian kecelakaan / hampir kecelakaan di gua juga biasanya di broadcast kepada caver lain, bahkan detail2 penelusuran sehingga hal ini kedepan nya tidak terjadi lagi.

jadi utuk masalah ini jangan berhenti hingga, ya udah besok hati2 ya..

begitu bli...:asyik:


regards
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com
Gepeng
astacala.org maniac
Posts: 177
Joined: Wed May 24, 2006 8:17 am

Post by Gepeng »

welcometothejungle....

tolong jenis kernmantelkapan beli sudah berapakali ato jam terbangnya sebelum digunakan di latgab itu ada datanya ndak? karena dari obrolan yang ada belum kondisi awal rope???Boleng ikut cek awal peralatan sebelum kegiatan?

Jika rope sehat, kejadian sampe gundul seperti itu sudah luar biasa dahsyat effort yang harus ada, jadi gue rasa mungkin ropenya sendiri sudah emang butut tu (mungkin).

Hidupdanmati emang begitu tipis jaraknya man, dan dikegiatan kita ini jangan sekali-kali ceroboh dalam merawat peralatan dan selalu cek awal semua peralatan sebelum kegiatan, gue pernah ngrasain fatalnya kecerobohan diri sendiri atas ketergantungan kita terhadap peralatan yang ada.

viva ASTACALA
honje26
User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 571
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Post by Bolenk »

Gepeng wrote:welcometothejungle....

....tolong jenis kernmantelkapan beli sudah berapakali ato jam terbangnya sebelum digunakan di latgab itu ada datanya ndak? karena dari obrolan yang ada belum kondisi awal rope???Boleng ikut cek awal peralatan sebelum kegiatan?....
kalo sedetail itu aku kurang tau mas..yang jelas talinya udah ga baru dan itu diakui oleh yang punya tali..

mlm sebelum kegiatan,yang packing tali kernmantek tsb ke dalam tackle beg itu gw sama si "yang jaga di pitch 4".Kondisi tali emang udah jelas ga baru lagi (oia,diameternya 12 mm) dan di satu titik herus di kasih simpul kupu-kupu...
Last man standing..
Post Reply