teknologi baru

Ngobrolin semua tentang komputer, embeeded system, handheld device, dan lain-lain.
User avatar
Sapi
astacala.org maniac
Posts: 212
Joined: Tue Jun 27, 2006 9:31 pm
Location: Ciledug
Contact:

teknologi baru

Postby Sapi » Wed Nov 28, 2007 11:25 am

Black Berry, adalah suatu nama yang mulai populer di Singapura. Nama yang mirip nama buah ini, sebenarnya adalah alat pengirim pesan bergerak. Bisa dibilang benda ini adalah handphone, tapi penyedia jasa layanannya, lebih suka menyebutnya email bergerak yang bisa juga digunakan sebagai handphone. Hal ini disebabkan blackberry adalah alat yang menonjolkan fasilitas email bergeraknya, dalam artian menawarkan kemudahan dan kenyamanan untuk menerima dan mengirim email layaknya di komputer pribadi, meskipun sedang berada di perjalanan. Hal ini dimungkinkan oleh papan kunci atau keyboardnya yang terintegrasi dalam benda yang relative kecil ini. Lebih lengkapnya, dituturkan oleh Gordon Tong, Senior Business Development Manager (Segment Marketing) dari SingTel.

?BlackBerry ini dirancang khusus untuk mengakses email. Jadi alat ini menghandle email dengan sangat mudah, dengan papan kunci (keyboard) yang terintegrasi dan navigasi dengan tombol putar (jog dial). Mereka yang ingin membaca email, tinggal mengetik saja di keyboardnya.?Singapore Telecom adalah salah satu perusahaan telekomunikasi di Singapura, yang telah menyediakan fasilitas BlackBerry ini. Meski di pasaran sudah banyak dikenal telepon PDA yang juga menawarkan berbagai kecanggihan transfer data bergerak, blackberry diyakini masih memiliki banyak peminat. Blackberry ini memang lebih difokuskan untuk pengaturan kegiatan pribadi, misalnya fungsi kalender atau agenda yang mengingatkan akan perjanjian yang dimiliki. Bahkan, permintaan akan alat ini dilihat semakin meningkat.

?Salah satu hal yang kami perhatikan dari pasar, adalah bahwa orang semakin lebih paham akan email tanpa kabel atau bergerak (wireless). Bisa dikatakan jumlah permintaannya semakin meningkat. Blackberry adalah salah satu fasilitas yang kami sediakan untuk memenuhi permintaan di segmen ini, selain layanan mobile mail yang juga telah kami luncurkan.?

Salah satu hal yang unik dari BlackBerry, adalah fungsi koordinasinya dengan komputer kita, di mana inbox kita terdapat di dalamnya. Hal ini penting, karena email yang kita dapatkan dalam BlackBerry kita, merupakan email yang ditransfer dari satu inbox yang telah kita miliki sebelumnya. Misalnya jika selama ini kita bekerja dengan Microsoft Outlook, maka email yang masuk ke software tersebut otomatis akan ditransfer atau di-pushed ke dalam alat BlackBerry kita. Sehingga koordinasi antara 2 alat, BlackBerry & Inbox aslinya, menjadi penting supaya kita tahu tindakan apa yang telah kita lakukan terhadap suatu email.

Maka itu, segala kegiatan yang kita lakukan berkaitan dengan email kita di BlackBerry, akan direfleksikan di dalam inbox kita. Misalnya, jika kita telah membalas suatu email melalui blackberry kita, maka di inbox komputer kita juga akan tertera tanda bahwa kita telah membalas email tersebut. Jika kita menghapus email di Blackberry, terdapat dua pilihan, apakah kita juga menghapus email di tempat asalnya yaitu inbox komputer, atau kita tetap bisa menyimpan file aslinya. Namun teknologi ini bukannya tidak memiliki kekurangan. Versi BlackBerry yang saat ini tersedia di pasaran tidak bisa memainkan lagu, dan memorinya pun tidak bisa diperbesar meski sudah disediakan sebesar 16MB. Untuk menyiasati memori yang terbatas, maka email attachment akan dibuka satu per satu halaman, dan tidak sekaligus. Saat ini SingTel menawarkan BlackBerry tipe 7730 dengan harga eceran S$1399[aji: aji @ mediacorpradio.com]

Return to “Computer & Hardware”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest