Peduli Sungai Cikapundung

Opini, liputan, laporan kegiatan lingkungan.
User avatar
BayuW
nyubie
Posts: 60
Joined: Mon Jun 08, 2009 6:28 pm

Peduli Sungai Cikapundung

Postby BayuW » Tue Mar 16, 2010 12:02 pm

Pada hari Senin tanggal 15 Maret 2010 Telah dibentuk panitia Peduli Sungai Cikapundung dengan posisi sbb:

Ketua : Sondang
Sekretaris : Muron
Bendahara : Ocha
Perkap : Kiting, Memed
Transjin : Viddya, Ibnu, Rendi
Pubdok : Ellya, Tumingkel, angger
Acara : Eka, Anto, Diana
Danus : Dina, Dita
Konsumsi : Pari, Harland, Aji

Peduli Sungai Cikapundung adalah Serangkaian acara yang bertujuan memberikan dampak positif pada kebersihan dan pemeliharaan sungai cikapundung baik secara langsung ataupun tidak langsung

Tentang detail acara fix dll akan dibahas pada rapat mendatang tgl 17 Maret karena kemarin baru pembentukan panitia aja,semua divisi udh di kasih job desk masing2 buat rapat selanjutnya hari rabu.

Option rangkaian acara yang mungkin dilaksanain :
1. Penyuluhan ke SD-SD sekitar
2.buat tong sampah
3.pasang plank-plank
4.bersihin sungai secara nyata (gotong royong sama warga)
5.bikin tulisan ttg keadaan sungai
7.lomba desa terbersih (kasih reward)
8.bazar sembako
9.tanam pohon

Job desc :
1.ACARA : operasional fix,tanggal,content acara,timeline.
2.DANUS : mikirin cara nyari duit
3.transjin + humas : cari info ke warga,survey tempat
4.Pubdok : publikasi pra operasional mulai minggu depan
5.sekretaris : rancangan proposal
6.bendahara : kordinasi ma nak acara dana yg dibtuhin kira2 berapa
7.perkap : koordinasi ma nak acara ttg perkap yg dibutuhin.


klo mau ada saran-saran ttg jenis acara silahkan silahkan,,sangat ditunggu.
trims.

Tia
nyubie
Posts: 36
Joined: Sat Jun 20, 2009 5:07 pm

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Tia » Wed Mar 17, 2010 12:04 am

lapor...
hasil rapat internal panitia PEDULI SUNGAI CIKAPUNDUNG 2010

selasa,16 maret 2010 panitia ngadain rapat internal yang hasilnya :

*Wilayah yang bakal kita jangkau selama acara yaitu dari jembatan kali deket gerbanng depan STT (deket bundaran sukapura ) sampe jembatan sungai di Gang Demang.

* Rangkaian acara yang bakal dilaksanain antara lain :
1. LAYAR TANCAP – Sabtu, 17 April 2010
Pemutaran film yang diawali film pendek tentang lingkungan hidup. Film diselingi oleh iklan layanan masyarakat mengenai LH dan publikasi acara Bersih S. Cikapundung.

2. KAMPANYE INTERNAL – Kamis, 22 April 2010
Pemasangan Pita Biru di lengan seragam bagian kiri pada setiap mahasiswa IT Telkom tanda memperingati Hari Bumi. 1 orang Astacala – 4 mahasiswa.

3. KAMPANYE EKSTERNAL – Kamis, 22 April 2010
Door to door ke rumah warga sekitar S. Cikapundung (PGA-Sukabirus) untuk membagikan & menempelkan stiker Hari Bumi. 1 orang Astacala – 2 rumah warga.

4. LOMBA GAMBAR – Senin-Kamis, 19-22 April 2010
Lomba gambar bertemakan “Sungai Cikapundungku” bagi siswa SD, sekitar Sungai Cikapundung IT Telkom.

5. BERSIH SUNGAI CIKAPUNDUNG – Minggu, 25 April 2010
Kegiatan menyisir tepi Sungai Cikapundung u4/ memungut sampah sepanjang aliran sungai. Sepanjang perjalanan dilakukan pemasangan papan dan spanduk ajakan menjaga kebersihan sungai oleh mahasiswa bersama warga setempat. Setelah selesai membersihkan sungai, warga dan mahasiswa diarahkan menuju lapangan bola kampus u/ acara bazaar sembako, pengumuman pemenang lomba gambar, dan pembagian doorprize. Disediakan juga konsumsi yang “menyegarkan” untuk peserta. Akan diadakan juga aksi “1000 tanda tangan mendukung Dayeuh Kolot Bebas Banjir”.

* Rencana2 untuk perolehan dana antara lain :
1.Jual stiker yang isinya pesan-pesan menjaga lingkungan.
2,Jual kaos yang jg ada pesan2 utk lingkungan.
3.kerjasama sama Dinas Kebersihan buat pengadaan alat kebersihan.
4.Proposal-proposal ke yayasan lingkungan.

kalo ada ide-ide buat link kerjasama atau apapun deh yang bisa bikin acara semakin meriah n tetep kena ke tujuan awalnya mohon segera disampaikan ke panitia ya,,,

terima kasih.

Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Jimbo » Wed Mar 17, 2010 9:37 am

Proposalnya sudah jadi belum ya? Kalau sudah tolong kirim ke emailku juga ya

jimipiter@gmail.com

thanks.

Jimbo

Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Jimbo » Wed Mar 17, 2010 1:25 pm

Kawan-kawan di Sekre,

Senang rasanya, akhirnya ada kegiatan semacam ini. Bahwa tindakan untuk sungai Cikapundung tidak melulu hanya sekedar pekerjaan pasca bencana, tapi lebih baik kita beralih kepada tindakan pemecahan yang berujung pada menyeluruh.

Berbekal kegiatan yang akan dilaksanakan ini, saya mencoba diskusi dengan kawan-kawan saya yang juga konsen pada kegiatan semacam ini. Intinya mereka menyambut baik niat yang akan dilakukan oleh Astacala, dan mereka akan mendukung sebisa mungkin.

Tanpa bermaksud masuk terlalu jauh, saya ingin mengutarakan kesimpulan dari diskusi singkat kepada kawan-kawan saya untuk kegiatan yang akan dilakukan oleh Kawan-kawan di Sekre.

1. Sebaiknya dilakukan survey terlebih dahulu sebelum merancang kegiatan yang tepat.

Suvery ini bertujuan memetakan secara lebih detail, apa saja sebetulnya intervensi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas DAS Cikapundung. Hal ini juga akan berimplikasi pada kegunaan kegiatan yang akan kita rancang, sehingga tidak menimbulkan kegiatan yang kesannya asal jadi tapi tidak memenuhi sasaran.

2. Libatkan banyak orang (lembaga).

Ini tentunya juga sangat penting, sebab pemangku kepentingan yang berhubungan dengan DAS Cikapundung ini cukup banyak, misal LSM, Bapedalda, Dinas-dinas lain yang berhubngan.

Untuk kasus yang akan kita hadapi sekarang, menurut saya, akan lebih baik jika kita juga membagi informasi dengan teman-teman semacam LSM yang peduli terhadap lingkungan.

Untuk referensi, barangkali teman-teman dapat mengunjungi situs AMPL
http://digilib-ampl.net

Terima kasih

Jimbo

User avatar
Sapi
astacala.org maniac
Posts: 212
Joined: Tue Jun 27, 2006 9:31 pm
Location: Ciledug
Contact:

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Sapi » Wed Mar 17, 2010 1:57 pm

mari kita tunjukkan kalo astacala itu pecinta alam

tambahan buat panitia, bikin biopori di halaman rumah agar mempunyai resapan.

Tia
nyubie
Posts: 36
Joined: Sat Jun 20, 2009 5:07 pm

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Tia » Wed Mar 17, 2010 11:11 pm

hasil rapat malam ini Rabu,17 Maret 2010 :


Konsep utama pelaksanaan PEDULI SUNGAI CIKAPUNDUNG yaitu untuk waktu yang bertepatan sama hari BUMI ini kita konsentrasi ke penyuluhan dan penyampaian pesan supaya orang-orang gak buang sampah sembarangan. Trus untuk tindakan real yang sampai membersihkan SUNGAI Cikapundung kita bisa adakan di bulan-bulan berikutnya,jadi acara2 penyuluhan ini tuh buat awalan dulu ke kegiatan selanjutnya.

Jadi konsepan awal yang kita buat kemaren dimana pas HARI BUMI itu kita udah ngelakuin penyuluhan plus tindakan nyata untuk ngebersihin sungai di ganti dengan konsepan baru di atas.Pertimbangan ini di ambil karena dengan waktu yang singkat kita tetap bisa ngelaksanain kegiatan2 walaupun sdikit tapi fokus dan maksimal,trus untuk tindakan real pembersihan sungai bisa dipersiapkan lebih matang.

User avatar
Widi
astacala.org freak
Posts: 313
Joined: Sun Feb 15, 2009 11:27 pm
Location: Tangerang

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Widi » Wed Mar 24, 2010 8:57 am

kemarin saya bersama vidya di bagian humas dan perijinan melakukan sosialisasi ke RW-RW target kegiatan kita. dari ngobrol - ngobrol sama bapak - bapak RW setempat kami sempat menanyakan ke bapak RW kenapa warga setempat masih membuang sampah ke sungai. salah satu Bapak RW yang pekerjaanya di pembda sebenarnya sudah pernah mencarikan solusi dengan memanggil para pemungut sampah agar memunguti sampah - sampah di setiap rumah warga dengan hanya membayar 3000 rupiah. tapi warga lebih memilih membuang sampah ke sungai daripada membayar ongkos pemungutan sampah tersebut. kami menawarkan untuk pembuatan sampah fix di sekitar daerah tersebut, tapi hal itu kemungkinan besar sangat sulit dlakukan karena tidak ada lahan yang bisa dibuat untuk tempat sampah tersebut. dengan bercanda bapak RW memberi kesimpulan kalo mau menghentikan pembuangan sampah ke sungai, maka harus ada pemungut sampah sukarela memungut sampah para warga di setiap rumah dan kerjaan warga hanya tinggal duduk manis dirumah. dengan itu kemungkian besar pembuangan sampah di sungai bisa dihentikan. dari hasil sosialisasi tersebut saya sangat prihatin akan kesadaran warga setempat tentang bahayanya pembuangan sampah di sungai.
"Mystery of Society"

ASTACALA!!!
A-081-LP

User avatar
Jaymie
astacala.org freak
Posts: 269
Joined: Sun Jul 01, 2007 4:27 pm
Location: Jakarta Rocking City
Contact:

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Jaymie » Wed Mar 24, 2010 10:12 am

Sebagai langkah awal gimana kalo keadaan sekarang "Sungai cikapundung yang meluap" diliput, dibuat beritanya oleh panitia.....lalu dibuat berita himbauan kepada para masyarakat sekitar yang isinya berita tsb akibat dampak dari kebiasaan membuang sampah ke sungai, dll..ditambah dengan isu Biopori, tips n trick mengolah sampah...

kan sekarang semua warga sudah merasakan dampaknya...jadi mereka akan lebih gampang diberi masukan dan himbauan....

toh mereka mereka juga yang merasakan dampak dari perbuatan mereka yang notabene selama ini salah...
Mumpung alam sedang "Menegur"... Mungkin kita bisa mengambil kesempatan dari sini....

karena dari dulu, Banjir daerah Bandung selatan selalu terulang, dan kita hanya bisa melakukan tindakan "after it happen".....Sekarang mumpung ada panitia yang sudah terbentuk, tindakan persuasif dan preventif lebih tepat untuk dilakukan saat ini,,,,,,libatkan juga pihak kampus, gw yakin "dewa2" mau turut ambil bagian....

#panitia : C'mon guys...I know you can do it... :-$
# Sondang : Keluarkan sisi kreatif lo... , Loe punya tim Yang Solid Man, Gw tau itu :-$
#pari : Expresikan jiwa lo, !!! :-$
Waktu yang berjalan, tak kan pernah kembali lagi....

User avatar
BayuW
nyubie
Posts: 60
Joined: Mon Jun 08, 2009 6:28 pm

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby BayuW » Mon Apr 05, 2010 9:19 am

mana nih kok kaga ada kabarnya lagi disini???

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Bolenk » Tue Apr 06, 2010 5:50 pm

Last man standing..

User avatar
Jaymie
astacala.org freak
Posts: 269
Joined: Sun Jul 01, 2007 4:27 pm
Location: Jakarta Rocking City
Contact:

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Jaymie » Tue Apr 06, 2010 8:05 pm

Waktu yang berjalan, tak kan pernah kembali lagi....

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Bolenk » Wed Apr 07, 2010 4:01 pm

Last man standing..

User avatar
ada_ayis
astacala.org maniac
Posts: 212
Joined: Tue Aug 08, 2006 3:40 pm
Location: bandung
Contact:

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby ada_ayis » Thu Apr 08, 2010 10:14 am


User avatar
Afriyanto
astacala.org maniac
Posts: 115
Joined: Sat Jun 20, 2009 10:41 pm

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Afriyanto » Thu Apr 08, 2010 11:15 pm

balik maning nang laptop...

jadi mw mndeskripsikan khusus acara layar tancepnya neh...

rencana layar tancep diadain di lapangan bola kampus yg lokasinya strategis dijangkau mahasiswa yg bakal sliweran lewat depan kampus...
masyarakat desa juga gampang ngenalin klo ada acara layar tancep dsitu coz letaknya memang di depan kampus (bkal ada publikasinya juga sebelumnya)...
Intinya, diharapkan mahasiswa & masyarakat sekitar desa bisa banyak yg dateng...

Nah, disitu kita muter film (rencana c film Warkop) yg bkal bisa menarik perhatian massa...
Tapi not only film hiburan kayak gtu yg bkal kita tayangin, sebelumnya akan ada film dokumenter/video/slide yang berisi penyadaran, ajakan, dan solusi permasalahan yg menjadi fokus di kegiatan ini, yaitu pembersihan Cikapundung River...

Kalo biasanya acara penyadaran kayak gini dikemas melalui penyuluhan yg agak formal, kita disini datang menawarkan konsep acara yg agak berbeda...

acara udah deket ni, tapi ya biasa, dana masih kurang euy, hehehehe...
bwt tmen2 panitia laen, lebih smangat bro, aja...
:axe:

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Bolenk » Fri Apr 09, 2010 4:33 pm

Jangan lupa ngarung buat nyari dananya ya..itu loh,yg tanggal 18 April percis setelah UTS..koordinatornya siapa?"pelanggan" kita siapa?

ASTACALA!!!
Last man standing..

User avatar
Afriyanto
astacala.org maniac
Posts: 115
Joined: Sat Jun 20, 2009 10:41 pm

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Afriyanto » Tue Apr 13, 2010 10:56 am

6 Hari Lagi Menuju Peduli Cikapundung...

\:D/
ada lomba mewarnai u/ anak2 SD di tiga SD sekitar kampus, udah dpt 1 SD fix di Sukabirus u/ hari Senin jam8-10 pagi, dua SD yg laen masih menunggu konfirmasi...
Mereka akan mewarnai gambar bertemakan lingkungan yg kita sediakan...
Juara di masing2 SD akan mendapatkan hadiah bentuk barangnya yg masih dlm tahap pendiskusian panitia...


](*,)
akan dilakukan kampanye Hari Bumi oleh Panitia Peduli Cikapundung (Astacala) bersama perwakilan BEM dan ketiga Himpunan Mahasiswa (HIMATEL, HMIF, dan HMTI). Keempat elemen mahasiswa ini bersama-sama akan terjun ke perkampungan / rumah-rumah warga sekitar kampus u/ membagikan/menempelkan stiker Peduli Cikapundung. Satu orang membagikan 4 stiker.


:spam:
akan dilakukan kampanye Hari Bumi di dalam kampus. Kegiatan ini berupa pembentangan kain putih sepanjang koridor gedung B yang berjudulkan "Sekarang Hari Bumi (22 April) Lho... Apa Yang Akan Kita Lakukan Untuk Bumi Kita Tercinta?" Di media ini, seluruh mahasiswa akan diajak u/ menuliskan satu hal yg harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian bumi dari segala ancaman pengrusakan lingkungan. Seluruh massa di sekre akan dikerahkan pada kegiatan ini, makanya perlu banyak spidol ni, hehehee...

Nah, kain yang nantinya akan penuh sesak dengan tulisan2 berharga itu bukannya akan tanpa manfaat ke depannya. Kain itu dapat kita bentangkan lagi di kemudian hari (bsa di 3bulan berikutnya, 6bulan berikutnya, atau di Hari Bumi tahun2 mendatang) u/ mengingatkan kita apakah kita sudah melakukan hal yg telah kita tuliskan sendiri di kain keramat itu atau belum...

=D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D>
akan ada acara LAYAR TANCEP di depan gedung LC, udah dijelasin di postingan saya sebelumnya. Kepastian jadi/tidaknya acara ini menunggu rapat panitia besok Rabu 14/04/10 malem dikarenakan masih terkendala biaya. Informasi aja, pemutaran layar tancep ini membutuhkan dana setidaknya 700rb rupiah...

Makanya, besok malem ditunggu aja kabar terakhirnya...

Anto, div.acara, melaporkan...

Cgit Gonkz
Site Admin
Posts: 50
Joined: Wed Jun 18, 2008 8:00 pm

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Cgit Gonkz » Wed Apr 14, 2010 4:50 pm

usul pas layar tancap pilm "airku hidupku" di tanyangin bro...

User avatar
Sapi
astacala.org maniac
Posts: 212
Joined: Tue Jun 27, 2006 9:31 pm
Location: Ciledug
Contact:

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Sapi » Thu Apr 15, 2010 4:48 pm

Uang 50.000 divisi lingkungan hidup itu dipake aja ke acara ini. lumayan buat nambah2. kalo ga salah uangnya masuk ke laci DU

Tia
nyubie
Posts: 36
Joined: Sat Jun 20, 2009 5:07 pm

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Tia » Tue Apr 20, 2010 12:11 am

Laporan rangkaian acara Peduli Sungai Cikapundung

Selasa 20 April 2010
Besok akan diadakan penyuluhan ke 2 buah SD yaitu
-Pukul 07.30 ==> SD Sukabirus Jl.Raden Arga untuk siswa kelas 1 SD
-pukul 12.30 ==> SD Lengkong untuk siswa kelas 4 SD

rincian acara dimulai dengan penayangan slide ttg kebersihan lingkungan dan cara-cara menjaga kebersihan sungai yang dikemas full colour dan full gambar, menarik dan cocok untuk anak- anak SD.Semua panitia harus bersikap interaktif dengan semua murid.Setelah itu dilanjutkan dengan lomba mewarnai (kertas gambar udah disediain panitia) selama 1 jam.Pengumuman pemenang (2 orang untuk setiap SD) akan diumuman seminggu kemudian.
Selain itu selama penyuluhan ada juga quis-quis kecil dgn hadiah makanan ringan untuk 2 org siswa yg bs jawab pertanyaan panitia.


Rabu,21 April 2010
masih dilaksanakan penyuluhan seperti hari selasa untuk SD Zipur pukul 12.30 WIB (siswa kelas 3 SD) .semua rangkaian acara dilaksanakan sama kya hari selasa.
Selain itu sebagian panitia yang lain akan membagikan stiker secra gratis ke warga2 sekitar STT Telkom.

Kamis 22 april 2010

Kampenya internal di kampus.Acara yg mau dilakuin sama kya penjelasan Anto di postingan sebelumnya..bakal ada tulis smacam testimonial bwt mahasiswa.trus untuk stiap mahasiswa yg nulis bakal dapet pita hijau dan di instrukskan bwt di pake selama 1 hari itu.selain yg nulis td,,panitia jg bagiin pita nya ke mahasiswa2 lain di kelas atau dimanapun.

Sabtu 24 april 2010
ada acara layar tancep nih,,,film yg bakal di puter itu ada 3 film harganya 650 rb (bersih),film yang dpilih itu Warkop,Kabayan dan Rhoma Irama. 1 film berdurasi 1 jam 15 menit.Tempatnya kmungkinan di sekitar LC.nah ntar di awal pemutaran film nya bakal di awali sama pemutaran video rekaman kondisi banjir di sekitar dayeuh Kolot baru-baru ini.setidaknya maksudnya untuk ngasih fakta langsung ke warga tentang akibat gak jaga kebersihan sungai. trus ntar juga mau ditambahin pemutaran "Airku Hidupku".

jadi itu deh rangkaian acara yang bakal di lakuin dalam minggu ini,,mudah-mudahan semuanya lancar,,amiiiinnnn.


masalah dana,,,sekarang masih diusahain dgn jual stiker ke dosen-dosen,Jualan snack-snack ringan di lab-lab,jualan baju bekas n makanan hari minggu kemaren dapet 90 ribu (alhamdulilah),trus jual minuman2 numpang d kulkas DU.

Uangnya masih kurang banyak,,jd ntar mau diusahain buat bkin acara arung jeram buat mahasiswa.

saya kira cukup sekian laporannya.ntar kalo ada yang kelupaan ditambahin.

Baby
activist astacala.org
Posts: 81
Joined: Mon Jun 02, 2008 12:08 pm
Location: bandung

Re: Peduli Sungai Cikapundung

Postby Baby » Fri Apr 23, 2010 8:09 pm




dateng donk pada ke sekre ASTACALA...

filmnya ntu:
1 WARKOP DKI : Pencet Sana Pencet Sini
2 Kabayan : Kabayan dan Gadis Kota
3 Om Rhoma Irama ( goyang mas) : Jaka Swara

buat orang2 yang ngerasa film nya pas sama umurnya arap datang yak....
"ketika kita memiliki waktu luang untuk 1 orang mengapa kita tidak memberi waktu luang untuk semua orang"


Return to “Lingkungan”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests