Longsor Ciwidey

Opini, liputan, laporan kegiatan lingkungan.
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Longsor Ciwidey

Postby Adek » Wed Feb 24, 2010 2:06 pm

innalillahi wainnalillahi rojiun..
tolong kawan - kawan dibandung cek bagaimana kabar terakhirnya.. beritanya masih evakuasi dan pencarian korban

---------------
http://berita.liputan6.com/sosbud/20100 ... .Tertimbun
Liputan6.com, Bandung: Bencana tanah longsor melanda kawasan Kecamatan Pasirjambu, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/2) pagi. Sekitar 60 orang warga yang bermukim di sekitar Perkebunan Dewata, Desa Tenjolaya Kecamatan Pasirjambu, dilaporkan tertimbun longsoran, dan empat di antaranya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Keempat korban, tiga dewasa dan seorang anak," kata Kapolres Bandung, AKBP Imran Yunus, saat berada di lokasi longsor, Pasirjambu. Menurut Kapolres, jumlah korban sementara yang dilaporkan sebanyak 60 orang yang tertimbun tanah longsoran yang berasal dari bukit di atas perkampungan warga. Peristiwa longsor yang terjadi sekitar pukul 08:00 WIB itu, telah menimbun sekitar 30 rumah penduduk.

Kabar musibah longsor ini baru bisa diketahui pada siang hari, mengingat lokasi kejadiran berjarak 60 km dari Kota Bandung, dan membutuh tiga jam perjalanan dari Kota Kecamatan, Pasirjambu. Hingga berita ini disusun, tim SAR masih terus melakukan evakuasi, untuk mencari korban yang tertimbun. Tim juga menemui kesulitan, mengingat lokasi longsor berada di kawasan perkebunan teh, dengan medan yang cukup berat. (ETA)
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

User avatar
Jaymie
astacala.org freak
Posts: 269
Joined: Sun Jul 01, 2007 4:27 pm
Location: Jakarta Rocking City
Contact:

Re: Longsor Ciwidey

Postby Jaymie » Wed Feb 24, 2010 3:09 pm

tadi dapet info dari sekre...uda ada tim yang berangkat kesana....
ntar sore mw tambah 1 tim.....
Waktu yang berjalan, tak kan pernah kembali lagi....

User avatar
Pien
nyubie
Posts: 33
Joined: Tue Jun 09, 2009 6:48 pm

Re: Longsor Ciwidey

Postby Pien » Wed Feb 24, 2010 4:56 pm

untuk bencana longsor di ciwidey, hari selasa mengirimkan 1 tim buat assesment(cirit n muron),
tp dr tim assesment belum ada kabar, akhirnya td pagi, rabu pukul 11.00 wib diturunkan 1 tim lagi(engkong,vidya,babi,ocha),,
rabu sore(17.00) juga akan dikirimkan 1 tim lagi.

User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 528
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Re: Longsor Ciwidey

Postby Gejor » Wed Feb 24, 2010 8:33 pm


User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Longsor Ciwidey

Postby Adek » Thu Feb 25, 2010 4:18 pm

“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

Engkong
nyubie
Posts: 64
Joined: Thu Jun 28, 2007 2:47 pm
Location: JKT - CLD
Contact:

Re: Longsor Ciwidey

Postby Engkong » Fri Feb 26, 2010 6:26 pm

Semua tim yang berada di lapangan telah kembali ke sekre semua hari ini..
melihat kondisi terakhir disana yang sudah banyak turunnya personil ke tempat longsor.

hari pertama seperti yang telah diposting blie gejor tim menginduk ke posko TAGANA dengan mendirikan pleton dan dapur umum untuk pengungsi yang masih berada di lokasi longsor.

hari kedua tim turun ke lokasi longsor berniat untuk berkordinasi lanjutan dengan korlak dan SC bencana, karena setelah dari TAGANA tim diberi kebebasan untuk dapat membantu di bagian yang kira2 dibutuhkan. Setelah mendaftarkan anggota tim ke korlak bencana, tim saya bagi menjadi 3 orang di DU PMI dan 7 orang ke tempat longsor berniat untuk membantu proses evakuasi. Di tempat longsor saya bertemu dengan SC bencana yaitu kang Soma. Tim diberi tugas untuk menyusuri jalan air, karena banyak air di rumah2 penduduk yang tidak jalan akibat tertimbun longsor. Tim berhasil mengalirkan 3 saluran air yang tersumbat.

Melihat kondisi di lapangan yang seperti itu dengan proses evakuasi telah banyak dilakukan oleh TNI dan POLRI dan sudah adanya 3 Dapur Umum yaitu PMI, TNI, dan TAGANA maka saya putuskan untuk menarik semua tim hari ini. Memang tim kemarin bingung dengan tdak adanya induk yang jelas untuk kita dapat turun di bencana ini. Awalnya memang tim berinduk ke TAGANA,karena memang kita melakukan kontak pertama dengan tim ini. Tapi setlah tiba dsana, TAGANA seperti melepas kita sehingga tim pun bergerak bebas dan mencari kordinasi sendiri dengan korlak dan SC setempat.

Ada saran mungkin kita tidak perlu menyumbang tenaga dan sebaiknya fokus di tenda2 pengungsi yang membutuhkan bantuan. Karena memang di lokasi longsor hampir semua penduduk telah diungsikan dan bantuan serta DU yang dibuat disana hanya untuk menampung relawan2 yang turun ke lapangan.
Informasi yang saya dapat:
Jumlah pengungsi kurang lebih 200 jiwa dtempatkan di Perk. Teh Negara Kanaan Ds. Indragiri Kec. Rancabali (kurang lebih 100 jiwa) dan sisanya dititipkan di rumah2 karyawan yang tdk terkena musibah serta ditempatkan di tenda2 pleton.

mungkin itu dulu yang saya laporkan..laporan dan perkembangan selanjutnya akan saya kabari selanjutny..
thx..


Return to “Lingkungan”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests