Banjir Dayeuhkolot

Opini, liputan, laporan kegiatan lingkungan.
User avatar
Widdha
astacala.org maniac
Posts: 123
Joined: Sat Feb 17, 2007 11:38 pm

Banjir Dayeuhkolot

Postby Widdha » Thu Feb 18, 2010 7:43 pm

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa didaerah DK adalah daerah yang rawan akan banjir apalagi selama beberapa waktu ini hujan terus turun. di daerah sekitar kampus juga terkena banjir, tepatnya didaerah RW 13 SKB RT 3,4,5,7.
Tim tanggap bencana IT Telkom memegang daerah tersebut saat ini.

info:
1. korban yang terkena banjir sebanyak 43 KK.
2. Bantuan didapat dari sumbangan mahasiswa IT TElkom dan sisa dana tanggap bencana sebelumnya.
3. bantuan yang akan diberikan berupa sembako karena dari hasil survey, masyarakat masih bisa memasak.
4. bantuan telah di packing dan akan didistribusikan besok, jumat, 19 feb 2010

User avatar
limasembilan
astacala.org addict
Posts: 476
Joined: Tue Oct 25, 2005 10:58 pm
Location: Desa Terakhir
Contact:

Re: Banjir DayeuhKolot

Postby limasembilan » Fri Feb 19, 2010 11:14 am

lokasinya hanya sekian puluh meter dari rumah kita sendiri..

Semoga rekan2 di sekre dan di luar bisa turut aktif membantu korban.
Kira-kira perahu bisa direalisasikan sekarang ngga ya. Bisa buat bantu distribusi bantuan logistik.

User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 528
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby Gejor » Fri Feb 19, 2010 3:29 pm

Tadi dapat informasi dari milis intern di XL bahwa ada 3 RW yang terisolasi karena belum ada bantuan di sana.

Alamatnya :
Kampung Cilisung
Jl. Tubagus Anom Depan Gudang Dolog Dayeuhkolot Bandung

Kebutuhan : perahu karet untuk relokasi dan makanan.

Mungkin informasi ini bisa diteruskan kepada tim Astacala atau tim lain untuk bisa ditindaklanjuti.

User avatar
Widdha
astacala.org maniac
Posts: 123
Joined: Sat Feb 17, 2007 11:38 pm

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby Widdha » Sat Feb 20, 2010 8:10 am

1. b'gejor : udah wd sampaikan informasi itu ke tim,...dan mendapatkan info bahwa kemarin sore evakuasi masih dilakukan sampai daerah RW 2 atau belum sampe ke daerah cilisung karena keterbatasan perahu.


2. bantuan ke daerah SKB blum disampaikan, karena banjir masih menggenang, sehingga masyarakat tidak berada pada rumahnya masing-masing (kebanyakan ditempat saudaranya).

3. tim sekarang konsen membantu di Dayeuh kolot, daerah zipur.
bantuan yang diberikan berupa logistik, dan bantuan tenaga untuk menghandle evakuasi dan DU.

Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby Jimbo » Sat Feb 20, 2010 8:49 am

Saudara-saudara semua...tanpa bermaksud mengecilkan nilai jerih payah yang sedang dilakukan oleh rekan-rekan di Sekre saat ini. Saya ingin mengukapkan kembali apa yang pernah dulu sempat kita bahas.

Saya ke STT (dulunya) tahuan 99, dan seingat saya hampir setiap tahun Dayeuhkolot selalu mengalami kejadian banjir. Sekarang sudah tahun 2010, artinya sudah sepuluh tahun lebih. Banjir, banjir dan banjir lagi.

Yang kita lakukan selama ini adalah bikin tim siaga bencana, terus melakukan bantuan-bantuan. Ya begitulah setiap tahun. Ada mungkin beberapa langkah lain, seperti penghijauan, terus membuat film tentang air (banjir ini), mugnkin juga diskusi-diskusi sekitar lingkungan.

Kemarin sore, saya juga lihat di tv, ada aparat Pemda Bandung yang sedang melakukan peninjauan.

Pikiran saya: ALANGKAH BODOH KITA INI, SUDAH BERTAHUN-TAHUN KEJADIAN SERUPA KITA HADAPI, DAN YANG KITA LAKUKAN TIDAK PERNAH BERANJAK DARI YANG ITU-ITU JUGA.

Sewaktu Musang beberapa waktu yang lalu, saya sempat melontarkan wacana untuk melakukan tindakan yang lebih dari sekedar penanggulangan seperti yang kita lakukan selama ini. Target akhirnya adalah SOLUSI MENYELURUH DAN MENYELESAIKAN.


Ada komentar????

salam

Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby Jimbo » Sat Feb 20, 2010 8:52 am

barangkali untuk sekedar mempelebar wacana, berikut saya sertakan link-link terkait




masboy
nyubie
Posts: 39
Joined: Sat Dec 18, 2004 10:07 am

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby masboy » Sat Feb 20, 2010 2:41 pm

BTW, burung hantu pernah mengabarkan bahwa ada dana sekitar 20jt untuk beli perahu. gimana perkembangannya?


100 anggota masak g bisa dapet 10 jt.


:axe: :axe: :axe: pengurus......!!!!

buat kek, running text atau iklan di halaman paling depan .org iklan kaya di situs2 berita online gitu.

maaf saya gatek jd kurang tahu istilahnya, jd hanya bisa kasih saran sj.

:spam:

bli gejor, kalo pengurus lambat, ambil alih sj kesempatan penayangan iklan ini. sp tahu ntar ada iklan produk tertarik juga. kan lumayan buat nambah2....

masboy
nyubie
Posts: 39
Joined: Sat Dec 18, 2004 10:07 am

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby masboy » Sat Feb 20, 2010 2:50 pm

buat masalah banjir, penanganannya butuh effort yg besar.
buka kebun teh di puncak sj, kumpeni sampai2 mikirin buat banjir kanal di jakarta. ini karena mereka tahu batavia memang daerah rawan banjir. padahal, pondok indah itu dulu masih tempat jin buang hajat.

lha.... kalo bandung sekarang....
Bandung bagian utara kalau dilihat dari lantai 3 gedung A sj dah ketahuan warnanya coklat. harus buat apa ya?
harus buat bendungan atau waduk dayeohkolot x ya

:-k :-k :-k

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby Adek » Mon Feb 22, 2010 9:15 am

“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

Bedjat
activist astacala.org
Posts: 85
Joined: Tue Sep 27, 2005 11:32 pm
Location: Nomaden
Contact:

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby Bedjat » Mon Feb 22, 2010 9:55 am


User avatar
Widdha
astacala.org maniac
Posts: 123
Joined: Sat Feb 17, 2007 11:38 pm

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby Widdha » Mon Feb 22, 2010 7:51 pm


Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby Jimbo » Tue Feb 23, 2010 7:50 am


masboy
nyubie
Posts: 39
Joined: Sat Dec 18, 2004 10:07 am

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby masboy » Tue Feb 23, 2010 11:05 pm

buat pengurus, gimana saran tarikan dana buat para anggota Astacala yg terhormat?

smsin sj ato buat thread baru di fordis khusus ini. paling g dah ada satu langkah dibuat.


8)

kl g ada yg nyumbang,.......

namaya jg usaha.

Doni
astacala.org maniac
Posts: 121
Joined: Tue Feb 15, 2005 8:42 am
Location: Madiun

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby Doni » Wed Feb 24, 2010 8:24 am


User avatar
Widdha
astacala.org maniac
Posts: 123
Joined: Sat Feb 17, 2007 11:38 pm

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby Widdha » Wed Feb 24, 2010 11:39 am


User avatar
Widdha
astacala.org maniac
Posts: 123
Joined: Sat Feb 17, 2007 11:38 pm

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby Widdha » Wed Feb 24, 2010 11:44 am

untuk daerah SKB dan sekitarnya telah terkendali...
sekarang, tim berkonsentrasi ke daerah ciwidey yang terkena tanah longsor...
beberapa orang telah dikirimkan.
karena jaringan telpon tidak stabil, kemungkinan tim akan bolak-balik untuk memberi hasil assesment.

User avatar
limasembilan
astacala.org addict
Posts: 476
Joined: Tue Oct 25, 2005 10:58 pm
Location: Desa Terakhir
Contact:

Re: Banjir Dayeuhkolot - UPDATE 20 MARET 2010

Postby limasembilan » Mon Mar 22, 2010 12:35 pm

all,

Saat ini (20 Meret 2010) kembali Dayuehkolot dilanda banjir. Kali ini cukup besar sehingga pos dapur umum yang semula berlokasi di kantor kecamatan dayeuhkolot turut tergenang. Dapur umum hingga siang ini sedang dipindahkan ke kampus ITTELKOM. Logistik disiapkan untuk kebutuhan 700-800 orang.

Sementara itu tim Astacala berkoordinasi dengan badan tanggap bencana ITTELKOM dan PMI sedang mengevakuasi warga yang masih terjebak banjir di kelurahan Pesawahan menggunakan perahu karet. Dari berita di lapangan, warga yang terjebak banyak tersebar di desa Citepus, Pesawahan.

Di kawasan Pesawahan sendiri telah ada total 3 perahu karet dan beberapa perahu sampan kecil. Astacala juga telah menambah 6 unit pelampung untuk mendukung evakuasi.

Contact person:
Wisnu : 085624895026 (lapangan)
Ellya : 022 92523716 (kampus)

PICS:
Attachments
IMG_1106_resize_resize.JPG
IMG_1106_resize_resize.JPG (71.41 KiB) Viewed 11538 times
IMG_1111_resize_resize.JPG
IMG_1111_resize_resize.JPG (74.17 KiB) Viewed 11538 times
IMG_1117_resize_resize.JPG
IMG_1117_resize_resize.JPG (79.23 KiB) Viewed 11538 times

Cgit Gonkz
Site Admin
Posts: 50
Joined: Wed Jun 18, 2008 8:00 pm

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby Cgit Gonkz » Thu Mar 25, 2010 12:49 pm

Banjir tahun 2010 ini kata orang - orang banjir terbesar setelah tahun 1986,, kesimpulan sudah 24 tahun lamanya banjir gak ada solusinya... dan yang membuat miris pas kemarin lagi evakuasi ngliat dengan mata kepala masih ada juga orang yang buang botol aqua dan sampah plastik dengan seenaknya kebanjir,, dan disitu juga saya liat perahu - perahu evakuasi dari pemerintah dijadikan sarana untuk mencari duit bagi sebagian orang.. dan kayaknya itu udah menjadi hal yang sudah sangat biasa bagi mereka..

User avatar
limasembilan
astacala.org addict
Posts: 476
Joined: Tue Oct 25, 2005 10:58 pm
Location: Desa Terakhir
Contact:

Re: Banjir Dayeuhkolot

Postby limasembilan » Thu Mar 25, 2010 3:15 pm

Adakah peta genangan banjir tahun ini?

Saya rasa, kita Astacala perlu punya dokumentasi untuk tanggap bencana ini.

Usul aja, kalo sempat kalian bikin dokumentasinya selengkap-lengkapnya. Beberapa data sudah dirintis oleh KSR bisa dipakai juga mungkin. Dilengkapi dengan peta persebaran genangan, kalo perlu ngetrack pake GPS naik perahu ke tiap ujung genangan air.

Data ini nantinya bisa dipergunakan dalam proposal dan laporan kegiatan peduli Cikapundung dan program lainnya, juga untuk menentukan parameter keberhasilan program itu. Misal pada tahun 2010 luasan banjir mencapai sekian meter persegi, nah setelah program itu berjalan sekian tahun genangan tinggal sekian meter persegi.

Juga kedalaman genangan air, kalo bisa dengan ukuran pasti.. tidak dengan ukuran setinggi leher atau dada orang dewasa lagi. Data semacam ini bakal terpakai nantinya. Jadi kalo sempat ya diusahakan.

Ada yang ingin menambahkan atau mengurangi, silakan... atau data itu udah ada?
baguslah... keep up the good work


Return to “Lingkungan”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests