Gempa Sumatra Barat

Opini, liputan, laporan kegiatan lingkungan.
User avatar
limasembilan
astacala.org addict
Posts: 476
Joined: Tue Oct 25, 2005 10:58 pm
Location: Desa Terakhir
Contact:

Gempa Sumatra Barat

Postby limasembilan » Thu Oct 01, 2009 9:42 am

Mungkin telat, tapi ngga basi.
Telah terjadi gempa berkekuatan 7.6 SR di pantai barat Sumatra, sekitar Padang Pariaman. Kerusakan di daerah Padang Pariaman, Kota Padang, dan daerah lain di sekitarnya.


Wednesday, September 30, 2009 at 05:16:09 PM at epicenter
0.789°S, 99.961°E

Update info lain, rencana pengiriman bantuan dan relawan, kontak person, dan lain lain silakan di-post disini.

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby Adek » Thu Oct 01, 2009 12:08 pm

sekedar share kondisi, semenjak gempa semua komunikasi dengan keluarga terputus kecuali dengan xl, flexi dan telepon rumah.

keluarga besar gw (ayah, ibu, adik laki2, kakek, nenek di ulak karang, tepi pantai) tidak bisa dihubungi, hingga pukul 23 malam. telpon rumah yang msh bisa nyambung akhirnya diangkat, ternyata semua keluarga memang tidak berani masuk rumah krn memutuskan untuk menunggu kondisi aman di pekarangan depan.

alhamdullilah tidak ada korban jiwa, kondisi rumah retak2, dan tidak memutuskan untuk mengungsi / menginap di mobil. ga bisa dapat kabar lebih banyak, krn telepon terputus beberapa detik kemudia

jalan kota padang sempat macet total oleh orang berlarian, mobil dan motor menyelamatkan diri ke daerah lebih tinggi. kemacetan berhenti setelah malam.

jalan lintas silaing : padang panjang - padang putus oleh longsoran batu besar, alhamdullilah dr pembicaraan telp singkat tadi malam dapat kabar nyokap gw baru saja tiba dirumah, mengingat kantor beliau di batusangkar yang notabene melewati silaing, gw blom tau apa nyokap melewati silaing sebelum longsor ato memutuskan memutar ke solok.

keluarga di gunung pangilun (relatif jauh dari pantai) blom bisa dihubungi, tapi update info dari tetangga, lingkungan disana aman.

keluarga di pariaman (yg paling dekat dengan pusat gempat) blom dapat info apa2, menurut berita lbh banyak rumah hancur disana.

padang dilanda hujan lebat sejak sesaat setelah gempa hingga pagi ini (01.10.2009) dan belum ada pasokan listrik.

so far, update dari lapangan tampaknya 90 % kota padang berantakan, banyak toko, hotel, rumah ancur. dan diperkirakan jumlah korban akan terus bertambah, mengingat kemungkinan tertimbun reruntuhan sangat besar.
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby Adek » Thu Oct 01, 2009 1:20 pm

diambil dari website :

Sampai dengan saat ini, pukul 11.30 WIB jumlah korban meninggal akibat gempa yang terjadi di Sumatera Barat kemarin berjumlah 220 orang dengan rincian 144 orang (dengan 41 orang telah teridentifikasi) di Kota Padang, 62 orang di Kabupaten Padang Pariaman dan 14 orang di Kota Pariaman.

Dilaporkan pula korban luka berjumlah ± 168 orang lebih dan sebagian telah dievakuasi ke rumah sakit dan diperkirakan masih akan terus bertambah. Dan ribuan orang masih terhimpit di sejumlah bangunan, diantaranya di wilayah Marapalam Padang, reruntuhan Adira Finance Sawahan, reruntuhan ruko di Sawahan, reruntuhan ruko di Simpang Haru, di mesjid Nurul Imam Padang, Apotik Sari depan Nurul Imamn, Gedung Gama, BII sudirman, PT. AGD di Bypass Padang.

Selain korban sejumlah besar gedung bertingkat di Kota Padang mengalami rusak berat hingga ambruk diantaranya :

* Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Sumatera Barat (ambruk)
* Geduk Suzuki Sawahan (ambruk)
* 5 unit ruko Sawahan (ambruk)
* Hyundai Sawahan (ambruk)
* LB LIA Padang (ambruk)
* Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Prov Sumbar (ambruk)
* Hotel Ambacang (ambruk)
* Toko Makanan Shirley (ambruk)
* SD AGNES di Jalan Gereja (ambruk)
* SDN 30 (ambruk)
* Dealer Kapela Medan (ambruk)
* Kantor CTA (ambruk)
* PT. AGD Bypass (ambruk)
* Gedung Kuantum (ambruk)
* Kantor Adira Finance (ambruk)
* Gedung Bunda Jaya, Ulak Karang (ambruk)
* Mulya Elektronik (ambruk)
* 6 unit ruko di simpang haru (ambruk)
* 4 unit ruko di wilayah bypass (ambruk)
* Gedung proton (ambruk)
* Gedung LP3I (ambruk)
* Pengadilan Negeri Siteba (ambruk)
* Balai Kota Padang (rusak berat)
* Matahari Dept. Store (rusak berat)
* Plaza Andalas (rusak berat)
* Sentral Pasar Raya Padang (rusak berat)
* Bank Indonesia (rusak berat)
* Bappeda Provinsi Sumbar (rusak berat)
* Hotel Ina Muara (rusak berat)
* DPRD Kota Padang (rusak berat)
* DPRD Prov Sumbar (rusak berat)
* PJKA (rusak berat)
* Rumah makan lamun ombak (rusak berat)
* Pasar Simpang haru (rusak berat)
* Mesjid Muhammadiyah Simpang Haru (rusak berat)
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby Adek » Fri Oct 02, 2009 8:37 am

update info gempa padang :

Berdasarkan data terakhir dari Posko Penanganan Bencana di Kantor Gubernur Sumatera Barat, Jumlah korban tewas di Kota Padang mencapai 197 orang, luka berat 50, luka ringan 1.590 orang. Kota Padang merupakan daerah terparah akibat gempa.

Sedangkan data dari Satuan Koordinasi dan Pelaksana Penanganan Bencana Sumatera Barat, Kamis (1/10) hingga pukul 13.00 WIB, jumlah korban diseluruh provinsi Sumatera Barat --diluar Kota Padang-- mencapai 224 orang tewas.

Sehingga total mencapai 421 korban tewas.

Kabupaten Padang Pariaman, korban tewas 154 orang, luka berat 25, dan luka ringan 500.
Bukittinggi korban tewas 7 orang.
Kabupaten Pesisir Selatan tewas 4 orang, dan luka berat 8 orang.
Kabupaten Solok terdapat korban tewas 2 orang.
------
Untuk masyarakat umum,
Garuda pada tanggal 2 dan 3 Oktober akan menggunakan pesawat Airbus A-330 dengan kapasitas 260 tempat duduk, dengan jadwal:
GA-1602 berangkat dari Jakarta pukul 13.00 WIB sampai Padang 14.40 WIB
GA-1612 berangkat dari Padang pukul 15.40 WIB sampai Jakarta 17.20 WIB
Untuk penerbangan ke Padang tersebut, Garuda menetapkan harga tiket di kelas L (menengah), bahkan penerbangan Padang ke Jakarta, Garuda menetapkan harga 50 ribu di luar fuel surcharge dan tax,
---------
Untuk Relawan / Medis / Reporter :
penerbangan gratis air asia , buka linknya di http://www.airasia.com/site/id/id/press ... 0-e435d737 atau telp ke ph: +62-21-5594555 ext 2560

Garuda juga menyediakan layanan angkut gratis untuk bantuan medis dan bantuan lainnya ke Padang. Bagi relawan dan wartawan yang ingin melakukan peliputan ke Padang, Garuda juga menyediakan potongan 50% dengan hanya menyerahkan fotokopi kartu identitas.
-------

Informasi dari 11.415MHz USB:
SAR PADANG 0751 484533.
TNI PADANG 0751 28718.
KOGAMI 0751 7860280.
SATKORLAK PADANG 0751 812550.

Frekuensi VHF (2 meter) di Padang menggunakan Frekuensi 143.400 MHZ

No. Telepon Crisis Center Kota Padang 0751 812 878 <> Hot Line 0751 9824971
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

Gepeng
astacala.org maniac
Posts: 177
Joined: Wed May 24, 2006 8:17 am
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/vendor/twig/twig/lib/Twig/Extension/Core.php on line 1236: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable

Re: Gempa Sumatra

Postby Gepeng » Fri Oct 02, 2009 8:47 am

welcometothejungle....

sekre ada rencana gerak ke padang ? kapan?

viva ASTACALA
honje26

User avatar
limasembilan
astacala.org addict
Posts: 476
Joined: Tue Oct 25, 2005 10:58 pm
Location: Desa Terakhir
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby limasembilan » Fri Oct 02, 2009 9:07 am


User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby Adek » Fri Oct 02, 2009 10:26 am

“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby Adek » Fri Oct 02, 2009 11:14 am

barusan dapat kabar,
penerbangan gratis dari air asia tanggal 4 sudah habis, tinggal kemungkinan tiket murah dengan garuda.

saya sedang mencari informasi pemberangkatan relawan dengan hercules, tadi dapat kabar klo kawan2 MAPALA MAHESA UMT yang berangkat dengan pesawat itu dan membuka posko di padang.

juga ada informasi pos 9 Kolinlamil Tanjung Priok mengadakan tampungan untuk bantuan Korban Gempa Sumbar...Ada pemberangkatan Kapal untuk Logistik dan Relawan..untuk yang serius mo berangkat dan belum dapet sarana transportasi
bisa langsung menghubungi Kolinlamil Pos 9 Tanjung Priok..

---
http://news.okezone.com/read/2009/10/02 ... at-bantuan

"Kondisi terparah antara Sungai Limau dan Pariaman. Salah satunya Desa Tandikek, hanya tujuh keluarga yang selamat dari 50 keluarga. Sedang yang lainnya hilang tertimbun longsoran bukit. Tapi sampai jam 2 dini hari tadi belum ada bantuan apa-apa," jelas Nofrins Napilus, salah seorang fotografer yang meliput di sana kepada okezone, Jumat (2/10/2009).
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

Gepeng
astacala.org maniac
Posts: 177
Joined: Wed May 24, 2006 8:17 am
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/vendor/twig/twig/lib/Twig/Extension/Core.php on line 1236: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable

Re: Gempa Sumatra

Postby Gepeng » Fri Oct 02, 2009 2:22 pm

welcometothejungle....

mana ni dp astacala yang terhormat??? Udah ndak usah banyak mikir, batalin ALA semua bergerak ke padang aja, tolong yang ada kontak ke sekre ajukan usulan saya ini

viva ASTACALA!!!
honje26

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby Adek » Fri Oct 02, 2009 2:26 pm

Last edited by Adek on Fri Oct 02, 2009 2:28 pm, edited 1 time in total.
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

Doni
astacala.org maniac
Posts: 121
Joined: Tue Feb 15, 2005 8:42 am
Location: Madiun
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/vendor/twig/twig/lib/Twig/Extension/Core.php on line 1236: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable

Re: Gempa Sumatra

Postby Doni » Fri Oct 02, 2009 2:27 pm

setuju....
Dalam kondisi seperti ini, rasanya ALA harus ditunda...
Berangkat pun tidak tenang

Adek mau pulang ke Padang?

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby Adek » Fri Oct 02, 2009 2:30 pm

“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

Gepeng
astacala.org maniac
Posts: 177
Joined: Wed May 24, 2006 8:17 am
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/vendor/twig/twig/lib/Twig/Extension/Core.php on line 1236: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable

Re: Gempa Sumatra

Postby Gepeng » Fri Oct 02, 2009 2:34 pm

welcometothejungle

kalo emang DP ndak ada nyali, kampus jg birokratis, ambil aja siapa yang sanggup jd koordinator. Seperti aceh dulu, langsung saya ambil alih, cari dana pemberangkatan kesanakemari sendiri terutama ke alumni, bawa anak2 yang sanggup, langsung ke halim atau tanjung priok, bikin aja surat jalan atas nama ASTACALA, yang lainnya diurus belakangan. Saat ini gue ndak bisa ngoordinir dek, coba siapa yang sanggup, saya siap bantu apa yang saya bisa...

viva ASTACALA
honje26

Doni
astacala.org maniac
Posts: 121
Joined: Tue Feb 15, 2005 8:42 am
Location: Madiun
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/vendor/twig/twig/lib/Twig/Extension/Core.php on line 1236: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable

Re: Gempa Sumatra

Postby Doni » Fri Oct 02, 2009 2:58 pm

Kalau mau pulang, kabar2 ya dek...

User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 528
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby Gejor » Fri Oct 02, 2009 3:13 pm

Barusan ngariung bersama DP dan penghuni sekre.
Diputuskan bisa berangkat sebagai relawan 3 orang. Acong (KA), Petong (AU), dan satu oknum yang tidak mau disebutkan namanya.

Kordinasi ke BEM dan institusi menyusul kemudian.
Minta tolong kordinasi prosedur pemeberangkatan relawan dan tiket terbang ke padang.
Malam ini 2 pasukan siap berangkat.

User avatar
limasembilan
astacala.org addict
Posts: 476
Joined: Tue Oct 25, 2005 10:58 pm
Location: Desa Terakhir
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby limasembilan » Fri Oct 02, 2009 3:18 pm

Ada tim dari sekre siap berangkat.
Mungkin hanya tim dan perlengkapan seadaanya, blm dgn logistik dan dapur umum.

CP: Widdha

Gepeng
astacala.org maniac
Posts: 177
Joined: Wed May 24, 2006 8:17 am
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/vendor/twig/twig/lib/Twig/Extension/Core.php on line 1236: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable

Re: Gempa Sumatra

Postby Gepeng » Fri Oct 02, 2009 3:45 pm

welcometothejungle...

karena emergency, bikin surat pengantar aja dari A untuk tiap person yang mau bergerak, tembusan ke rektorat, sambil ada yang lain ngurus ijin dan surat resmi dari rektorat.

dulu dg surat itu saya masuk halim, koordinasi dg mreka dan nitipin relawan2 yang berangkat via hercules, kalo ini mau dicoba lagi silahkan, atau koordinasi aja dengan posko yang ada disana. atau ke tanjung priok. kalo bejat ikut berangkat harusnya dia tahu prosedurnya. harus ada yang mbantu relawan yang mau berangkat ke padang, karna pasti akan dilempar kesana-kemari ngurus birokrasinya.

koordinator ini juga yang harus ngurus semua logistik dan ngejar2 saweran para donatur u biaya awal pemberangkatan selama relawan disana dan u pulang nya lagi ke bandung, jadi tugasnya ndak cuma ngurusin dan njamin para relawan ini bisa naik hercules atau kapal, tapi tetep pegang koordinasi selama kegiatan jalan dan mengupayakan biaya pulang mreka ke bandung, jika para relawan tidak mendapat fasilitas di sana. tapi menurut gue, sesampai di padang, relawan harus segera mendaftarkan diri dan gabung ke posko2 resmi, jadi kegiatan bisa terkoordinasi dan tertanggung semua kebutuhan logistiknya. godbelss u!!!

garap jrot....

viva ASTACALA!!!
honje26

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby Adek » Fri Oct 02, 2009 4:04 pm

dear all,
kawan - kawan dibandung persiapkan sma perlengkapan dasar, tenda dan alat masak, logistik pribadi.
tapi sdh disampaikan ke wida untuk koordinasi dengan KSR klo ada yang mau ikut, atau klo bisa relawan kita ikut diberangkatkan dengna link PMI dari bandung. klo memungkinkan, relawan kita bisa membawa DU dan tenda pleton krn ada kebutuhan disana utk itu.

juga koordinasi dengan BeM dan ITTELKOM untuk pemusatan bantuan jadi dapat disalurkan melalui tim yang akan berangkat dan support kebutuhan relawan dilapangan.

tadi gw udh sempat nyari info kontak person di kolinlamil pos 9 tanjung priok, dengan Kpt melky sintel (0818960594 dan 02170777283) utk nanya pemberangkatan relawan ke padang, tapi dari beliau konfrim ini koordinasikan langsung ke pelni.

klo dari gw, lbh baik di cek langsung ke halim dan tanjung priok besok. info terbaru di jakarta untuk lain link lain pengiriman relawan masih dicari. sementara baru 2 kemungkinan diatas. gw dan astaka besok pagi ke 2 tempat itu.
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 528
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby Gejor » Fri Oct 02, 2009 4:10 pm

Dear All,

Sumbangan dana secara sukarela dari saudara-saudara semua untuk membantu operasional tim relawan yang berangkat ke Padang, Sumatera Barat bisa disalurkan ke rekening



Konfirmasi silahkan sms ke Ayis 081513150656 atau saya 081806048305

Note : silahkan teruskan pemberitahuan ini ke kawan-kawan yang lain.

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Gempa Sumatra

Postby Adek » Fri Oct 02, 2009 4:13 pm

“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com


[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/vendor/twig/twig/lib/Twig/Extension/Core.php on line 1236: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable

Return to “Lingkungan”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests