Road to "Aksi Penghijauan" Kita

Opini, liputan, laporan kegiatan lingkungan.
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Road to "Aksi Penghijauan" Kita

Postby Adek » Thu Apr 12, 2007 9:50 pm

bagaimana agenda ASTACALA ttg penghijauan dialihkan ke tanah YPT saja?Pak Imam mau membiayai kegiatan penghijauan ini.
Rektorat-MR.Mahmud

11/04/07 18.51

itulah baris kalimat yang saya terima malam itu dari mantan Ka BKa n pembina ASTACALA, Mr.Mahmud Imrona.sebenarnya, ini follow up dari ngobrol beberapa minggu lalu.saat itu, saya & sapi sengaja janjian dengan beliau untuk mengabarkan hasil musang lalu serta agenda kerja ASTACALA beberapa bulan kedepan (alias 2tahun)

saat itu, kami sempat membahas sedikit mengenai konsep ALA 7 yang jika tidak ada halangan, harusnya terlaksana tahun ini juga..dalam agenda kerja itu, kami cantumkan bahwa konsep ALA kedepan akan di gabung dengan penghijauan, jadi konsepnya tour-adventure-pengapdian masyarakat.

klo dalam frame bidang kerja, ini merupakan gabungan dari agenda kerja operasional dan lingkungan. Sebagai ancang2 awal, saat itu kami sempat sampaikan bahwa kemungkinan ALA kedepan akan menawarkan konsep pantai sebagai daerah yang butuh untuk diperhatikan dilestarikan juga vegetasinya.

dari saya pribadi, menyambut baik maksud pak mahmud dan pak Imam (Puket 3 - bidang humas).namun agenda penghijauan di ALA tetap dijalankan saja. dan insyaAllah hari senin ini kita akan bertemu untuk menyamakan persepsi sekaligus perumusan konsep dasar.

kira - kira, model dan area kerja ASTACALA seperti apa pada penghijauan ini ?

terus terang, spt nya kita juga perlu sedikit waspada dengan janji2 pihak kampus..mengingat pengalaman di ALA 6 lalu....dan kejadian2 teman2 di UKM lain...
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Postby Adek » Thu Jun 21, 2007 9:57 pm

buat yang mo baca2 proposal pengadaan 5000 bibit kita termin 1 dapat dilihat disini..



klo ada masukan, saran, kritik dll silahkan aja..insyaAllah mo dibicarakan bareng Pak Imam hari senin ini
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Postby Jimbo » Fri Jun 22, 2007 11:23 am


User avatar
Sapi
astacala.org maniac
Posts: 212
Joined: Tue Jun 27, 2006 9:31 pm
Location: Ciledug
Contact:

Postby Sapi » Fri Jun 22, 2007 1:16 pm


User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Postby Adek » Tue Jun 26, 2007 3:55 pm

hari ini saya kesal bukan main....sebenarnya tadi malam ding tapi ga jadi... :-( :-( :-(

abis pulang dari citatah ngeliat 2 pohon yang sebelumnya hidup di taman samping nyemplung ke kolam ikan... ***** !!!!..pasti kerjaan tukang bongkar WC yang ga mau repot neh,,,,pikirku waktu itu..

ternyata, setelah itu petong konfirm, memang pohon itu harus ditebang, soalnya galiannya harus diperlebar...jadi dari pada nangkring di parkiran,. petong minta pohon itu ditarok di kolam dulu, untuk sementara biar ga layu...

ok...,,kata ku adlam hati.."mungkin jadi cepet emosi karena jin citatah masih nempel dibadan neh..ok mandi dulu lah" gt,m akhirnya saya balik ke kos dulu, mandi yang bersih, ke sekret lagi trus langsung tepar. di sekret yang ada hanya saya, sapi dan ayis.

paginya liat pak tukang udah pada gali - gali tanah lagi....
trus senyum yang ramah...tapi mendadak lansgsung BT lagi waktu lihat bibit di sebelah ternyata ketimbun.....(asuuu....udah capek2 bikin enak2 aja ditimbun,,,!!!)


"pak, gimana ini, kok galian nya ga kira2....bibit nya ketimbun semua nih...
ga keimbun aja bisa mati, apalagi ketimun gini ??
kemaren kan astacala lagi ga ada orang pak, klo emang galian nya nambah banyak, tolong di geser dikit bibit nya,...klo ada kita kemaren pasti kita geser..." ucapku.

"iya, emang kemaren rencananya ga selebar ini, tapi dapat instruksi dilebarin,,,jadinya kita gali lagi dek.."begitujawab pak tukang.

"ya udah pak, klo gitu kita geser dulu bibit nya, tapi jangan main timbun dulu ya.." jawabku lagi

masih kesel dikit, telpon ke BKA and hubungi pak mahmud....sampaikan protes karena ga ada komunikasisebelumnyadari pihak kampus klo mo bongkar2 septic tank itu !!! alias tiba2 datang orang, main gali2 tau2 pohon ditebag, bibit di timbung...


ARRRRRRRRRRRRRRRKKKKKKKKKKKHHHHHHHHHHHHHHHHHh....!!!!
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Postby Adek » Tue Jun 26, 2007 5:03 pm

“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Postby Adek » Wed Jun 27, 2007 12:51 am

“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

User avatar
Sapi
astacala.org maniac
Posts: 212
Joined: Tue Jun 27, 2006 9:31 pm
Location: Ciledug
Contact:

Postby Sapi » Wed Jun 27, 2007 8:27 pm


Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Postby Jimbo » Wed Jun 27, 2007 9:10 pm


User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Postby Adek » Thu Jun 28, 2007 8:57 am

sebelumnya mohon kita semua menyikapi ini sebagaimana masalah ini harus disikapi. kawan - kawan di sekre juga saat ini tidak ongkang2 kaki dan acuh tak acuh menanggapi hal ini. ditengah-tengah kesibukan menyiapkan diklan caving anak2 (2 minggu ini nonstop kegiatan-hanya 1-2 hari istiraht di sekre, dan terus terang saja snagt menyita tenaga dan mental kawan2) kita tetap bersikapuntuk masalah kebun belakang ini, karena kerjaan mapala yang sebenarnya ya salah satu nya ini : LINGKUNGAN. segala informasi yang disampaikan dalam forum diskusi ini tidak dibuat untuk membuat suasana menjadi panas atau saling menyalahkan.


mari kita cari solusi !



“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Postby Jimbo » Thu Jun 28, 2007 9:57 am

kalau menurut saya, kalian di sekre itu menganggap tidak terlalu penting apa itu lingkungan. sehingga jadinya seperti ini. mungkin ade ga setuju kalau saya katakan bahwa kalian kurang perhatian terhadap lingkungan, tapi kenyataanya: melihat sikap kalian terhadap pembunuhan pohon-pohon, rasanya saya mau marah, mau nangis juga ada.

okelah kalian sekarang sedang sibuk. dari dulu astacala juga sibuk melulu kok, kekurangan orang melulu kok. ambil itu sebagai alasan, tapi makan sendiri sebagai pembenaran untuk kepengurusan saat ini.

pohon yang mati memang bisa ditanam kembali (itupun belum kalian buktikan), tapi sikap menurutku yang lebih saya protes di sini. jangankan menumbuhkan tanaman baru, menjaga tanaman--yang pada kenyataannya memang lebih sulit--pemhaman kalian sama sekali mengecawakan.

saya salut, ada di antara kalian yang jago caving, navigasi, orad, manjat atau kemampuan teknis lainnya itu. tapi saya sangat kecewa karena kalian memandang sebelah mata keseriusan dalam mengelola lingkungan, diantara menjaga tanaman-tanaman yang pada prinsipnya tinggal menjaga dan diteruskan.

kalau saya usul solus, barangkali pengurus malah lebih pintar karena memang melihat dari dekat. solusi dengan emosi rasanya bukan yang terbaik untuk saat ini. hingga usul saya, kalau memang kalian bertanggung jawab: coba tanam lagi pohon yang mati itu, barangkali kalian akan merasakan betapa sulit menghidupkan satu pohon saja.

mohon maaf kepada segenap pengurus, keluarga besar astacala. barangkali saya dan bejat terlalu cerewet tentang masalah ini. tapi inilah kami, yang besar di astacala tanpa memiliki kemampuan spesifikasi yang memadai. manjat saya nggak terlalu, orad, navigasi juga biasa bahkan kurang! tapi kami, saya dan bejat minimal pernah peduli dengan lingkungan, minimal pernah menghidupkan tanaman-tamanan, minimal pernah gontok-gontokan kalau ada yang mengganggu tanaman kami. bagi ku itu cukup membanggakan.

UNDANGAN:
untuk pethong, gimbal, jacky, gepeng, gapung, pak ewok, dan semuanya :
AYO kalian ngomong apa!!!!!!

User avatar
Sapi
astacala.org maniac
Posts: 212
Joined: Tue Jun 27, 2006 9:31 pm
Location: Ciledug
Contact:

Postby Sapi » Thu Jun 28, 2007 2:18 pm

coba liat permasalahan utamanya, kenapa ada penggalian septic tank ini?

secara kamar mandi dekat sekre A itu udah ga bisa diselamatkan lagi, taik terus menerus menyembur keluar. setelah dianalisa ternyata desain kamar mandi dan septic tanknya bermasalah, saluran kamar mandi diatas itu berhubungan dengan saluran kamar mandi bawah kemudian baru diteruskan ke septic tank. walaupun septic tank udah dikuras isinya, tetap aja kejadian berulang. nah jadinya stt nyuruh bongkar septictank itu.

next...

ternyata septic tank yang berlokasi di kebun A itu berada sekitar 1/2 meteran di bawah tanah tempat 3 pohon yang dikabarkan dipindahtanamkan. makanya kita kurang tau seberapa besar septic tank itu, sehingga kita mungkin main tanam-tanam aja. mau gak mau septic tank emang harus dibongkar ulang.

nah kalo ga dibongkar, air taik tadi bisa masuk lagi ke goa selarong kita dan baunya masya allah (udah kejadian 2 kali coy).

kan bahaya nih nanam pohon gede diatas septic tank, ntar septic tanknya pecah di kebun kita, yaxxx banget, termasuk merusak lingkungan juga ituh, selain merusak udara, idung ama mata juga ga mau deket deket sekre lagi.

sekarang posisi septic tank jadi lebih tinggi, tidak ada tanah lagi diatasnya karena udah sejajar ama lantai.

mending emang septic tanknya ditangani sekarang, coba kalo pohon mahoninya udah gede gede kayak di ITB atau pohon duriannya udah berbuah khan jadi susah mindahin pohonnya.

bukannya kita ga peduli pada tanaman, tapi ini juga menyangkut 'buang hajat' hidup orang banyak :D
lingkungan kan bukan cuma tanaman tapi juga semua yang ada disekitar kita termasuk mahasiswa SC, si tukang, dan septic tank =) =) =)

kita pegang tanggung jawab kita masing-masing
piece lah
Last edited by Sapi on Thu Jun 28, 2007 3:25 pm, edited 1 time in total.

User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 528
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Postby Gejor » Thu Jun 28, 2007 3:02 pm

Kadang2 Pecinta Alam berlebihan ... :?

User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 528
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Postby Gejor » Thu Jun 28, 2007 3:49 pm

Ya, itu diskusi di atas. Yang aku tangkap asal panas aja menghadapi masalah seperti ini. Entah mau cari perhatian atau bagaimana. Atau mengumumkan bahwa saya yang menanam pohon ini. Sepertinya solusi kalian yang di atas kok aku pikir kayak orang kampung / kampungan. Tanpa ada pertanyaan atau melihat lebih jauh permasalahan kenapa pohon itu (yang dibahas -red) dicabut? :benjol:

Petong
activist astacala.org
Posts: 93
Joined: Sat Dec 24, 2005 7:13 am
Location: Bandung
Contact:

Postby Petong » Thu Jun 28, 2007 4:15 pm

:great: ^ atas gw

Semua pada udah panas aja nih. =(
terlepas dari arti kata penting ato gak penting tentang kepedulian terhadap lingkungan yang jelas, pohon yang udah ditanam ada tiga yang di cabut, dan ketiganya itu ada di posisi (area) yang akan perluas (septic tank). Sebelum digali juga dulu aku udah nanya nih septic tank mau diapain lagi biar ga banjir lagi? (sebelumnya juga udah pernah digali tapi hasilnya nihil) dari kata si tukang sih septic tank perlu di perlbesar kapasitas tampungnya, nah pelebaran septic tank adalah solusinya, perluasan septic tank nah posisi pohon ketiga pohon itu ada diposisi itu. CMIIW

Aku juga udah pernah bilang ke tukangnya, jauh sebelum penggalian dilakukan, supaya sebisa mungkin jangan mengganggu pohon yang sudah ada.

@ Pak bedjat : Santai pak, golok di sekre masih sering diasah kok, tapi... dibawa anak-anak diklan, sekarang golok udah gak doyan ama darah lagi :) :) :) :)

@ Jimbo : Pembongkaran septic tank gak mungkin untuk dihentikan, selain udah telat juga kalo dihentikan pembongkaran "ecek-ecek" masih terus tilakukan paling tidak 2 bulan sekali kalo kotorannya udah membludak dikamar mandi :) :) :)

@ Gejor : I love u, jrot =)) =)) =))

User avatar
Bukan ARIEL
astacala.org addict
Posts: 451
Joined: Mon Oct 03, 2005 8:05 pm
Location: Grand Pancoran Regency
Contact:

Postby Bukan ARIEL » Thu Jun 28, 2007 5:35 pm


User avatar
Bukan ARIEL
astacala.org addict
Posts: 451
Joined: Mon Oct 03, 2005 8:05 pm
Location: Grand Pancoran Regency
Contact:

Postby Bukan ARIEL » Thu Jun 28, 2007 5:40 pm


User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 528
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Postby Gejor » Thu Jun 28, 2007 7:14 pm


User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 528
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Postby Gejor » Thu Jun 28, 2007 7:19 pm


Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Postby Jimbo » Fri Jun 29, 2007 9:55 am



Return to “Lingkungan”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests