[ASK] Tanaman bisa mati karena gak cocok?

Opini, liputan, laporan kegiatan lingkungan.
User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

[ASK] Tanaman bisa mati karena gak cocok?

Postby Bolenk » Tue Nov 01, 2011 6:35 pm

Mau curhat nih gan..

Bulan April lalu,kita tanam 20-an lebih bibit aneka jenis di belakang tempat sampah di kampus.Waktu itu kondisi lahannya berlumpur.Padahal saat itu musin kemarau.Kalau musim hujan,daerah itu memang jadi rawa.Tapi nekat aja.Waktu itu mikirnya gini:"Moga-moga,pas musim hujan nanti,tanaman ini udah cukup besar.Jadi sanggup bertahan dalam medan berair".

Sekarang udah November.Hujan sudah mulai turun dari akhir Agustus kemaren.Kondisi tkp juga udah jadi rawa berair setumit orang dewasa.Kemaren(31/10/2011) udah dicek lagi untuk kesekian kalinya.Hasilnya,tinggal sepuluh biji yang masih hidup.Sedih gan.. :putus-asa: :putus-asa:

Kalau dugaan kita nih,itu tanaman jadi mati karena gak tahan di medan berair.Lagipula,masih terlalu kecil untuk "cobaan hidup" seberat itu.Rata-rata antara 20cm - 50cm.

Kalau menurut agan-agan,kenapa ya?benarkah dugaan kami?Ada yang punya solusi gak?
Last man standing..

Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Re: [ASK] Tanaman bisa mati karena gak cocok?

Postby Jimbo » Wed Nov 02, 2011 5:25 am

kata orang bijak, jika kamu gagal, ulangi lagi dan lagi, jangan menyerah. jika masih gagal juga, cari ilmunya...


bisa jadi tanahnya yh tidak cocok, bisa jadi bibitnya masih trll kecil. solusinya bikin media tanam yg tidak lg lembab smp pohon itu tumbuh dgn kuat. misal membuat lobang yg besar kemudian isi dngm humus dan unsur penahan lembabnya, misal sekam dsb. cari juga tanaman yg mudah beradaptasi dngm tanah sperti itu. thx

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: [ASK] Tanaman bisa mati karena gak cocok?

Postby Bolenk » Wed Nov 02, 2011 6:42 am

Ya,kita tetap mengusahakan itu tanaman harus tetap hidup.Itu komitmen kita sebagai individu dan sebagai pengurus yang mengurusi bidang LH.Lagipula,sayang dong kalo usahanya terbuang sia-sia alias gagal..

Kalo soal lahan beceknya,usul bagus tuh.We'll try again..Kalo soal tanaman yang kira-kira cocok apa ya?

Kalo selama ini yang udah kita tanam di tkp ada trembesi,jati,suren,dan beberapa bibit dari perhutani yang kita lupa namanya.Sejauh ini,yang terbilang paling bertahan adalah jenis trembesi.Ini kali ya?

Kalo pohon ketapang gimana?cocok gak ya?
Last man standing..

Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Re: [ASK] Tanaman bisa mati karena gak cocok?

Postby Jimbo » Wed Nov 02, 2011 7:36 am

Bolenk wrote:Ya,kita tetap mengusahakan itu tanaman harus tetap hidup.Itu komitmen kita sebagai individu dan sebagai pengurus yang mengurusi bidang LH.Lagipula,sayang dong kalo usahanya terbuang sia-sia alias gagal..


yang dikatakan gagal itu kalau ia berhenti berusaha, kalau ia menyerah dan berhenti menanam. selama proses penanaman itu terus dilakukan, tanaman mati dan tidak tumbuh pasti akan terus terjadi. tinggal pilih, mau terus atau tidak. tidak ada kegagalan kl terus menanam.

Bolenk wrote:Kalo pohon ketapang gimana?cocok gak ya?


Ketapang itu jenis tanaman pantai, daunya yang lebar menandakan kalau ia butuh banyak air. tapi ingat, banyak air beda dengan banyak kadar asam dalam tanah. mungkin bukan terlalu lembabnya tanah yang menjadi masalah, tapi malah di kandungan asam pada tempat menanam tersebut. contoh kasus di daerah tanah bergambut di Riau arah pantai timur atau di kalimantan.

Coba cari referensi bagaimana membuat tanah yang lembab dengan kadar asam yang tinggi bisa diolah menjadi tanah yang lebih subur.

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: [ASK] Tanaman Bisa Mati Karena Gak Cocok?

Postby Bolenk » Tue Nov 29, 2011 6:50 pm

Sekitar sebulan yang lalu,nemu dua bibit ketapang d sebuah got di belakang kampus.Yang satu tingginya semeter,satunya lagi tingginya setengah meter lebih dikit.Satu jam kemudian,bersama dengan Oca,kedua bibit itu langsung ditanam di tempat becek yang sedang kita bahas ini.Waktu itu aku yakin penuh harap,itu bibit bakal survive,selain sudah gede,penanamannya juga udah pake saran mas jimbo diatas(ditimbun pake tanah sm sekam).Penanamannya ditambah dengan sebatang trembesi setinggi setengah meter.Juga pake ditimbun tanah sama sekam juga.Yakin survivelah.

Sekitar tiga hari yang lalu,secara tak sengaja teringat ketiga tanaman itu.Mumpung waktu masih luang,aku sempatkan untuk "jenguk" itu tanaman.Dan hasilnya,diluar ekspektasi.Dua bibit ketapang itu layu menjelang mati,sedangkan trembesinya subur.

Hujan memang makin sering turun dalam sebulan terakhir ini.Ketika menanam ketiga bibit itu saja,kondisi medannya sudah seperti sawah,airnya antara setumit dan sejengkal.Apalagi belakangan ini.

Sedih memang.Selain merasa kasihan dengan dua makhluk hidup malang itu,juga karena usaha yang gagal,setidaknya belum berhasil.Kalau dipikir baik-baik,ada baiknya menunggu musim hujan berlalu.Nanti,begitu lahannya udah kering,akan "dihajar" lagi.Dengan solusi baru tentunya.

Yang jelas,itu tanah harus HIJAU!
Last man standing..


Return to “Lingkungan”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest