Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Buat penongkrong sekretariat yang mau bagi-bagi kabar, undangan nongkrong, para tua-tua ngomong, atau kabar-kabar umum lainnya.
User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Bolenk » Thu Jul 21, 2011 1:12 am

permisi,mau nanya,ada yang tau cara ngusir nyamuk pake tumbuhan gak?Di sekre nyamuknya dah gak ketulungan lagi.
Katanya sih bunga lavender bisa ngusir nyamuk,bener ak sih?kalo pun bener,nyari bibitnya susah,kalo pun ada,mahal..atau ada tumbuhan lain yang punya khasiat sama gak?
Ada yang bisa share gak?demi kesehatan umat sekre juga masbro,om2,dan tante2.. 8) :axe: :axe:
Last man standing..

User avatar
Detha
nyubie
Posts: 37
Joined: Tue Feb 02, 2010 5:51 pm
Location: Capital city of Indonesia
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Detha » Sat Jul 23, 2011 2:16 am

hahahaha.. =D> =D>

:-k
banyak nyamuk itu gara2 lingkungan yg kotor lenk dan sumpek lenk, jd nyamuk gampang berkembang biak dan ngerasa nyama. usul gua ni lenk, kita kerja bakti aja bersihin sekre. dari dalem sekre, goa, ampe saung dan sekitarnya.. klo masalah pasukan mah tinggal di kumpulian aje.. nah, klo masalah waktu itu yg mesti dipikirin..kira2, kapan waktu tepatnya.. 8) 8)
"All things are artificial, for nature is the art of God."

User avatar
Memet'z
activist astacala.org
Posts: 80
Joined: Sat Mar 07, 2009 3:23 am
Location: bandung
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Memet'z » Sat Jul 23, 2011 7:26 am

Detha wrote:hahahaha.. =D> =D>

:-k
banyak nyamuk itu gara2 lingkungan yg kotor lenk dan sumpek lenk, jd nyamuk gampang berkembang biak dan ngerasa nyama. usul gua ni lenk, kita kerja bakti aja bersihin sekre. dari dalem sekre, goa, ampe saung dan sekitarnya.. klo masalah pasukan mah tinggal di kumpulian aje.. nah, klo masalah waktu itu yg mesti dipikirin..kira2, kapan waktu tepatnya.. 8) 8)


gw salut sama ide lw, brilian
gw perwakilan temen2 LH siap menunjuk lw jadi ketua umum panitianya

ditunggu eksekusinya yoo...
8) 8) 8)
"my style is to get something going really quick and then turn it into the great thing" - Andy Hertzfeld

User avatar
Detha
nyubie
Posts: 37
Joined: Tue Feb 02, 2010 5:51 pm
Location: Capital city of Indonesia
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Detha » Sun Jul 24, 2011 4:22 pm

Memet'z wrote:
Detha wrote:hahahaha.. =D> =D>

:-k
banyak nyamuk itu gara2 lingkungan yg kotor lenk dan sumpek lenk, jd nyamuk gampang berkembang biak dan ngerasa nyama. usul gua ni lenk, kita kerja bakti aja bersihin sekre. dari dalem sekre, goa, ampe saung dan sekitarnya.. klo masalah pasukan mah tinggal di kumpulian aje.. nah, klo masalah waktu itu yg mesti dipikirin..kira2, kapan waktu tepatnya.. 8) 8)


gw salut sama ide lw, brilian
gw perwakilan temen2 LH siap menunjuk lw jadi ketua umum panitianya

ditunggu eksekusinya yoo...
8) 8) 8)



gua lg sibuk KP di jkt met, lo aja lah yg ngewakilin gua.. gimana?
"All things are artificial, for nature is the art of God."

User avatar
Afriyanto
astacala.org maniac
Posts: 115
Joined: Sat Jun 20, 2009 10:41 pm

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Afriyanto » Mon Jul 25, 2011 4:57 pm

saya mau jadi ketua panitia tim pengusir tikus sekre...

besok diusahakan tersedia perangkap tikus nya...

User avatar
Detha
nyubie
Posts: 37
Joined: Tue Feb 02, 2010 5:51 pm
Location: Capital city of Indonesia
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Detha » Wed Jul 27, 2011 9:42 pm

nyambung deh lo to.. 8) 8)
"All things are artificial, for nature is the art of God."

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Bolenk » Mon Sep 12, 2011 12:58 am

Sudah adakah yang bergerak?
Last man standing..

User avatar
Widi
astacala.org freak
Posts: 313
Joined: Sun Feb 15, 2009 11:27 pm
Location: Tangerang

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Widi » Wed Sep 14, 2011 12:37 am

kemaren hari jum'at bareng-bareng uda bersihin bawah saung dan selokannya yang banyak hambat jalannya air.
cuma kolam belum dikuras(malas memulai).hehe...
"Mystery of Society"

ASTACALA!!!
A-081-LP

User avatar
Bukan ARIEL
astacala.org addict
Posts: 451
Joined: Mon Oct 03, 2005 8:05 pm
Location: Grand Pancoran Regency
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Bukan ARIEL » Thu Sep 29, 2011 1:06 am

di fogging bro. pake jarum coklat ................kaboor... :ngacir:

User avatar
limasembilan
astacala.org addict
Posts: 476
Joined: Tue Oct 25, 2005 10:58 pm
Location: Desa Terakhir
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby limasembilan » Thu Sep 29, 2011 10:41 am

Bukan ARIEL wrote:di fogging bro. pake jarum coklat ................kaboor... :ngacir:



haha Jack,
kemana aja lu... dah mulai eksis lagi di forum.
ayolah hidupin lagi Astacala Watch !

User avatar
Widi
astacala.org freak
Posts: 313
Joined: Sun Feb 15, 2009 11:27 pm
Location: Tangerang

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Widi » Fri Oct 14, 2011 1:43 am

kampret..uda dibersihin tetep aja masih banyak nyamuk.di saung juga uda di pel dan di bersihin semuanya malah tambah ganas nyamuknya. ](*,) ](*,) ](*,)
ada saran lain kah? :marah:
:mondar-mandir:
"Mystery of Society"

ASTACALA!!!
A-081-LP

User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 528
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Gejor » Sat Oct 15, 2011 8:56 am

Dihajar sumbernya coba Gan.
Kalau banyak nyamuk, tak jauh dari sana (tempat yang banyak nyamuknya itu) biasanya ada genangan air.

User avatar
Widi
astacala.org freak
Posts: 313
Joined: Sun Feb 15, 2009 11:27 pm
Location: Tangerang

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Widi » Sat Oct 15, 2011 2:51 pm

Gejor wrote:Dihajar sumbernya coba Gan.
Kalau banyak nyamuk, tak jauh dari sana (tempat yang banyak nyamuknya itu) biasanya ada genangan air.


yang ada genangan air ya air kolam ikan itu lah,tapi kemarin juga uda sempet dikuras kok..
"Mystery of Society"

ASTACALA!!!
A-081-LP

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Adek » Sat Oct 15, 2011 6:44 pm

Widi wrote:yang ada genangan air ya air kolam ikan itu lah,tapi kemarin juga uda sempet dikuras kok..


kolamnya ditarok ikan..ikan nya dikasih makan...airnya di monitor terus biar bersih dan ikan nya sehat
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Jimbo » Sat Oct 15, 2011 9:02 pm

Adek wrote:kolamnya ditarok ikan..ikan nya dikasih makan...airnya di monitor terus biar bersih dan ikan nya sehat


teorinya sederhana seperti itu, tapi prakteknya ribet minta ampun :D

menurut sy, kondisi adanya nyamuk tersebut sudah cukup akut. sehingga solusi-nya tidak bisa secara parsial. Kalau hanya dilakukan pada 'bagian kecil' saja, efeknya sulit terasa.

selain menggunakan metode yang lazim seperti di atas, perlu dilakukan secara konsisten dan menyeluruh. Konsistensi inilah yang kadang sering kendor, dan ke-menyeluruhan itulah yang kadang sulit digarap.

di tahun 99 - 2000 awal, saya merasa nyamuk tidak sebanyak ketika terakhir saya main ke lingkungan STT. apalagi di lantai asrama yang lebih tinggi dulu, hampir tidak ada nyamuk.

pertanyaannya, apakah dengan fakta seperti itu ini menandakan tingkat kebersihan sekarang lebih rendah dari dulu? atau ada penyebab lain, misal kondisi dayeuh kolot yang sering banjir atau dengan semakin padatnya rumah-rumah (sehingga habitat nyamuk mau tidak mau akan semakin terdesak dan berdampak akan bersinggungan langsung dengan manusia).

cara yang arif, menurut saya, tentu dengan meminimalisir penggunaan racun (sebab secara langsung/tidak akan berdampak buruk terhadap lingkungan).

Namun celakanya, cara alamiah yang ada sekarang mungkin baru sebatas itu, JAGA KEBERSIHAN, BERIKAN HAK PADA MAKHLUK LAIN UNTUK HIDUP NYAMAN, TIDAK MENGGANGGU KESEIMBANGAN EKOSISTEM.

KONSISTENSI.... kawan!!!! itulah jawabannya

User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Adek » Sat Oct 15, 2011 11:35 pm

Jimbo wrote:
teorinya sederhana seperti itu, tapi prakteknya ribet minta ampun :D
KONSISTENSI.... kawan!!!! itulah jawabannya


Mas jimbo, klo dibaca sekilas, terlihat memang simple, tapi klo diperhatikan, disana ada kata kunci : TERUS. intinya sama dengna yang anda sampaikan: KONSISTENSI. Seni menyampaikan ide itu katanya, sampaikan dengan sederhana, tapi berjuta arti *untuk yang mau mengerti*
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

User avatar
Widi
astacala.org freak
Posts: 313
Joined: Sun Feb 15, 2009 11:27 pm
Location: Tangerang

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Widi » Sun Oct 16, 2011 1:17 am

mungkin nanti saya cari tahu lagi apakah yang semakin banyak nyamuk di sekre ASTACALA saja atau menyeluruh di sekitar kampus.

Adek wrote:
Jimbo wrote:
teorinya sederhana seperti itu, tapi prakteknya ribet minta ampun :D
KONSISTENSI.... kawan!!!! itulah jawabannya


Mas jimbo, klo dibaca sekilas, terlihat memang simple, tapi klo diperhatikan, disana ada kata kunci : TERUS. intinya sama dengna yang anda sampaikan: KONSISTENSI. Seni menyampaikan ide itu katanya, sampaikan dengan sederhana, tapi berjuta arti *untuk yang mau mengerti*


ya, konsistensi (terus-menerus) itu menurut saya memang sangat susah di praktekkan. apalagi semakin banyak orang maka secara tidak langsung tanggung jawab jadi makin ringan(merasa harusnya dibagi rata).
"Mystery of Society"

ASTACALA!!!
A-081-LP

Jimbo
astacala.org addict
Posts: 555
Joined: Sun Sep 25, 2005 9:25 am
Location: Ciledug-TGR
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Jimbo » Sun Oct 16, 2011 4:58 am

Widi wrote:mungkin nanti saya cari tahu lagi apakah yang semakin banyak nyamuk di sekre ASTACALA saja atau menyeluruh di sekitar kampus.

Adek wrote:
Jimbo wrote:
teorinya sederhana seperti itu, tapi prakteknya ribet minta ampun :D
KONSISTENSI.... kawan!!!! itulah jawabannya


Mas jimbo, klo dibaca sekilas, terlihat memang simple, tapi klo diperhatikan, disana ada kata kunci : TERUS. intinya sama dengna yang anda sampaikan: KONSISTENSI. Seni menyampaikan ide itu katanya, sampaikan dengan sederhana, tapi berjuta arti *untuk yang mau mengerti*


ya, konsistensi (terus-menerus) itu menurut saya memang sangat susah di praktekkan. apalagi semakin banyak orang maka secara tidak langsung tanggung jawab jadi makin ringan(merasa harusnya dibagi rata).


sayangnya par, penyakit kronis yg juga menjangkit di sekre itu adalah SUDAH TAHU JAWABANNYA, TAPI BELUM JUGA DIPRAKTEKAN... he..he...

ayo yg bikin thread seharusnya juga baca. tinggal dijalankan saja.

Konsistensi tidak butuh diucapkan, tidak juga butuh dituliskan, ia hanya akan terbukti kalau dipraktekkan, dan waktu yang akan mengujinya.

silahkan

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Bolenk » Sun Oct 16, 2011 9:08 am

Adek wrote:kolamnya ditarok ikan..ikan nya dikasih makan...airnya di monitor terus biar bersih dan ikan nya sehat

Sudah.Selalu.Dari dulu.


Jimbo wrote:menurut sy, kondisi adanya nyamuk tersebut sudah cukup akut. sehingga solusi-nya tidak bisa secara parsial. Kalau hanya dilakukan pada 'bagian kecil' saja, efeknya sulit terasa.

selain menggunakan metode yang lazim seperti di atas, perlu dilakukan secara konsisten dan menyeluruh. Konsistensi inilah yang kadang sering kendor, dan ke-menyeluruhan itulah yang kadang sulit digarap.

pertanyaannya, apakah dengan fakta seperti itu ini menandakan tingkat kebersihan sekarang lebih rendah dari dulu? atau ada penyebab lain, misal kondisi dayeuh kolot yang sering banjir atau dengan semakin padatnya rumah-rumah (sehingga habitat nyamuk mau tidak mau akan semakin terdesak dan berdampak akan bersinggungan langsung dengan manusia).

Namun celakanya, cara alamiah yang ada sekarang mungkin baru sebatas itu, JAGA KEBERSIHAN, BERIKAN HAK PADA MAKHLUK LAIN UNTUK HIDUP NYAMAN, TIDAK MENGGANGGU KESEIMBANGAN EKOSISTEM.


Setuju,gan..

Banyak nyamuk di sekre memang banyak sebabnya.Dan solusinya gak bisa kalo cuman bersihin sekre yang itungannya cuman se-"iprit" dibanding dengan "sumber"-nya itu sendiri.Contoh sederhana saja,goa selarong(lorong dibawah tangga) udah dibersihin,tapi sama sekali gak ngaruh.Kampus juga udah lama gak di fogging.Kayaknya nunggu ada korban DB sm malaria dulu baru gerak mereka.Pinter gak tuh?Selama 5 taun lebih kuliah disini,kayaknya sekarang ini nyamuk nya paling parah.

Dayeuhkolot yang sering banjir,pemukiman yang makin padat,lingkungan yang gak bersih,bahkan pemakaian racun buat nyamuk,spt fogging,antinyamuk bakar maupu lotion juga ngaruh(anj*it,beberapa minggu terakhir ini anti nyamuk bakar dah gak mempan!!).So,solusinya apa?"Negasi"-kan saja penyebab sumbernya tadi. :ketawa:

Tapi itu kalo kita bicara "besar"-nya.Berat kalo kita harus hasil diskusi ini harus nyampe kesana.Kalo gak bisa ubah Bandung yang jadi gudang sampah,ubah Dayeuhkolot aja.Kalo gak bisa ubah dayeuhkolot yang sering banjir,ubah kampus ini aja biar "agak" sehat.Kalo masih susah,ya seluas sekre dan kamar kosan juga okelah.

Btw,itu kata2 terakhir yang hurup nya gede-gede dan di bold,sangat nohok gan!!Itu pe-er kita semua.nice sharing..


Jimbo wrote:sayangnya par, penyakit kronis yg juga menjangkit di sekre itu adalah SUDAH TAHU JAWABANNYA, TAPI BELUM JUGA DIPRAKTEKAN... he..he...


Bantu kami(baca:mari bersama-sama) mengobatinya.


Jimbo wrote:
ayo yg bikin thread seharusnya juga baca. tinggal dijalankan saja.

Konsistensi tidak butuh diucapkan, tidak juga butuh dituliskan, ia hanya akan terbukti kalau dipraktekkan, dan waktu yang akan mengujinya.


ha..ha..ha..ditinggal bentar buat bersihin goa selarong,tapi tetap mantau kok.Berusaha menyeimbangkan teori dan aksi.hehehe..
Last man standing..

User avatar
Bolenk
astacala.org addict
Posts: 570
Joined: Sat Feb 10, 2007 7:48 am
Location: Nomaden
Contact:

Re: Penting Gak Penting : Banyak Nyamuk di Sekre

Postby Bolenk » Wed Nov 02, 2011 11:06 pm

Dapat info,konon,katanya ada beberapa jenis tanaman yang bisa buat ngusir nyamuk,seperti:Kayu putih
bunga geranium,suren,zodia,kemangi,selasih,akar wangi.Benarkah?

Saat ini,dari nama-nama tanaman tsb cuma ada suren yang tersedia dalam bentuk bibit.Dulu,kalau gak salah,kayu putih juga ada di sekre ya?ada yang tau yang mananya ya?(malu nih,tanaman pekarangan sendiri gak kenal.. ](*,) ](*,) )
Last man standing..


Return to “Serba-serbi Astacala”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests