Menularkan Semangat yang Sama, bersama Penduduk Desa (Bagian 3 #citarumkita)

0
366

Kepedulian akan kesadaran dampak lingkungan yang terjadi di kawasan hulu Sungai Citarum ini tentunya tidak bisa dilakukan oleh ASTACALA saja. Berkali-kali kami berkegiatan yang tujuannya tetap pada kelestarian alam di Cisanti.

Regenerasi mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ASTACALA sendiri selalu diturunkan dari zaman ke zaman sejak tahun 1992. Kesadaran tentunya diperoleh dari dampak yang telah dirasakan bertahun-tahun silam. Penyebab terjadinya dampak tersebutlah yang menyemangati kami dari generasi ke generasi, zaman ke zaman hingga kondisi lingkungan yang kian berubah.

Situ Cisanti wadah dari kami yang bisa dipertemukan dengan masyarakatnya di Kecamatan Kertasari. Berbagai macam desa dan warga telah lama rukun tinggal disini. Cibeureum, Sukapura, Cikembang, Cihawuk, Tarumajaya, Neglawangi dan Santosa merupakan nama-nama desa yang ada di Kecamatan Kertasari.

Seiring berjalannya waktu dan kegiatan dari tahun ke tahun yang terus berulang, rumah warga desa sudah menjadi rumah kedua bagi kami. Jaraknya memang tidak terlalu jauh untuk pulang pergi dalam satu hari menuju kampus. Namun keterikatan emosional yang membuat kami nyaman berada disini.

Pernah juga kami menginap di balai desa seiring berjalannya kegiatan pelatihan mengolah kentang menjadi keripik dan produk pada tahun 2020 lalu. Keterikatan emosional lah yang bisa menyatukan visi kami pada akhirnya. Manfaat lingkungan dari berbagai macam kegiatan dan ekonomi yang dirasakan oleh warga desa akan terus dijalankan dengan sendirinya oleh masyarakat secara terus menerus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here