Perjalanan Wajib Gemuruh Langit : Perlombaan Olahraga Air Sektor 7 Sungai Citarum

Minggu(24/02/2019), Astacala Universitas Telkom bersama Satgas Sektor 7 Sungai Citarum mengadakan perlombaan perahu karet dan kayak di Sektor 7 Sungai Citarum Desa Sukamukti, Kecamatan Rancamanyar, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini merupakan bentuk dari dukungan program pemerintah, Citarum Harum.

Perjalanan Wajib Gemuruh Langit : Perlombaan Olahraga Air Sektor 7 Sungai Citarum

“Perlombaan perahu karet dan kayak dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat setempat terhadap Sungai Citarum. Lewat kegiatan ini, kita mengajak masyarakat untuk menjadikan Sungai Citarum sebagai wahana bermain, sehingga masyarakat akan lebih awas jika sungai tercemar”, tutur Ivan Yohannes selaku ketua pelaksana kegiatan.

Perlombaan ini turut dihadiri oleh Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, perwakilan pemerintah provinsi, perwakilan pemerintah kota, serta perwakilan Kapolda Jabar. “mari kita jaga kebersihan Sungai Citarum bersama-sama, dan mari kita kembalikan kejayaan Sungai Citarum”, ujar Bapak Purwadi selaku Komandan Sektor 7 dalam sambutan pada permulaan acara.

Pelombaan diikuti oleh UKM Dayung UPI, karang taruna setempat, dan warga sekitar. Masyarakat terlihat antusias dalam mengikuti perlombaan untuk memperebutkan hadiah yang telah disiapkan. Dalam kegiatan ini, turut dilakukan peresmian instalasi air bersih dan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R).

Selain itu, pihak Universitas Telkom menghibahkan kayak kepada warga setempat agar dapat digunakan sebagai sarana bermain di sungai.


Tulisan oleh : Andi Muhammad Nur (AM – 010 – GL)

Dokumentasi oleh : Muhammad Alif Al-Fajri (AM – 014 – GL)