Chris Sharma, Wawancara La Dura Dura

Tebing La Dura Dura merupakan medan panjat tebing paling sulit di dunia. Tebing yang memiliki grade 5.15c / 9b+ ini terletak di Oliana, Spanyol.

Chris Sharma, Wawancara La Dura Dura

(23 Maret 2013, planetmountain.com) – Hampir seluruh atlet panjat tebing mengenal tebing yang memiliki kontur pemanjatan yang bervariasi dan mengerikan ini, salah satunya adalah Chris Sharma-atlet panjat tebing terkenal. Walaupun informasi mengenai tebing ini telah diketahui khalayak pada empat tahun yang lalu, Chris baru menemukan tebing ini dua tahun kemudian.

Chris memutuskan untuk menaklukkan Tebing La Dura Dura. Chris mengajak Adam Ondra, salah satu atlet panjat tebing terkenal untuk bersatu menaklukkan tebing tersulit di dunia ini untuk menambah bab baru dalam sejarah panjat tebing.

Mereka berdua–Chris dan Adam-mulai berbagi ide dan rencana untuk mempersiapkan pemanjatan Tebing La Dura Dura. Kemudian, dengan segala daya dan upaya, mereka berhasil melakukan pemanjatan pertama di Februari 2013. Mereka memprediksi besar grade Tebing La Dura Dura ini adalah 9b+. Kesulitannya setara dengan ekspektasi mereka, bahkan mungkin sedikit lebih sulit.

Pada titik ini banyak pendaki yang akan menyerah. Namun tidak dengan Chris yang sudah sangat bersemangat untuk mencapai puncak tebing ini. Pada Sabtu, 23 Maret 2013 mereka berhasil menaklukkan tebing ini. Mereka tidak hanya meraih mahkota dari upaya dan mimpi bertahun-tahunnya, tapi mereka juga menambahkan hal penting dalam sejarah olahraga panjat tebing dengan memberikan grade 9b+ pada tebing ini. Hal ini adalah kesulitan yang tak tertandingi, dan saat ini pencapaian tersebut hanya dipegang oleh Chris Sharma dan Adam Ondra.

Selamat Chris, akhirnya!

Ya terima kasih. Jalur ini benar-benar keren, perjalanan yang panjang! Menaklukkannya adalah proses yang besar bagi saya. Anda tahu, saya pertama kali memastikan jalur tebing ini pada empat atau lima tahun yang lalu dan itu adalah tugas besar. Meskipun untuk menemukan jalur yang tepat pada tebing-tebing di sini-Catalunya, bukanlah hal mudah. Itu bukanlah keputusan yang dapat diambil begitu saja. Jika Anda menghabiskan begitu banyak waktu pada satu hal, anda harus benar-benar memanfaatkannya dan sulit untuk menemukan yang sesuai dengan batasan dan gaya Anda.

Pada awalnya, pemanjatan ini tampak seperti melewati kemampuan Anda?

Awalnya saya dijatuhkan oleh crimpers (suatu tonjolan horizontal pada tebing yang hanya dapat digenggam oleh ujung tepi jari-jari) di bagian bawah tebing, saya berusaha menjauh dari mereka. Tapi tahun lalu, Adam datang, kami mulai mencobanya bersama-sama dan saya menyadari bahwa saya benar-benar bisa melakukannya. Ini mungkin terdengar aneh, tapi jalur ini membuat saya kembali ke bouldering (pemanjatan tanpa menggunakan alat bantu dengan ketinggian tebing kurang dari 5 meter-red) dengan grade 8b+ dan itu sangat menyenangkan. Juga benar-benar berbeda untuk mencoba sesuatu dengan crimpers yang kecil ini dibandingkan dengan bertahan pada jalur yang memakan sedikit stamina yang biasa saya lakukan.

Baca juga:   Diktat Panjat Tebing (Rock Climbing) Astacala – Bagian 4 : Etika

Pada bulan Februari Anda melepaskan diri dari grade 9b di Santa Linya?

Ya, secara logika itu benar-benar penting karena Santa Linya benar-benar membebaskan saya di La Dura Dura. Salah satu masalah di Catalunya adalah saya harus fokus memberikan waktu dan energi saya hanya untuk satu proyek-Pemanjatan La Dura Dura. Ada begitu banyak tebing di sini, jadi banyak proyek yang ingin saya lakukan. Jika Anda tidak fokus, Anda berisiko membuyarkan segalanya dan investasi selama satu tahun pada proyek ini menjadi sia-sia dan tidak berhasil sama sekali.

Jadi, setelah sukses di Santa Linya, Anda kembali ke bagian bawah Tebing La Dura Dura yang mengerikan?

Saya harus menghabiskan satu tahun mencoba 15 gerakan di bagian itu. Melakukan hal ini adalah proses yang sangat panjang, menguras mental, karena ada lintasan yang membutuhkan pergerakan yang sangat sulit, dimana saya terus jatuh dan ketika saya berhasil melakukannya, saya justru jatuh lebih tinggi lagi. Saya butuh satu setengah bulan lagi untuk kembali mencapai titik itu, jari membeku, kaki tergelincir, jantung terpompa. Itu adalah proses kemajuan yang sangat panjang, diikuti oleh kemunduran, lalu kemajuan yang lebih kecil. Saya merasa kehilangan sedikit keberuntungan!

Dan waktu mulai habis.

Ya, musim semi telah tiba dan akan buruk jika harus menunda pemanjatan pada musim lain. Apalagi setelah saya mempunyai beberapa sensasi yang benar-benar baik belakangan ini. Saya memanjat setinggi-tingginya tapi kemudian kaki saya terpeleset. Hari berikutnya terjatuh lagi pada lintasan yang sangat sulit dan saya mulai takut kalau-kalau berada di tahap kemunduran sekali lagi. Saya punya beberapa peluang yang penting, tapi sekarang saya mulai merasa panas.

Seberapa sering Anda mencoba jalur?

Hanya dua percobaan yang baik dalam sehari. Diikuti oleh satu hari istirahat, kadang-kadang lebih. Jadi, saya mulai membayangkan apakah itu semua akan datang bersama-sama.

Pada hari Sabtu itu! Bagaimana bisa?

Saya benar-benar tidak tahu. Mungkin saya baru saja menundukkan jalur ini! Seperti yang saya katakan, di masa lalu saya punya kesempatan, tapi saya tidak beruntung. Jadi, saya merasa sangat kuat, saya tidak membuat kesalahan sama sekali. Dan ketika akhirnya saya berhasil, saya merasa seolah-olah saya tidak benar-benar berada di ambang batas.

Baca juga:   Ciampea Cliff
Chris Sharma Memanjat Tebing La Dura Dura

Tunggu. Itu berarti bahwa dengan sedikit lebih beruntung dan lebih bugar, mungkin ada celah untuk lebih…

Mari saya jelaskan. Sekarang saya telah menyelesaikan pemanjatan di La Dura Dura, saya bisa membayangkan bagaimana hal-hal yang lebih sulit dapat diselesaikan. Ada beberapa proyek sulit yang menarik di bayangan saya, tapi saya tidak yakin apakah fokus saya dalam lima tahun ke depan akan murni dalam kesulitan. Mungkin saya akan lebih sering memanjat di multi-pitches. Yang pasti, sekarang saya senang karena tidak lagi memiliki komitmen besar, saya benar-benar bebas, untuk memanjat tebing dan bersenang-senang.

Ceritakan lebih lanjut.

Nah, untuk berhasil mendapatkan tingkat kebugaran ini, saya harus menjadi lebih dari seorang atlet, lebih strategis dalam membuat pilihan. Tidak mengikuti arus, mengurangi spontanitas. Itulah mengapa ini begitu berharga. Memusatkan pikiran untuk waktu yang lama dan kemudian berhasil.

Adam menyarankan grade 9b +. Target Anda adalah pengulangan pertama dari jalur yang sulit ini. Apa yang dapat Anda katakan tentang grade ini?

Nah, jika Adam berpikir gradenya 9b+, mungkin dia tahu lebih banyak tentang grade ini dari siapa pun, sehingga dia benar-benar yakin. Dia telah mempunyai banyak pengalaman dan itu menakjubkan! Saya tertarik untuk membandingkan ini dengan jalur-jalur saya yang lain, misalnya First Round First Minute di Margalef untuk melihat bagaimana rasanya sekarang. Karena ketika saya menaklukkannya dua tahun yang lalu, saya telah mencobanya begitu sering. Saya berisiko kehilangan perspektif. Tapi, jika saya berpikir tentang hal itu, maka La Dura Dura mungkin lebih sulit.

Ada banyak isu tentang siapa yang akan pertama berhasil, Anda atau Adam. Kami menulis bahwa ini adalah kemenangan untuk semua pihak, untuk Anda, Adam dan olahraga panjat pada umumnya. Bagaimana menurut Anda?

Tentu, bagi saya memanjat bersama Adam benar-benar keren. Anda tahu, selama bertahun-tahun saya hanya mencoba jalur-jalur sulit yang sudah saya lewati. Dan jika Anda melakukan ini, Anda berisiko kehilangan diri Anda dalam dunia Anda sendiri. Jadi, mendapatkan perspektif baru dari Adam benar-benar penting untuk saya. Saya sering mencatat jalur, dan ketika kita memutuskan untuk bekerja bersama-sama, dia membawa saya kembali ke kehidupan. Ini adalah proses yang baik untuk kami berdua. Kami saling menumbuhkan motivasi satu sama lain. Saya kira, saya menjadi pemanjat yang lebih baik lagi karena dia. Saya sudah tahu Adam sejak dia masih muda, saya sudah melihat dia tumbuh dan berkembang. Pada akhirnya, sungguh menyenangkan mengetahui salah satu jalur saya merupakan satu langkah penting dalam pengembangan pemanjatannya.

Baca juga:   Berbagi Ilmu dan Pengalaman di Tebing Citatah 90

Diterjemahkan oleh M. Seno Maulana (A – 129 – Cakar Alam)

Foto Dokumentasi Pribadi Chris Sharma

Sumber: Planetmountain