Praktik Kecil Pendidikan Dasar Astacala XXV, Menanamkan Jiwa Kedisiplinan dan Jiwa Korsa

Praktik Kecil adalah sebagai simulasi yang menggambarkan Praktik Besar yang merupakan akhir dari rangkaian Pendidikan Dasar Astacala XXIV nantinya

Praktik Kecil Pendidikan Dasar Astacala XXV, Menanamkan Jiwa Kedisiplinan dan Jiwa Korsa


Bandung (28 November 2016) – Praktik Kecil adalah salah satu rangkaian dalam Pendidikan Dasar Astacala (PDA) XXV. Tujuan dilaksanakannya praktik kecil ini adalah memberi gambaran kepada siswa PDA XXV untuk Praktik Besar. Praktik kecil yang dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 November 2016 bertempat di kawasan Gn. Kanti Sukaresmi, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

img_8860
Komandan Operasional memberi pengarahan kepada siswa

Tempat ini digunakan sebagai tempat praktik kecil karena tempatnya yang dikelilingi oleh hamparan luas kebun teh menjadikan tempat ini sangat cocok untuk melakukan navigasi. Siswa yang berangkat pada praktik kecil PDA XV berjumlah 37 siswa.

Jum’at, 25 November 2016 seluruh siswa melakukan pra-operasional yakni kegiatan packing.

Sabtu, 26 November 2016 agenda yang dilakukan adalah mempraktikkan materi navigasi darat yang telah diberikan sebelumnya dalam materi kelas. Siswa melakukan resection, intersection, orientasi medan dan pembuatan shelter.

Minggu, 27 November 2016 adalah kegiatan pencarian poin oleh siswa, poin tersebut sebelumnya telah dipasang oleh panitia. Siswa dilatih untuk dapat bernavigasi mencari poin dititik yang telah diberikan oleh Komandan Operasional, Niken Galuh R (A -125 – CA). Kegiatan pencarian poin berakhir pada pukul 15.00 WIB dikarenakan hujan deras yang turun di kawasan kebun teh G. Kanti.

img_8866
Siswa mencari koordinat poin yang telah diberikan Komandan
img_8880
Siswa melakukan Navigasi Darat di kawasan kebun teh

Agenda terakhir dalam praktik kecil ini adalah evaluasi siswa yang bertujuan memberitahu kesalahan apa saja yang dilakukan saat Praktik Kecil ini berlangsung. Pemberian hukuman yang diberikan Komandan Operasional berupa push-up dan jalan jongkok.

“(Praktik Kecil) ini bukan semata-mata untuk mencari kesenangan belaka, tapi disini kita menanamkan jiwa kedisiplinan dan menanamkan jiwa korsa didalam diri kalian” ujar Komandan.


Tulisan oleh Wahyu Ramadhan (AM – 011 – Cakar Alam)

Foto Dokumentasi Astacala