Pembukaan Pendidikan Dasar Astacala XXIV


Bandung (20/11/2015) – Pembukaan Pendidikan Dasar Astacala (PDA) merupakan suatu agenda tahunan untuk merekrut anggota baru di Astacala. Kegiatan ini diadakan pada 16 November 2015 di samping Gedung Student Center tepatnya di wall climbing Astacala Telkom University. Tujuan diadakannya Pendidikan Dasar Astacala ini selain untuk merekrut anggota baru juga untuk menyatukan siswa agar memiliki rasa kekeluargaan dan ilmu dasar berkegiatan di alam bebas.

Penyematan Slayer
Penyematan Slayer

Pembukaan dimulai pukul 19.30 WIB dengan perkenalan alat-alat (rock climbing, rafting, caving dan mountaineering) serta fungsi dan kegunaannya oleh Fahmi Doci (A – 106 – LH). Upacara dimulai pukul 20.00 WIB dengan Samuel Aditia (A – 120 – AF) sebagai pemimpin upacara. Slayer disematkan kepada dua orang perwakilan oleh Fitra Ariffanto (A – 108 – LH) selaku pembina upacara. Diikuti oleh seluruh peserta upacara pertanda mereka sah menjadi Siswa Pendidikan Dasar Astacala XXIV. PDA resmi dibuka oleh pembina dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali. Setelah rangkaian upacara, dilanjutkan dengan materi kelas keorganisasian dan lingkungan hidup yang diisi oleh Arief Naibaho (A – 118 – MG) dan Jefri Yoseph (A – 114 – MG). Materi yang dipaparkan pembicara mulai dari struktur keorganisasian yang ada di Astacala sampai materi mengenai meningkatkan kesadaran dan peran untuk menjaga lingkungan hidup. Banyak interaksi yang terjadi antara siswa dan pemateri mulai dari struktur organisai yang ada di Astacala dan ilmu pengetahuan mengenai lingkungan hidup.

Materi Keorganisasian
Materi Keorganisasian

Pembukaan yang diikuti oleh 56 calon anggota Astacala berjalan dengan khidmat. Arief Naibaho selaku ketua Astacala memaparkan, “Harapan bagi calon anggota kali ini ada generasi penerus yang tetap menjunjung tinggi kekeluargaan dan loyalitas terhadap Astacala”. Di akhir rangkaian kegiatan ditutup dengan sesi kesiswaan yang diisi Firman Aldiorija (A – 112 – LH) dan Marcellus Haninditya (AM – 021 – CA) dengan memberikan timeline rangkaian pendidikan dan pengakraban antara kesiswaan dan siswa.

Tulisan oleh Rizky Elfebra (AM – 013 – CA)

Baca juga:   Praktik Kecil Pendidikan Dasar Astacala XXV, Menanamkan Jiwa Kedisiplinan dan Jiwa Korsa

Foto Dokumentasi Astacala