Peringatan Hari Bumi 2014 Telkom University


Banyaknya kerusakan alam yang terjadi pada bumi kita ini merupakan akibat dari kurangnya kepedulian masyarakat tentang bumi. Seperti halnya tanah longsor, banjir, dan masih banyak lainnya bencana alam yang terjadi. Hal itu semata-mata terjadi karena ulah dari manusia yang kurang peduli terhadap lingkungan. Dari sebab-sebab itu semua maka muncul adanya peringatan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April.

Pada hari Selasa, 22 April 2014 kami menyelenggarakan peringatan Hari Bumi di Universitas Telkom, yang bertempatkan di sekitar danau Universitas Telkom. Acara Hari Bumi ini yang diselenggarakan oleh empat organisasi pecinta alam Universitas Telkom yaitu Astacala, Perimatrik, Gema Rawana, dan X-Wasi yang di mulai pukul 10.00 pagi.

Penanaman Pohon di Danau Telkom University

Dalam acara ini mahasiswa dikenalkan tentang adanya peringatan Hari Bumi. Selain, itu mahasiswa diajak untuk melakukan penanaman pohon dan bagaimana cara menanam pohon. Kami sebagai penyelenggara hari bumi ini juga bermaksud menyampaikan pesan kepada para mahasiswa tentang kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. Acara ini juga diselingi dengan penulisan pesan dan kesan terhadap acara Hari Bumi yang diselenggarakan.

Menanam Pohon di Kampus

Untuk penanaman pohon itu sendiri, kami menyediakan sekitar 230 pohon yang siap untuk ditanam oleh mahasiswa kampus. Dalam penanaman ini, mahasiswa yang ingin berpartisipasi menanam pohon kami dampingi menuju tempat penanaman hingga proses penanaman, sehingga mahasiswa yang belum tahu tentang cara menanam pohon dapat diajarkan cara menanam pohon dengan benar. Setelah melakukan penanaman, mahasiswa juga diberikan stiker dan flyer yang berisikan tentang kampanye lingkungan yang berguna untuk mengingatkan tentang adanya Hari Bumi sekaligus mengingatkan untuk selanjutnya mereka tidak hanya melakukan itu semua hanya pada hari bumi saja. Mahasiswa pun juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pesan dan kesan seputar acara hari bumi yang diselenggarakan. Tidak hanya itu saja, kami juga memberikan minuman secara gratis kepada mahasiswa yang turut berpartisipasi dalam penanaman pohon.

Menanam Pohon di Kampus

Selain penanaman pohon, mahasiswa juga dapat bermain perahu di danau yang kami dampingi untuk berkeliling di danau sekaligus memungut sampah yang ada di danau. Mahasiswa yang telah menanam pohon juga dapat bermain dart sehingga bisa mendapatkan doorprize yang telah kami sediakan.

Baca juga:   Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H

Selamat Hari Bumi semuanya! []

Tulisan oleh Tri Setiawan
Foto dari Dokumentasi Astacala