Dari Astacala untuk Cimonyong


Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang intinya adalah memberikan kontribusi yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Oleh karena itu, peran mahasiswa sebagai pemuda dan sebagai agent of change dirasa perlu untuk melakukan kegiatan ini. Tujuannya adalah agar dapat menumbuhkan rasa kepedulian sosial sehingga ilmu yang di dapat di bangku kuliah dapat memberi manfaat yang berarti bagi masyarakat.

Mengingat pentingnya hutan sebagai penghasil oksigen dan penyimpan cadangan air serta tempat tinggal bagi banyak makhluk hidup, maka mahasiswa sebagai golongan masyarakat berintelektual tinggi bertanggung jawab untuk berperan dalam menjaga  dan melestarikan lingkungan agar tetap terpelihara keasriannya.

Oleh karena itu Astacala sebagai Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam Institut Teknologi Telkom perlu melakukan kegiatan untuk mengabdi ke masyarakat dan mengajak masyarakat untuk terus menjaga kelestarian lingkungan.

Dari Astacala untuk Cimonyong

Nama Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah :

“Pengabdian Masyarakat Astacala IT Telkom : Dari Astacala untuk Cimonyong”

 

Landasan Kegiatan

  • Tri  Dharma Perguruan Tinggi :  “Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat”
  • Visi Astacala : “Menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dan meningkatkan keterampilan serta kemampuan kegiatan alam terbuka”
  • Program Kerja Dewan Pengurus Astacala 2011-2013 Divisi Lingkungan Hidup

 

Tujuan

  • Meningkatkan kebanggaan akan kekayaan alam Indonesia
  • Meningkatkan kepedulian lingkungan di kalangan masyarakat pedesaan
  • Menumbuhkan motivasi belajar bagi anak-anak usia wajib belajar 9 tahun
  • Membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan
  • Mendekatkan kaum intelektual calon pemimpin bangsa dengan masyarakat tertinggal

 

Deskripsi Tempat

Kegiatan ini akan diadakan di Dusun Cimoyong, Desa Wangunsari, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur. Terdiri dari satu RW dan enam RT. Dusun ini dihuni oleh sekitar 120 kepala keluarga. Mata pencaharian warganya adalah bertani.

Kondisi kehidupan masyarakat, baik dari segi sosial, ekonomi, maupun ekologi, masih sangat erat dengan alam sekitarnya. Hal ini dilihat dari cara mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka, baik sandang maupun pangan. Tingkat ketergantungan dengan daerah luar masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Namun belakangan ini, seiring dengan kemajuan teknologi, banyak nilai-nilai kehidupan yang mulai berkurang, akibat pengaruh dari luar.

Kampung yang terpencil ini berada persis di tengah hutan Cagar Alam Gunung Simpang yang masih sangat terjaga. Menurut data dari Dinas Kehutanan  Provinsi Jawa Barat, luas area hutan ini adalah 15.000 hektar dengan cakupan wilayah dua kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur.

Baca juga:   Api Sang Fajar

Cagar alam ini memiliki kekayaan flora dan fauna yang sangat penting. Satwa langka yang paling populer yang terdapat di cagar alam ini adalah burung elang jawa. Burung ini identik dengan lambang negara Indonesia, burung garuda. Saat ini jumlah elang jawa yang masih tersisa hanya sekitar 137-138 pasang saja, atau sekitar 600 – 1.000 ekor. Pertumbuhan populasi burung ini sangat susah, karena hewan ini hanya dapat hidup di lahan hutan primer, hidup pada ketinggian 20 – 39 meter di atas pohon, dan merupakan top predator. Hewan ini juga tidak bisa dikembangbiakkan / diternak, karena mereka melakukan perkawinan hanya pada saat terbang. Sebagai top predator, keberadaan hewan ini berperan sebagai indikator kelestarian ekosistem hutan. Oleh IUCN, hewan ini dimasukkan dalam status EN (endangered atau terancam kepunahan). Sejak tahun 1992, burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia.

 

Waktu Pelaksanaan Kegiatan

  • Pengumpulan Buku      :  1  Januari 2013 – 7 Maret 2013
  • Pencarian Dana              :  15 Januari 2013 – 7 Maret 2013
  • Acara Puncak                  :  8 Maret 2013 – 12 Maret 2013
  • Pasca Operasional         :  13 Maret 2013 – 28 Maret 2013

 

Konsep dan Spesifikasi Kegiatan

  • Pengadaan Perpustakaan

Alasan pelaksanaan pengadaan buku melalui perpustakaan adalah karena melihat buku sebagai salah satu sumber pengetahuan yang dirasa sangat kurang jumlahnya, bahkan tidak ada di Dusun Cimonyong. Jenis buku yang akan diberikan adalah buku-buku pelajaran, buku cerita anak, dan buku pengetahuan umum. Buku-buku ini nantinya akan di tempatkan di satu-satunya sekolah yang merangkap SD dan SMP di Dusun Cimonyong. Ke depannya, tim dari Astacala akan berkunjung secara berkala selama 6 bulan berikutnya, untuk melakukan maintanance dan mengajar, kemudian diadakan evaluasi membahas kelanjutan kegiatan ini.

  •  Khitanan Massal Gratis

Pengadaan khitanan masal untuk anak-anak di Dusun Cimonyong secara gratis. Khitanan ini juga sebagai salah satu bentuk kontribusi dalam bidang kesehatan. Karena menurut hasil survey kami, biaya khitan sebesar Rp 300.000,00 per anak, hanya untuk biaya dokter / mantri saja, dirasa sangat memberatkan bagi warga yang umumnya berekonomi menengah ke bawah. Khitanan masal gratis ini nantinya akan diadakan di tempat yang relevan di Dusun Cimonyong. Pelaksanaan khitanan masal ini dilakukan oleh tim dokter yang sudah berpengalaman dan berlisensi dari Dinas Kesehatan. Diharapkan acara khitanan masal gratis ini dapat memberi manfaat yang berarti kepada warga dusun Cimonyong.

  • Penyuluhan Bagi Warga Setempat
Baca juga:   Mendaki Gunung Sumbing melalui Dusun Cepit

Jenis kegiatan ini sebenarnya adalah kegiatan yang bersifat edukatif. Namun secara umum, edukasi yang dimaksud meliputi edukasi : sosial masyarakat, ekonomi, dan ekologi. Target peserta adalah warga dan siswa sekolah.

  • Mengajar dan Bermain

Kegiatan ini dilaksanakan pada saat operasional dengan target peserta adalah siswa sekolah tingkat dasar.  Inti dari kegiatan ini adalah berbagi keceriaan dan rezeki (baik materil dan non materil) kepada siswa sekolah dasar, dengan tujuan untuk menumbuhkan motivasi belajar di tengah kondisi yang serba kekurangan dan menciptakan kesadaran lingkungan pada usia dini.

  • Lomba

Acara ini merupakan bagian dari acara puncak. Tujuannya adalah untuk menambah keakraban antar warga desa dan penyelenggara kegiatan. Rencana lomba yang  akan diadakan adalah cerdas cermat untuk anak-anak, lalu untuk tingkat remaja dan dewasa adalah lomba bola voli dan memasukkan paku ke dalam botol. Pesan yang ingin disisipkan dalam kegiatan ini selain kelestarian lingkungan adalah kekeluargaan dan kekompakan.

  • Pameran Foto dan Seminar

Mengadakan pameran foto-foto dan tulisan yang terkait dengan kegiatan pengabdian masyarakat di Cimonyong ini. Kami juga akan mengundang pembicara yang akan membawakan materi yang bertemakan tetang pengabdian masyarakat. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Kampus IT Telkom, Bandung.

 

Parameter Keberhasilan

  • Tersedianya perpustakan mini di Dusun Cimonyong
  • Terselenggaranya kegiatan belajar dan bermain secara intens 1 x 1 bulan di Cimonyong
  • Terlaksananya acara khitanan masal dengan minimal anak yang dikhitan berjumlah 20 orang
  • Terlaksananya kegiatan penyuluhan

 

Pelaksanaan Kegiatan

  • Pra Operasional I

Waktu : 6 Desember 2012 – 3 Maret 2013

Kegiatan ini mempersiapkan hal–hal yang dibutuhkan sebelum kegiatan operasional. Tugas-tugas yang akan dilakukan pada tahap ini adalah:

  • Survey

Yang akan dilakukan di sini adalah mengurus semua perizinan, akomodasi peserta, menjalin ikatan sosial dengan warga, dan hal-hal lainnya.

  • Pembuatan Proposal

Pembuatan proposal dimulai dari tanggal 6 – 16 Desember 2012. Pemasukkan proposal ke kampus dan pihak sponsor akan dilaksanakan pada 18 Desember 2012 – 3 Februari 2013. Rencananya kami akan memasukkan proposal yang pertama ke Kampus IT Telkom dan ke beberapa lembaga / perusahaan untuk sponsor.

  • Publikasi dan Penggalangan Dana
Baca juga:   Perjalanan Anggota Muda Astacala Step Into the Unknown di Harian Pikiran Rakyat

Publikasi akan dilakukan dalam bentuk poster, flyer, dan melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Publikasi mengenai informasi kegiatan ini dan informasi penggalangan dana bagaimana cara donatur dapat menyumbangkan buku-bukunya atau sebagian uangnya. Publikasi dan penggalangan dana akan dilakukan dari tanggal 18 Desember 2012 – 3 Februari 2013.

  • Pencarian Tim Dokter untuk Khitanan

Pencarian tim dokter untuk khitanan masal dilaksanakan dari tanggal 18 Desember 2012 sampai dengan minggu kedua bulan Januari 2013. Dokter yang akan dipakai jasanya adalah dokter resmi dan berlisensi resmi dari Dinas Kesehatan.

  • Pengurusan Prosedur dan Perizinan Kegiatan

Pengurusan prosedur dan perizinan kegiatan dilakukan dari tanggal 18 Desember 2012 dan diharapkan pada minggu kedua bulan Januari 2013 sudah selesai.

  • Pra Operasional II

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 8 Maret 2013 di Dusun Cimonyong. Kegiatan ini untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan masalah teknis untuk kelancaran acara ini. Tugas yang diemban pada tahap ini adalah menyiapkan keperluan untuk acara operasional, dan kelanjutan dari operasional I.

Bedanya tahap ini dengan tahap operasional I adalah peserta yang akan dikirimkan merupakan anggota Astacala yang sudah tingkat akhir dan sudah tidak ada kuliah lagi, sehingga dapat bekerja lebih maksimal di lapangan.

  • Operasional

Operasional kegiatan diadakan pada tanggal 9 – 11 Maret 2013. Kegiatan yang akan diadakan adalah mengajar, mendongeng, menonton film, lomba untuk masyarakat, peresmian simbolis perpustakaan dan pengadaan listrik, serta puncak acara adalah khitanan masal.

 

Pasca Operasional

  • Pameran dan Seminar

Mengadakan pameran foto-foto dan tulisan yang terkait dengan kegiatan pengabdian masyarakat di Cimonyong ini. Rencananya kami juga akan mengundang pembicara yang akan membawakan materi yang bertemakan tentang pengabdian masyarakat. Kegiatan ini akan dilaksanakan di kampus IT Telkom, Bandung.

  • Evaluasi dan Laporan

Evaluasi kegiatan panitia dan pembuatan laporan kepada pihak kampus IT Telkom dan sponsor. Kegiatan ini ditargetkan selesai pada tanggal 28 Maret 2013.

Khusus untuk perpustakaan, akan diadakan kunjungan berkala untuk mantainance perpustakaan dan mengajar untuk siswa sekolah dasar.

Oleh Tim Divisi Lingkungan Astacala
Facebook Page : Pengabdian Masyarakat Astacala IT Telkom