Upacara Pembukaan PDA XXI


Pada tanggal 24 November 2012 kemarin telah berlangsung upacara Pembukaan Pendidikan Dasar Astacala XXI. Acara yang mengambil tempat di Gedung Student Hall IT Telkom ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan PDA yang harus dilalui oleh setiap siswa PDA. Hadir pada kegiatan tersebut adalah Panitia PDA XXI, calon siswa PDA XXI dan para tamu undangan.

Sebelumnya panitia telah membuka registrasi dan pendaftaran bagi setiap calon siswa dari tanggal 29 Oktober hingga 20 November 2012. Selama rentang waktu tersebut juga dilaksanakan proses wawancara tehadap calon siswa yang telah mendaftarkan diri. Selama masa registrasi, jumlah formulir yang terambil mencapai 61 buah. Kemudian dari jumlah tersebut, 50 orang diantaranya secara resmi ditetapkan sebagai siswa PDA XXI, dengan komposisi 45 orang laki laki dan 5 orang perempuan.

Upacara Pembukaan PDA XXI
Penyematan Slayer Siswa PDA oleh Pembina Upacara

Kegiatan upacara dimulai pada pukul 19.30 WIB, bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Komandan Latihan PDA – XXI, Aditya Bagus Setyadi (A – 096 – AP). Dan yang mendapat kehormatan sebagai pembina upacara adalah salah seorang senior angkatan Kawah Asa yang berkesempatan hadir di acara tersebut, yaitu “Acong” Andi Wirawan (A-068-KA). Pada kesempatan tersebut, Acong menegaskan kembali kesiapan setiap siswa untuk menjalani rangkaian kegiatan PDA nantinya, dari awal kegiatan hingga lulus sebagai anggota Astacala. Acara puncak ditandai dengan pemukulan gong  oleh pembina upacara sebagai tanda dibukanya PDA XXI.

Begitu upacara selesai, selanjutnya diadakan tes kepribadian untuk setiap siswa PDA XXI. Tes ini berada di bawah kewenangan Bagian Kesiswaan PDA XXI, Gianto Sibarani  (AM-009-LH) dan Fahmi Doci Maulana (AM-005-LH), yang bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai karakteristik dan kepribadian dari setiap siswa PDA XXI. Pengerjaan tes berlangsung selama lebih kurang satu jam.

Rangkaian kegiatan PDA XXI selanjutnya adalah latihan fisik dan materi kelas. Untuk latihan fisik diadakan mulai tanggal 26 November 2012, dilakukan rutin setiap minggu hingga menjelang kegiatan lapangan besar. Sedangkan materi kelas pertama dijadwalkan pada tanggal 2 Desember 2012 dengan tema keorganisasian.

Mengerjakan Tes
Sesi Kesiswaan
Siswa PDA XXI

Tulisan dan Foto oleh Redaksi ASTACALA.ORG

  • psikotest atau test kepribadian?

  • Aditsetyadi

    koreksi koreksi materi kelasnya bulan Desember tuu bukan November.

  • GNT

    test kepribadian