Aksi Hari Bumi IT Telkom


Hari Bumi sedunia merupakan hari dimana kita menghargai lingkungan, yang diperjuangkan oleh Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat, yang mempelopori jatuhnya Hari Bumi setiap tanggal 22 April. Hal tersebut dilakukan oleh Gaylord Nelson karena melihat lingkungan di dunia sudah banyak tercemar dan berhasil menarik perhatian masyarakat dunia untuk mendukungnya. Momen inilah yang kemudian menjadi cikal bakal dideklarasikannya Hari Bumi tersebut, termasuk wajibnya materi lingkungan hidup ke dalam kurikulum perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Anggota Astacala, perwakilan BEM, perwakilan GO Weser, dan para siswa sekolah dasar berfoto bersama seusai acara Lomba & Games untuk Anak SD

Pada tanggal 21-22 April 2012 lalu, Astacala mengadakan kegiatan untuk ikut memperingati Hari Bumi. Kegiatan Hari Bumi yang diprakarsai oleh Bagian Lingkungan Hidup Astacala tersebut terdiri dari empat kegiatan utama, yaitu :  Car Free Day, Aksi Hari Bumi, Mari Menanam Pohon, dan Bakti Sosial. Acara tersebut melibatkan Astacala, Komunitas Goweser IT telkom, anak-anak SD sekitar, serta anak panti asuhan.

Kegiatan pertama dilakukan di kampus IT Telkom pada tanggal 21 april 2012 melingkupi acara Car Free Day yang dimulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan jam pukul 13.00 WIB. Selama rentang waktu itu, wilayah kampus dibersihkan dari polusi udara kendaraan bermotor. Kegiatan kedua adalah Aksi Hari Bumi berupa lomba dan permainan bertemakan pendidikan lingkungan bagi anak-anak SD. Acaranya dimulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB. Acaranya sendiri diisi dengan lomba memungut sampah di sekitar kampus dan permainan di setiap pos. Setelah itu, kegiatan berikutnya adalah acara Mari Menanam Pohon yang dilaksanakan mulai dari pukul 15.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Acara melibatkan  para mahasiswa IT Telkom yang secara sukarela terlibat untuk ikut serta menghijaukan kawasaan kampus. Acara yang dilaksanakan di sekitaran danau IT Telkom ini berhasil  menanam lebih dari 100 bibit pohon, dengan jenis tanaman antara lain bibit pohon trembesi, bungur, dan somsi.

Anggota Astacala sedang mengarahkan para siswa untuk menanam pohon. Kesadaran lingkungan harus ditanamkan sejak kecil.
Suasana Car Free Day

Keesokan harinya, pada tanggal 22 April 2012, dilanjutkan dengan acara Bakti Sosial berupa pemberian bantuan sosial kepada Panti Asuhan Amanah. Khusus untuk acara kali ini, keseluruhan peserta yang diberangkatkan adalah anggota Astacala. Acaranya dimulai dari pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB. Kegiatannya sendiri selain pemberian bantuan juga diisi dengan ramah tamah dengan segenap penghuni panti asuhan. Dalam kesempatan tersebut, para anggota Astacala juga memberikan pesan-pesan atau lebih tepatnya berbagi pengetahuan tentang rasa cinta terhadap lingkungan hidup. Acara kemudian diakhiri dengan berdoa bersama.

Baca juga:   Dirgahayu Astacala Ke-21

Tulisan oleh Maulana Prima
Foto oleh Tim Dokumentasi Astacala