IT Telkom Menanam Bersama FAST


Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada hari Sabtu tanggal 31 Maret 2012, telah diselenggarakan kegiatan penanaman pohon di kampus IT Telkom. Acara yang  terselenggara sebagai bagian Reuni Akbar Alumni 2012 ini adalah berkat kerja sama dari FAST (Forum Alumni STT Telkom / IT Telkom) dengan Astacala IT Telkom dalam rangka mendukung IT Telkom Go Green yang kini mulai gencar disuarakan demi keasrian dan kelestarian lingkungan hidup, khususnya di sekitar kampus IT Telkom. Lokasi penanaman pohon pada kegiatan ini adalah berada di area sebelah utara kampus IT Telkom, tepatnya di sekitar danau buatan.

Para alumni STT Telkom / IT Telkom mulai berdatangan di lokasi penanaman di sekitar danau buatan IT Telkom

Persiapan dari kegiatan ini dikerjakan dari pagi hingga menjelang sore berlangsungnya acara oleh Astacala IT Telkom. Mulai dari membuat lubang penanaman, menyiapkan tanah sampai meletakkan bibit-bibit yang akan ditanam pada setiap lubang tanam yang telah tersedia. Selain itu, panitia penanaman yang terdiri dari anggota Astacala dan bagian rumah tangga IT Telkom ini juga telah mempersiapan teknis pelaksanaan acara beberapa hari sebelumnya supaya kegiatan berjalan dengan lancar.

Sekitar pukul 16.30 WIB para peserta yang terdiri dari alumni-alumni IT Telkom (yang dulu bernama STT Telkom) mulai berdatangan. Ada yang datang sendiri, bersama teman seangkatan, maupun yang membawa keluarganya. Kehadiran dan partisipasi mereka menandakan bahwa adanya antusiasme yang tinggi untuk berkumpul kembali dalam acara reuni serta mendukung gerakan “Go Green” ini.

Acara dimulai dengan Opening Ceremony yang dipimpin oleh Ibu Retno Novi yang bertindak sebagai pembawa acara. Beliau menjelaskan sedikit tentang tujuan dibuatnya acara penanaman pohon ini kepada para peserta, sehingga dapat dipahami maksud dan tujuan dari kegiatan sore itu.

Para peserta dan panitia mulai berdatangan dan berkumpul
Para alumni berkumpul di dalam acara ceremonial penanaman pohon
Para anggota Astacala yang ikut terlibat berkumpul mengikuti ceremonial penanaman pohon

Urutan acara selanjutnya adalah sesi sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh perwakilan dari pihak kampus dan rektorat IT Telkom yaitu Bapak DR. Heroe Wijanto Ir., MT sebagai Wakil Rektor I Bagian Akademik dan Kemahasiswaan. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan positif seperti ini sangat bagus untuk dilaksanakan karena dapat meningkatkan kualitas lingkungan di sekitar kampus. Beliau juga berharap agar kegiatan seperti ini menjadi sebuah rutinitas demi tercapainya hidup di lingkungan yang asri.

Baca juga:   Kondisiku Saat Ini

Sambutan selanjutnya datang dari pihak FAST yang diwakili oleh Bapak Triwiyasa sebagai Presiden FAST yang masih menjabat saat itu. Beliau mengutarakan hal yang tidak jauh berbeda dengan sambutan sebelumnya, yaitu kegiatan ini begitu positif sehingga perlu untuk selalu diteruskan. Karena dari forum alumni, beliau juga menambahkan beberapa cerita nostalgia tentang pengabdiannya untuk lingkungan dan masyarakat sekitar kampus saat masih duduk di bangku kuliah dulu. Hal terakhir yang beliau sampaikan ialah sebuah tantangan kepada Astacala untuk menanam lebih banyak lagi bibit pohon. Seratus untuk hari itu, dan lima ribu untuk hari-hari berikutnya. Sebuah tantangan yang menarik untuk para anggota Astacala tentunya.

Sambutan terakhir datang dari pihak Astacala yang diwakili langsung oleh sang ketua, Rahmadian Ikhsanul Hakim. Rahmadian menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah meluangkan waktunya untuk berpartisipasi dan mendukung penuh terselenggaranya acara penanaman dengan target seratus bibit pohon ini. Rahmadian dalam sambutannya yang cukup singkat juga menyatakan bahwa Astacala turut bersuka cita bisa berpartisipasi memeriahkan reuni akbar para alumni melalui kegiatan menanam ini serta mengucapkan selamat melaksanakan temu kangen reuni kepada seluruh anggota FAST.

Sambutan dari Bapak DR. HeroeWijanto Ir., MT. sebagai perwakilan rektorat dan Kampus, Bapak Triwiyasa dari FAST, dan saudara Rahmadian Iksanul Hakim dari Astacala

Masih dalam suasana ceremonial, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian donasi pemeliharaan bibit pohon secara simbolis dari pihak FAST kepada pihak IT Telkom dan untuk dilajutkan kepada pihak Astacala dan bagian rumah tangga. Ini sebagai wujud nyata dari dukungan penuh FAST dalam melestarikan lingkungan hidup di kampus IT Telkom. Donasi berikutnya yang diberikan adalah sebuah genset oleh Bapak Ian Sihombing yang merupakan alumni IT Telkom kepada pihak Astacala. Pemberian genset ini adalah untuk menindaklanjuti kegiatan IT Day yang beberapa minggu lalu telah dilaksanakan Astacala di SD Negeri Tangsijaya, Gunung Halu, Bandung, Jawa Barat.

Serah terima bantuan secara simbolis dari dari FAST kepada Kampus dan diteruskan kepada Astacala dan bagian rumah tangga IT Telkom
Serah terima bantuan secara simbolis dari dari FAST kepada Kampus dan diteruskan kepada Astacala dan bagian rumah tangga IT Telkom

Setelah acara serah terima donasi dilaksanakan, dilakukan ceremonial penarikan tirai penutup sebuah papan besi yang bertuliskan IT Telkom Go Green dan pihak-pihak penyelenggara maupun pendukungnya. Penarikan tirai ini dilakukan oleh tiga pihak yang tadi memberikan sambutan acara tadi. Dengan dibukanya papan “IT Telkom Go Green” yang ditempatkan tepat di tepi danau tersebut, maka secara resmi acara penanaman seratus bibit pohon itu pun dibuka.

Baca juga:   Pemutaran Film : "Pelangi di Citarum"
Pembukaan tirai IT Telkom Go Green
Papan IT Telkom Go Green

Peserta mendapat bantuan dari panitia untuk mengisi lubang tanam yang telah disiapkan dengan bibit pohon yang sudah disediakan. Ada yang menanam bibit tanaman trembesi, ada pula tanaman kayu manis, bungur, dan somsi. Semua peserta tampak ikut turun ke lokasi penanaman, dari mulai yang dewasa, bahkan anak-anak dari para hadirin pun turut serta membantu menanam pohon. Mereka terlihat sangat antusias dimana bisa kita lihat dari jumlah bibit yang ditanam mencapai 130 bibit dari target 100 bibit dalam acara penanaman ini.

Banyak dari peserta dan panitia bercakap-cakap bersama demi mencairkan suasana satu sama lain. Bahkan banyak pula dari peserta dan panitia yang saling bersenda gurau sambil melakukan penanaman pohon. Sungguh suasana yang sulit didapatkan, menanam bibit pohon bersama kawan-kawan lama waktu kuliah dulu.

Kegiatan menanam bersama di sekitar danau buatan IT Telkom

Semua peserta yang telah selesai menanam, lalu membersihkan diri dengan air yang telah disediakan. Setelah itu mereka kembali ke area tepi danau untuk agenda selanjutnya yang merupakan acara bebas dari panitia. Kebanyakan dari para alumni ini saling bertegur sapa satu sama lain, saling bernostalgia yang kadang diselingi dengan gelak tawa. Sebagian yang lain memanfaatkan waktu yang ada untuk berfoto-foto dalam suasana menjelang senja di sekitar danau buatan IT Telkom.

Temu kangen alumni seusai kegiatan menanam pohon
Stiker Kampanye : Ayo Menanam Pohon. Untuk Air yang Bersih. Untuk Udara yang Sehat. Untuk Lingkungan yang Lebih Baik.

Di akhir acara, para peserta mendapatkan merchandise berupa sebuah stiker bertuliskan “Ayo Menanam Pohon” dari pihak Astacala IT Telkom sebagai tanda terima kasih karena telah berpartisipasi dalam kegiatan menanam pohon dan juga sebagai himbauan agar tidak berhenti menanam pohon untuk menciptakan air yang bersih, udara yang sehat, dan lingkungan yang lebih baik meskipun kegiatan menanam dalam reuni akbar  sudah selesai.

Tulisan oleh Dyah Kusumastuti
Foto oleh Kresna Dwi Prasetya

  • Tias

    Selamat ya Astacala udah sukses melaksanakan kegiatan yang positif ini …

    Sip,, pertahankan dan tingkatkan kegiatan2 yg positif untuk keberlangsungan bumi dan alam sekitar … 🙂

    Go green !!

  • Thx..Tias.
    Hayo tanam pohon bareng KSR!
    Kapan nih?
    Kita dah siap nih..
    hehehe

  • Tias

    hayuk lah … dengan senang hati bang … hoho …