Praktik Kecil Navigasi Darat PDA 20

Related Articles

Pada tanggal 10 -11 Desember 2011 telah berlangsung kegiatan Praktik Kecil Navigasi Darat Pendidikan Dasar Astacala XX. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari pelaksanaan PDA XX yang harus diikuti oleh calon anggota Astacala (siswa PDA).

Siswa Longmarch

Praktik Kecil Navigasi Darat kali ini diadakan di kawasan Perkebunan Riunggunung, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Lokasi ini dipilih karena dirasa sesuai sebagai tempat yang cocok untuk belajar dan berlatih dalam mempraktikkan materi navigasi darat yang telah diajarkan pada saat materi kelas. Siswa yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 30 orang yang dibagi menjadi delapan kelompok. Pra kegiatan telah dimulai beberapa hari sebelumnya, antara lain adalah pembekalan materi secara  teori (materi kelas) serta pengecekan perlengkapan dan logistik yang akan dibawa serta packing siswa yang dilakukan secara bersama sama.

Lokasi Praktek Kecil

Kegiatan dimulai pada Sabtu 10 Desember 2011, siswa dan panitia berangkat dari Sekretariat Astacala sekitar pukul 08.30 WIB. Sesampainya di lokasi, siswa kemudian berlatih dalam mempraktikkan ilmu navigasi darat, antara lain dengan melakukan penentuan titik awal. Menjelang sore, siswa telah sampai di lokasi camp hari pertama untuk kemudian diberikan materi selanjutnya. Materi yang diberikan sore itu antara lain adalah sheltering, cara membuat camp yang baik, dan membuat api. Siswa membuat camp untuk masing-masing kelompok dengan didampingi oleh panitia.

Kegiatan keesokan harinya adalah praktik pencarian point. Masing-masing kelompok didampingi oleh 2 orang panitia. Pada praktik ini siswa akan berlatih dalam menganalisa medan dan membaca peta topografi. Belajar praktik resection dan intersection. Tiap siswa akan dibimbing menggunakan peta dengan baik dan benar. Membaca tanda, bentukan alam maupun titik acuan, kemudian melakukan analisa terhadapnya. Ada persimpangan jalan, bukit, ataup un puncakan yang dapat menjadi acuan untuk membaca peta.

Membaca Peta

Kegiatan pencarian point diakhiri pada pukul 13.00. Sebelum melakukan perjalanan pulang ke kampus, siswa beristirahat sambil memasak masakan untuk makan siang. Pukul 14.30 WIB, peserta dan panitia bergerak meninggalkan lokasi menuju kampus IT Telkom. Kegiatan Praktik Kecil Navigasi Darat PDA XX hari itu pun segera berakhir. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para siswa akan memiliki kesiapan dalam menempuh agenda PDA selanjutnya, yaitu Praktik Besar PDA XX.

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Menarik

Sebuah Tantangan dan Misi dalam Diri

Hari demi hari berlalu mengulang setiap aktivitas yang dilakukan mulai dari bangun tidur, makan dan menyelesaikan tiap tugas-tugas yang akan terus ada secara berkala....

Apakah Kita Sama Seperti Mereka?

Seandainya pohon bisa memberontak dan bicara tentunya ia bakal menjerit ketika ditebang, seadainya satwa liar itu bisa bicara tentunya ia bakal menyelamatkan hidupnya, namun...

Napak Tilas Sumpah Pemuda

Delapan puluh lima tahun silam, 28 Oktober 1928, tanpa teknologi telekomunikasi, transportasi yang tak mudah, serta dalammasa penjajahan, para pemuda nusantara mampu mengatasi ego...