Praktik Kecil Navigasi Darat PDA 19


Kegiatan Praktik Kecil Navigasi Darat (Navdar) merupakan salah satu rangkaian Pendidikan Dasar Astacala (PDA) 19. Praktik kecil Navdar PDA 19 tahun ini bertempat di Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Jawa Barat. Areal perkebunan teh PTPN dijadikan tempat untuk latihan membaca peta serta pemahaman awal tentang analisa kontur dan medan. Kegiatan wajib bagi calon anggota Astacala diikuti oleh 19 orang siswa PDA yang dibagi dalam 4 kelompok.

Siswa PDA sedang membidik satu titik acuan

Kegiatan dimulai pada Sabtu 11 Desember 2010, siswa dan panitia berangkat dari Sekretariat Astacala. Siang hari tiba di Desa Wanasari. Siswa melakukan penentuan titik awal untuk berkegiatan di keesokan harinya. Sheltering dan camp adalah materi hari itu. Siswa membuat camp untuk masing-masing kelompok didampingi panitia. Siswa diberikan materi sheltering, cara membuat camp yang baik, dan membuat api. Siswa mulai memasak dan belajar menggunakan perlengkapan gunung hutan, seperti memasak menggunakan kompor parafin dan nesting. Untuk beberapa siswa, ini merupakan pengalaman pertama mereka. Mereka harus belajar menggunakannya sebelum masuk ke praktek besar lapangan nantinya.

Kegiatan keesokan harinya adalah praktik lapangan. Menganalisa medan dan membaca peta topografi keluaran Bakosurtanal. Tiap siswa dibimbing menggunakan peta dengan baik dan benar. Membaca tanda dan bentukan pada peta kemudian menganalisanya. Mencari beberapa titik acuan dan bentukan alam yang tergambar pada peta. Ada pertigaan sungai, bukit, puncakan dan persimpangan jalan menjadi acuan untuk membaca peta. Belajar praktik resection dan intersection, serta membuktikannya. Gunung Tilu (2056 mdpl) dan Gunung Lima (1825 mdpl) menjadi titik acuan dalam melakukan resection – intersection di daerah perkebunan teh ini.

Masing-masing kelompok didampingi oleh 3 orang panitia dan berjalan mencari beberapa tanda unik yang ada pada peta dan membuktikannya. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dan diikuti sekitar 20 orang panitia PDA 19. Siang hari siswa beristirahat sebelum melakukan perjalanan pulang ke kampus. Di area perkebunan teh siswa memasak makanan untuk makan siang mereka. Pukul 14.00 WIB truk sudah datang menjemput. Kegiatan praktik kecil PDA berakhir hari itu. Praktik kecil navdar hanya salah satu dari rangkain proses seleksi penerimaan calon anggota Astacala tahun 2011 ini. Masih ada beberapa praktik kecil lain seperti praktik kecil rock climbing dan arung jeram. Semua rangkaian kegiatan wajib diikuti siswa PDA 19 untuk menjadi anggota Astacala hingga penutupan pendidikan dasar nantinya.