Buletin Bivak Agustus 2010

Related Articles

Menerbitkan sebuah majalah rutin di sela-sela kegiatan ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Memang, target kami untuk menerbitkan media ini di tahun 2010 adalah tidak rutin setiap bulan. Tapi, empat bulan terlewati adalah waktu yang lama. Kami harus bergerak!

Dan untuk itu, kali ini kami mencoba untuk bangkit lagi. Di tengah ramainya kegiatan alam terbuka oleh berbagai penggiat alam tapi sedikit dokumentasi dalam bentuk tulisan, kami tetap berharap media ini bisa menjadi nyala semangat untuk penulisan-penulisan di bidang yang tidak banyak orang yang menggelutinya ini.

Beberapa tim ekspedisi dari komunitas yang berbeda sedang berlomba melakukan ekspedisi besar untuk mengibarkankan merah putih di puncak-puncak gunung tertinggi. Ceritanya tentu tak terlewatkan menghiasi beberapa media besar. Dan dari kami, walaupun tak sebesar ekspedisi, beberapa cerita sederhana yang jauh dari hiruk pikuk ketenaran akan kami paparkan kali ini.

Mulai dari rangkaian perjalanan anggota muda Astacala ke berbagai medan operasional di Jawa dan Sumatra yang dilengkapi oleh sebuah catatan perjalanannya di Tebing Lawe Jawa Tengah, tambahan sedikit tips dari pelakunya dalam melakukan kegiatan tersebut, serta filosofinya di dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain itu sebuah pulau di Kepulauan Seribu yang mulai terkenal belakangan ini terangkum dalam kolom serba serbi oleh salah seorang tim kami yang sempat mengunjunginya.

Akhir kata, apapun perjalanan kami, besar atau kecil, kami tetap berusaha untuk membawa pesan positif di setiap prosesnya. Dan salah satunya adalah dalam bentuk tulisan yang kami tuangkan di dalam Bivak ini. Selamat membaca.

Salam – Redaksi

Download : [download id=”1″]

Comments

  1. Sampai saat ini Bivak masih tersedia versi soft copy. Selanjutnya tentu diharapkan majalah ini bisa kami cetak dan bisa dibaca santai sambil minum kopi di sore hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Menarik

Sejarah Pramuka

"Kenyataan sejarah menunjukkan bahwa pemuda Indonesia mempunyai saham besar dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia serta ada dan berkembangnya pendidikan kepramukaan nasional Indonesia. Dalam perkembangan...

Guha dan Kisahnya : Purnama Si Penipu

Pernahkan engkau tersesat di gunung dan dalam hutan ? Dengan situasi ekstrem yang terus melanda? Bahkan dalam situasi dimana persediaan makanan menipis?Tepatnya tanggal 24 Maret 2018 adalah sebuah hari yang sangat aku nantikan. Bagaimana tidak? pada tanggal tersebut akan dilaksanakan Pendidikan Lanjut Astacala Navigasi Darat Gunung Hutan. Disini, kami anggota muda yang baru dilantik akan mengasah kemampuan gunung hutan, baik itu dalam hal navigasi, mendirikan tempat beristirahat yang aman dan  bagaimana memanajemen sebuah perjalanan gunung hutan.

Binaiya (Bagian 6: Negeri Saleman)

"Bli... Bli... Ayo, bangun! Kita sudah sampai." Dion memanggil dari belakang kursi. Saya menguap dan melihat sekeliling. Di balik jendela mobil, terlihat teluk biru...