Pemanfaatan Kawasan Karst Tajur

Related Articles

Daerah Leuwi Karet merupakan salah satu kawasan daerah{nl}kapur (karst) terbesar yang berada di Jawa Barat. Mayoritas penduduknya{nl}bertanam singkong di sela-sela kapur. Ada juga yang kadang menanam{nl}kencur dan jahe sebagai tambahan.
{nl}

{nl}{nl}

[more]

Kebanyakan daerah karst di kawasan Tajur terletak di daerah Leuwi Karet yang berada di perbatasan Kabupaten Tajur dan Kabupaten Jonggol. Kedua daerah tersebut dibatasi oleh aliran Sungai Cileungsi yang kadang mengalir deras. Sekarang sudah ada jembatan besi kukuh yang menghubungkan dua daerah tersebut sebagai kompensasi keberadaan PT Indocement di daerah ini.

Daerah Leuwi Karet merupakan salah satu kawasan daerah kapur (karst) terbesar yang berada di Jawa Barat. Mayoritas penduduknya bertanam singkong di sela-sela kapur. Ada juga yang kadang menanam kencur dan jahe sebagai tambahan.

Pemanfaatan yang lain dari kawasan ini oleh masyarakat adalah sebagai pusat penangkaran sarang burung walet. Dengan menghasilkan rata-rata empat kilo sarang basah per bulannya, dirasa bisa sebagai tambahan penghasilan yang cukup memadai.
Selain itu kawasan ini juga dipergunakan sebagai daerah wisata petualangan bagi para pencinta telusur gua. Banyak goa yang menarik untuk dikunjungi di sini. Selain Cikarae, ada gua si Putri yang lebih terkenal dengan nama gua Keraton. Di sebut Keraton karena kemewahan ornamen yang ada di dalamnya.
 
Tingkat kesulitan untuk menyusurinya juga bukan kelas gampangan. Kemampuan menuruni gua vertikal dengan satu tali rasanya perlu dimiliki untuk mencapai dasarnya. Belum lagi keadaan lorong yang patah-patah, membuat semakin rumit proses menuruninya, karena harus melewati berbagai tambatan (multipitch) sebelum mencapai dasarnya yang berupa air terjun. Kabarnya hingga sekarang belum ada yang habis menyusuri gua ini, karena keterbatasan alat, waktu dan keahlian yang ada.
(str/sulung prasetyo s.)

sumber : http://www.sinarharapan.co.id/feature/hobi/2003/1203/hob2.html

{nl}{nl}

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Menarik

Gladian Nasional XIII Pecinta Alam Se-Indonesia

{nl}          Gladian berasal dari bahasa sansekerta “gladi”, yang berarti latihan. Suatu kegiatan belajar untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang alam terbuka dan lngkungan yang...

Jangan Pernah

Jangan pernah, kau merasa menakhlukan gunung sementara kesombongan dirimu sendiri belum kau punggungi. Jangan pernah, kau merasa pengarung sungai, sementara di dalam darahmu mengalir keserakahan yang tak...

Pesona Gua Negeri Angso Duo

{nl}         Gua selalu merupakan sesuatu yang mampu membuat manusia takjub, tidak hanya karena bentukan bumi ini menunjukan dengan jelas fakta kekuasaan...