Memanfaatkan Air Gua

Related Articles

        Pipa paralon berdiamater   15 sentimeter tampak tergantung di dinding stalagmit. Di antara lekukan goa,   pipa yang memanjang masuk sampai seratus meter ke dalam Goa Ciodeng tampak berlumut   seolah tidak terawat. Maklum, telah tujuh tahun pipa tergantung tanpa perhatian.

        Padahal bagi penduduk Mekarsari, Pancatengah, Tasikmalaya Selatan, pipa itu merupakan nadi kehidupan  mereka. Dari pipa itulah air dalam goa dialirkan ke sebagian rumah dan persawahan penduduk.

Baca selengkapnya di : Memanfaatkan Air Goa

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Menarik

Purnama di Puncak Kendang

Aku berjalan melewati setapak, menggendong tas carrier berwarna hijau yang sesekali aku angkat ke atas untuk mengurangi beban. Beruntung terik matahari siang ini hanya bersinar...

Mengarungi Perairan Komodo (Bagian 1)

Saya berbaring menengadah menatap langit. Di geladak kapal bagian atas. Merasakan angin yang berhembus. Melihat bintang-bintang bertaburan. Berkerlap-kerlip. Berkilauan menjadi bagian semesta raya.

Temu Wicara Kenal Medan XXIII

Temu Wicara Kenal Medan atau yang biasa disingkat TWKM merupakan forum tertinggi mahasiswa pecinta alam (Mapala) tingkat perguruan tinggi se-Indonesia yang biasa diadakan setahun...