Gunung Cikurai 2813 m

Related Articles

{nl}

Gunung Cikurai berada di wilayah kabupaten Garut Jawa barat dengan ketinggian 2813m dpl, gunung yang kelihatan jelas berdiri menjulang dari terminal bus Guntur Garut ini merupakan juga gunung ke empat tertinggi di Jawa barat. Posisi geografisnya terletak pada 07° 19′ 25” LS dan 107° 51′ 40” BT. Gunung yang medan pendakiannya mirip dengan saudara tertingginya Ceremai ini yaitu, tanjakan terjal dan tidak ditemukannya sumber air dari mulai start pendakian hingga puncak.

[more]

 

  Gunung Cikurai berada di wilayah kabupaten Garut Jawa barat dengan ketinggian 2813m dpl, gunung yang kelihatan jelas berdiri menjulang dari terminal bus Guntur Garut ini merupakan juga gunung ke empat tertinggi di Jawa barat. Posisi geografisnya terletak pada 07° 19′ 25” LS dan 107° 51′ 40” BT. Gunung yang medan pendakiannya mirip dengan saudara tertingginya Ceremai ini yaitu, tanjakan terjal dan tidak ditemukannya sumber air dari mulai start pendakian hingga puncak. Pendakian dimulai dari stasiun relay TV di kecamatan Cilawu. Biasanya pendaki akan mengisi perbekalan airnya dengan memintanya di stasiun relay ini. Puncak gunung ini bisa dicapai dari dua titik yaitu Cikajang dan Cilawu. Tapi pada saat ini jalur yang lebih sering dipakai adalah jalur dari Cilawu, karena jalur dari Cikajang sudah tidak begitu jelas dan sering menyesatkan.  
Rute Pendakian

 

 

Jalur akses umum yang biasanya dipakai adalah dari Desa Dayeuhmanggung kecamatan Cilawu Garut. Dari terminal bus Guntur Garut dilanjutkan dengan menumpang angkot (sejenis KWK) nomer 06 dengan trayek Garut – Cilawu, mobil ini menunggu penumpangnya dibelakang terminal didekat pasar. Kemudian turun di Patrol, perlu diperhatikan disepanjang jalur angkot ini ada dua tempat bernama Patrol. Katakan saja pada supirnya Patrol yang dituju adalah yang akan menuju ke perkebunan teh Dayeuhmanggung, sewa angkot Rp. 2.500,- per orang kemudian perjalanan dilanjutkan dari Patrol menuju titik awal pendakian di pemancar relay TV dengan menumpang ojek motor. Tarifnya Rp.15.000,- per orang. dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit bisa juga ditempuh dengan jalan kaki akan memakan waktu 2-3 jam. Di jalur trek nya sendiri tidak ditemukan shelter akan tetapi ada beberapa tempat yang bisa dijadikan sebagai camp area highcamp memilih ada tiga tempat yang cukup besar.
  Patrol – Stasiun Relay TV
 
Patrol terletak diantara Garut dan Cilawu tepatnya pada 07° 18′ 43” LS dan 107° 55′ 58” BT. Turun dari angkot, terdapat pangkalan ojek dan diseberang jalan terdapat jalan beraspal menanjak menuju Pt. Perkebunan Nusantara VII Desa Dayeuhmanggung. Jika memilih untuk berjalan kaki maka perlu minta ijin saat melewati perkebunan di Pos satpam yang berada di pintu masuk wilayah perkebunan. Kondisi jalan saat lepas dari perkebunan tidak beraspal, baru setelah mendekati daerah stasiun relay TV kembali ditemukan jalan beraspal.
 
  Stasiun Relay TV
Di daerah ini terdapat stasiun relay RCTI, SCTV, TPI dan TVRI. Daerah ini juga sering dijadikan daerah transit bermalam bagi pendaki, tapi jarang petugas yang mengijinkan pendaki untuk menginap di stasiun. Kebayakan pendaki mendirikan tenda diluar areal stasiun. Air bersih dapat diminta pada petugas stasiun relay. Jalur awal pendakian sendiri berada di sebelah kiri kita jika menghadap kearah stasiun. Tempat ini berada pada ketinggian 1460m dpl dan pada posisi 07° 18′ 279” LS dan 107° 52′ 92” BT.
 
  Jalur Awal – Camp Area 01
Awal dari jalur pendakian berupa jalan setapak membelah kebun teh, setelah melewatinya kita akan samapai pada bukit ilalang disini ada jalan bercabang ke kiri ke ladang petani yang juga terhubung dengan jalur lama yang tidak dipakai lagi. Jalur yang benar menapaki punggungan hingga terus masuk kedalam hutan. Dari pintu hutan jalan terus menanjak, hutannya semakin keatas semakin rapat. Tidak terdapat air sama sekali sepanjang rute ini.
 
  Camp area 01 – Camp area 02
Camp area satu ini berada di ketinggian 2037m dpl, dan berada pada posisi 07° 19′ 15” LS dan 107° 52′ 46” , diarea ini bisa memuat dua tenda. Dari area ini jalan setapak terus menanjak curam dan hutannya pun semakin rapat. Jalan setapaknya jelas dan memang ada beberapa jalan bercabang akan tetapi masih bisa dibedakan dengan jalan setapak utama. Seperti halnya jalur sebelumnya pada jalur ini pun tidak dijumpai adanya sumber air.
 
  Camp area 02 – Camp area 03
Camp area ini terletak pada sisi kiri jalan setapak saat mendaki, pada posisi 07° 19′ 15” LS dan 107° 52′ 46” BT dan dengan ketinggian 2271m dpl. Jalr pendakian sama seperti sebelumnya yaitu curam dan sesekali melipir punggunan. Pada area ini juga tidak terdapat sumber air. Camp area ini bisa menampung tiga tenda. Dari sini ingga camp area 03, jalan setapak tidak selalu menanjak tajam bahkan ada yang datar melipiri pungungan.
 
  Camp area 03 – Puncak
Camp area 03 ini cukup luas dan terbuka, bisa buat mendirikan 4-5 tenda. Sama seperti halnya camp area yang lain disini juga tidak ditemukan sumber air. Tempat ini berketinggian 2539m dpl, dan berada pada posisi 07° 19′ 32” LS dan 107° 51′ 98” BT.
   
  Puncak 2813m dpl
 
Puncak Cikurai terdapat sebuah menara dan sebuah shelter permanen tanpa pintu, dari puncak kita bisa melihat jelas kota Garut dan juga disebelah timur tampak berdiri Gunung Satria, serta juga perkebunan teh Dayeuhmanggung. Diarah lain tampak juga gunung Papandadayan dan pegunungan lainnya yang terhapar menyajikan pemandangan yang indah sekali. Dipuncaknya sendiri terdapat areal yang cukup luas untuk mendirikan tenda.

         

Perijinan  

Gunung Cikurai tidak memerlukan ijin untuk mendakianya. Jika memutuskan untuk berjalan kaki dari Patrol, maka saat melintasi wilayah perkerbunan teh, saat itu saja harus minta ijin Satpam perkebunan dan bisa juga sekalian memberitahukan rencana pendakian. Agar jika terjadi sesuatu, ada informasi jelas tentang keberadaan anda di Cikurai.    

Tempat Menarik  

Wilayah gunung Cikurai ini tidak begitu banyak tempat menarik yang bisa kita jumpai, selain perkebunan teh Dayeuhmanggung, keadaaan hutannya dan pemandangan dari puncaknya.

Sumber: www.highcamp.org

     

url : http://www.highcamp.org/file/cikurai/index.htm

More on this topic

Previous articleDi Batas Ketinggian
Next articleSAR Gunung Salak

Comments

  1. Fantastic blog! Do you have any recommendations for aspiring
    writers? I’m planning to start my own blog soon but I’m a
    little lost on everything. Would you propose starting with a
    free platform like WordPress or go for a paid option? There
    are so many options out there that I’m completely confused ..
    Any recommendations? Thank you! 0mniartist asmr

  2. Unquestionably believe that which you stated. Your favorite reason seemed
    to be on the web the easiest thing to be aware of. I say to you, I definitely get annoyed while people consider worries that they
    plainly do not know about. You managed to hit the nail upon the top as well as defined out the whole thing without having
    side-effects , people could take a signal. Will likely be back to
    get more. Thanks 0mniartist asmr

Popular stories

Fun Climbing di Tebing 90 Citatah

{nl} Sudah terlalu lama saya mendekam dengan pekerjaan dan pikiran yang terus{nl} berputar-putar. Sudah saatnya saya merefreshkan kepenatan, dan saya {nl}putuskan mengajak teman-teman di Astacala...

Sebuah Cerita dari Bencana Alam Gunung Kelud

Sekitar puluhan relawan berjejer dalam satu barisan panjang yang berawal dari mobil pick up yang baru saja tiba di depan pintu gerbang. Mereka memindahkan...

Pembukaan Pendidikan Dasar Astacala XXIV

Bandung (20/11/2015) – Pembukaan Pendidikan Dasar Astacala (PDA) merupakan suatu agenda tahunan untuk merekrut anggota baru di Astacala. Kegiatan ini diadakan pada 16 November...