WWOOF

Opini, liputan, laporan kegiatan lingkungan.
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

WWOOF

Postby Adek » Sat Jan 21, 2012 8:59 am

Mungkin sebagian rekan-rekan sudah mendengar mengenai inisiatif ini, namun sebagian mungkin belum. Saya sendiri baru tau sekitar setengah tahun yang lalu saat memutar ide mencari kegiatan bermanfaat, terutama saat liburan. Seorang kawan lalu memberi informasi mengenai WWOOF sebagai salah satu alternatif menarik selain part time mengurus hewan peliharaan seorang kawan setiap akhir pekan (termasuk seperti membawa joging ke hutan), atau mengantar loper koran pagi-pagi buta saat musim dingin, atau mencuci piring di restauran/cafee, yang kesemua chance-nya sangat kecil karena cukup sikut2an dengan pelajar lokal *lebih susah nyari kerja part-time seperti ini dari pada apply kerja di IT company!

Apa sih ini?
WWOOF adalah organisasi nirlaba yang mengakomodir farmer dan volunteer, untuk berbagai informasi, dimana farmer dapat mempublish informasi kebutuhan akan volunteer untuk bekerja di farming mereka, dan volunteer mendapat informasi untuk berkontribusi pada kegiatan farming, gardening, dsb.

Nah, farmer yang dapat mempublish informasi ini menurut yang saya baca hanya yang bergerak sebagai organic farm, small holding, dsb dan menawarkan, seperti yang dikutip di websitenya:
- provide hands-on experience of organic growing and other learning opportunities where possible.
- provide clean dry accommodation and adequate food for their volunteers.

Sedangkan volunteer, dapat memanfaatkan kesempatan itu, baik untuk tujuan lebih mengenal mengenai seluk beluk organic farm, mengisi waktu, mengenal budaya masyarakat local, dsb, seperti yang dikutip di websitenya:
- need a genuine interest in learning about organic growing, country living or ecologically sound lifestyles.
- help their hosts with daily tasks for an agreed number of hours.

Baik volunteer dan farmer tidak diperbolehkan untuk menarik biaya satu sama lain, kecuali membayark fee keanggotaan untuk running WWOF (website maintenance, administratif stuffs, etc). WWOF sendiri berperan sebagai mediator dan memvalidasi data farmer dan volunteer.

Lalu apa saja scoop pekerjaan sebagai volunteer?
Bermacam ragam, umumnya pekerjaan umum sebagai petani / peternak, dan terkadang ada juga pekerjaan maintenance, seperti mengecat, memotong kayu, dsb. Umumnya masa tinggal yang diharapkan sekitar 2 minggu - beberapa bulan.

Apakah ada WWOOF farmer di Indonesia?
Ada, tapi farmers WWOOF Independent, dan Indonesia termasuk negara yang belum ada local WWOOF organization yang meng-organize local farmers tersebut. *Astacala mungkin berminat set up running WWOOF organization?

Yang menarik menurut saya adalah konsep/ide kegiatan ini, yang sebenarnya sangat potensial di indonesia dimana banyak pertanian/peternakan kecil scoop rumah tangga yang sebenarnya mungkin bisa dibantu, terutama oleh anak-anak muda (mahasiswa/sma/remaja) saat masa break sekolah *terutama yang tidak ada kerjaan apa2 selain tidur2an di rumah :>

Saya sendiri saat ini juga sedang melihat2 lagi beberapa pilihan farm di cabang2 WWOOF untuk masa stay beberapa bulan kedepan, hitung-hitung belajar gratis bahasa baru, mengenal budaya berbeda, berbaur dengan masyarakat/keluarga lokal, dsb

Hm, hanya berbagi cerita ringan. Info lengkap bisa langsung ke TKP http://www.wwoof.org/

Salam,
enamdua
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

Return to “Lingkungan”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest