Biaya Hidup Sebagai Mahasiswa di Swedia

Tempat sharing info beasiswa ato kerja / yang cari tenaga kerja
User avatar
Adek
astacala.org geek
Posts: 858
Joined: Fri Feb 18, 2005 1:47 pm
Location: North Pole
Contact:

Biaya Hidup Sebagai Mahasiswa di Swedia

Postby Adek » Sat Dec 31, 2011 9:29 am

Mungkin ada rekan-rekan yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke swedia, the land of noble, mengingat tidak hanya beasiswa erasmu mundus (yang terkenal sulit dan sangat kompetitif) saja yang tersedia untuk kuliah di swedia, tapi juga beasisswa dari swedish institute juga sudah dibuka untuk lulusan indonesia, selain beasiswa dari masing2 universitas, yang info nya bisa didapat disini: https://www.facebook.com/groups/1348266 ... 334271660/

Berikut sedikit sharing mengenai biaya hidup sebagai mahasiswa di swedia yang saya tulis beberapa hari lalu, semoga dapat memberikan gambaran 'how to survive' hidup di kutup utara.
---

Swedia, sebagai salah satu negara skandinavia, memang termasuk negara dengan biaya hidup yang tinggi (di dunia dan dibandingkan negara-negara lain di daratan eropa), hasil kombinasi tingginya pajak dan standar hidup masyarakat. Swedia menggunakan mata uang “kronor” atau lebih tepatnya Swedish Kronor (SEK), yang terdiri dari pecahan koin 1, 5, dan 10 SEK, dan lebaran 20, 50, 100, 500 dan 1000 SEK (yang terakhir saya belum pernah gunakan). Nilai 1 SEK berkisar antara 1100 – 1400 IDR, yang nilai tukar terkininya dapat dilihat diberbagai website.

Berdasarkan aturan dari imigrasi (Migrationsverket), setiap pelajar yang diterima untuk kuliah dan mengajukan ijin tinggal (resident permit) di swedia diwajibkan untuk menunjukan dana minimum 7300 SEK/bulan di tabungan pribadinya untuk selama masa tinggal, dimana 1 tahun dihitung 10 bulan, yang merupakan estimasi standar minimal biaya hidup sebagai mahasiswa menurut pemerintah. Sehingga untuk masa pendidikan program S2 yang umumnya 2 tahun, maka jumlah yang harus ditunjukan saat mengajukan aplikasi resident permit adalah 7.300 SEK * 10 * 2 = 146.000 SEK, dengan kurensi saat tulisan ini dibuat berkisar sekitar 193 juta IDR.


http://lailiaidi.blogspot.com/2011/12/biaya-hidup-sebagai-mahasiswa-di-swedia.html
“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover." -Mark Twain-
--
http://lailiaidi.blogspot.com

Return to “Lowongan Kerja & Beasiswa”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest