Kendaraan Operasional

Buat penongkrong sekretariat yang mau bagi-bagi kabar, undangan nongkrong, para tua-tua ngomong, atau kabar-kabar umum lainnya.
User avatar
Gejor
astacala.org addict
Posts: 524
Joined: Wed Mar 30, 2005 5:10 pm
Location: Jakarta
Contact:

Kendaraan Operasional

Postby Gejor » Tue May 28, 2013 3:25 am

Selang waktu antara tahun 1999 - 2004, Astacala pernah memiliki mobil operasional sendiri yang ditujukan untuk menyokong kegiatannya. Mobil operasional tersebut adalah sebuah Scott International tua yang dibeli secara saweran oleh anak-anak Astacala kala itu yang sebagian besar dari mereka sudah bekerja dan berstatus sebagai alumni. Adalah Dedy Ariefijanto "Ewok" (A-009-PR) yang dikenal sebagai montir paling ulung di Astacala yang mengkordinir pengadaannya. Mobil ini tercatat tak sering aktif lalu lalang, itu pun hanya sampai pada tahun 2001 saja karena kondisi mesinnya yang tak pernah optimal serta cc besar yang menyebabkan mobil itu sangat boros bahan bakar. Setelah itu lebih banyak teronggok karena mesin akhirnya benar-benar mati dan tak diperbaiki lagi.

Akhir yang menyedihkan bagi mobil ini adalah ketika ia lama teronggok sendiri di samping papan panjat Astacala yang mana mobil ini sudah sangat jelas terlihat seperti mobil tua usang yang tak layak pakai. Entah bagaimana asal-muasalnya, seorang anak muda dari kampung sebelah menyiramkan bensin kemudian membakarnya. Usut punya usut, anak muda itu hanya iseng saja. Anak-anak Astacala yang marah kala itu pun memburu si pelaku dan berniat memperkarakan peristiwa ini ke pihak berwajib. Pelaku kemudian diketahui dan dicari ke rumahnya. Tetapi tak disangka, sang pelaku ternyata adalah seorang anak dari keluarga tidak mampu. Orang tuanya meminta maaf dan memohon dengan sangat untuk tidak memperkarakan kejadian ini. Karena tak tega, akhirnya masalah ini diselesaikan secara kekeluargaaan. Sisa mobil yang telah terbakar pun dijual.

Selain mobil milik bersama yang dibeli secara saweran, ada mobil milik pribadi atau perorangan yang direlakan oleh pemiliknya menjadi kendaraan operasional. Yang paling melegenda di kala tahun 2000-an adalah Land Rover Serie III Long Type milik M. Purnomo Sidiq "Gapung" (A-025-H). Mobil ini paling sering nangkring dengan gagah di depan Student Center dan paling sering mengiringi kegiatan-kegiatan Astacala seperti pendidikan dasar, pendidikan lanjut, atau pun kegiatan lain seperti Astacala Lintas Alam dan kegiatan tanggap bencana di sekitar Jawa Barat. Selain milik Gapung, ada juga Land Rover Serie III Short Type milik Erni Purwanti Dewi "Doni" (A-004-PR) yang bisa juga dikatakan sering mengiringi perjalanan anak-anak Astacala kala itu.

Untuk sepeda motor yang berfungsi sebagai kendaraan operasional, juga semuanya adalah milik pribadi atau peorangan dari anggota Astacala. Yang paling melekat dengan kehidupan Astacala dan melegenda adalah motor Honda CB milik Ewok yang mengiringi kehidupan anak-anak Astacala di sekretariat Gedung I pada tahun 1995 - 2000. Selain itu ada pula motor Hondal GL 100 yang lebih sering disebut "helikopter" milik I Komang Gde Subagia "Gejor" (A-056-AIR) pada tahun-tahun 2003 - 2008. Biasanya motor-motor ini lebih sering dipakai untuk urusan pengajuan proposal atau surat kegiatan ke kantor-kantor pemerintahan, maupun belanja logistik ke pasar.

Kendaraan operasional yang melekat identitasnya dengan Astacala memang kebanyakan adalah mobil dan motor tua. Tetapi itulah seninya. Mereka tampak menjadi legenda pada masanya. Rusak, mogok, atau bermasalah pada mesin tentu saja sering ditemui. Dan usaha supaya kendaraan-kendaraan tersebut bisa berjalan adalah kreativitas tersendiri bagi para penggunanya. []

Return to “Serba-serbi Astacala”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest