Gunung Kerinci 3805 Mdpl

Gunung Kerinci adalah sebuah gunung api yang masih aktif yang berada di Pulau Sumatera. Gunung ini berada di bawah pengelolaan Taman Nasional Kerinci Seblat. Secara administratif gunung ini berada di tiga provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, dan Provinsi Bengkulu.

Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3805 mdpl. Gunung ini merupakan gunung api tertinggi di Indonesia. Sebelum tulisan ini dirilis, letusan terakhir yang tercatat adalah tahun 2009. Persis setelah tim Astacala ke Gunung Kerinci, gunung ini meletus lagi yakni pada bulan Juni 2011.

Gunung Kerinci 3805 Mdpl

Masyarakat yang mendiami kaki Kerinci di Kecamatan Kersik Tuo mayoritas beragama Islam dengan Suku Kerinci dan Suku Jawa. Suku Kerinci merupakan suku asli setempat. Bahasa, adat, dan kultur sekilas mirip dengan Suku Minang di Sumatera Barat. Dan memang menurut cerita orang tua setempat, kedua suku ini memiliki “akar” yang sama. Sedangkan Suku Jawa merupakan transmigran dari Pulau Jawa yang dibawa di zaman penjajahan Belanda untuk dipekerjakan di perkebunan teh. Saat ini di kaki Kerinci masih terdapat perkebunan teh. Produk teh dari kaki Kerinci yang dijual di pasaran dikenal dengan nama Teh Kerintji atau Teh Kersik Tuo.

Sumber mata pencaharian warga di kaki Kerinci selain berkebun teh adalah berladang sayuran(kentang, wortel, kol, dll), bersawah (tanam padi), dan juga beternak (sapi, kerbau, kambing, ayam). Beternak bagi warga merupakan sambilan untuk membantu penghidupan, bukan sebagai mata pencaharian utama. Seperti kerbau untuk membajak sawah, sapi untuk menarik pedati, ayam untuk diambil telur dan bulunya, serta kambing dan ayam sesekali dipanen untuk dijual atau dikonsumsi.

Akses dari Kota Terakhir dan Perizinan

Untuk mendaki Gunung Kerinci dari Kersik Tuo, kita bisa mengawalinya dari Kota Jambi. Dari Jambi kita menuju Sungai Penuh dengan menggunakan kendaraan travel. Dari Sungai Penuh perjalanan kita lanjutkan ke Kersik Tuo dengan angkutan setempat berupa minibus atau elf. Data terakhir di bulan Juni 2011, biaya travel dari Jambi ke Sungai Penuh adalah Rp 90.000,00 per orang; sedangkan biaya minibus dari Sungai Penuh ke Kersik Tuo adalah Rp 10.000,00 per orang.

Jalur Pendakian Kersik Tuo

  • Tugu Macan (Kersik Tuo) – Pintu Rimba
Simpang Tugu Macan di Kersik Tuo
Perkebunan Teh, Jalur Perjalanan dari Tugu Macan ke Pintu Rimba

Tugu Macan dikenal juga dengan nama Simpang Macan. Dari Tugu macan, perjalanan melewati perkebunan teh dengan jalan yangberbatu. Di akhir jalur treking kita akan menemui ladang sayuran, itu berarti Pos Pintu Rimba sudah dekat. Lamanya perjalanan dari Tugu Macan ke Pintu Rimba dengan treking sekitar 3 jam. Jika beruntung kita bisa menumpang truk sayur yang lewat. Ya, hitung-hitung bersosialisasi dengan warga. Kordinat Tugu Macan adalah 01 46’33″S, 101 16’59″E; sedangkan kordinat Pintu Rimba adalah 01 44’54″S, 101 15’33″E.

  • Pintu Rimba – Pos 1
Pintu Rimba

Pos Pintu Rimba merupakan perbatasan antara hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dengan areal pertanian. Di batas hutan ini terdapat pos dengan gapura selamat datang. Laman perjalanan dari Pintu Rimba menuju Pos 1 kira-kira 15 menit. Di Pos 1 ini terdapat sumber air. Kordinat Pintu Rimba adalah 01 44’54″S, 101 15’33″E; sedangkan kordinat Pos 1 adalah 01 44’26″S, 101 15’36″E.

  •  Pos 1 – Pos 2
Pos 1

Sepanjang perjalanan dari Pintu Rimba kita akan melewati hutan tropis Taman Nasional Kerinci Seblat. Berbeda dengan gunung dan hutan di pulau Jawa, di sini hutannya lebih lebat dan rapat, hampir tak bisa menggunakan navigasi manual. Disarankan untuk membawa GPS sebagai alat bantu navigasi. Fauna liar juga masih banyak terdapat di sini, seperti jenis-jenis kera, babi hutan, burung, dan lain-lain. Konon di sini, dari Pintu Rimba (1600 mdpl) sampai di ketinggian 2000 mdpl merupakan habitat asli harimau sumatera. Jadi sangat disarankan untuk tidak menginap atau mendirikan tenda daerah tersebut. Kordinat Pos 1 adalah 01 44’26″S, 101 15’36″E; sedangkan kordinat Pos 2 adalah 01 44’05″S, 101 15’37″E.

  • Pos 2 – Pos 3

Kondisi medan yang dilalui di jalur ini masih cenderung sama : hutan lebat, jalan agak landai. Di Pos 2 ini kita juga bisa menemui sumber air. Kordinat Pos 2 adalah 01 44’05″S, 101 15’37″E; sedangkan kordinat Pos 3 adalah 01 43’44″S, 101 15’44″E.

  •  Pos 3 – Shelter 1
Pos 3

Kondisi medan masih sama dengan sebelumnya. Hanya jalur perjalanan sudah mulai sesekali agak curam. Kordinat Shelter 1 adalah 01 43’13″S, 101 15’49″E.

  • Shelter 1 – Shelter 2

Vegetasi sudah mulai menunjukkan ciri iklim pegunungan. Jika cuaca cerah dan tempat memungkinkan, akan terlihat Danau GUnung Tujuh di seberang Gunung Kerinci. Dari Shelter 1 menuju Shelter 2 ditempuh sekitar 2,5 jam. Menjelang Shelter 2, vegetasi mulai didominasi oleh pohon cantigi. Tempat camp di Shelter 2 agak masuk ke dalam hutan, kurang lebih 20 meter. Kordinat Shelter 2 ini adalah 01 42’34″S, 101 16’04″E.

  • Shelter 2 – Shelter 3

Di Shleter 2 ini kita bisa menemui sumber air. Dari Shelter 2, medan yang akan dilewati sangat terjal dan ekstrim. Pastikan kondisi fisik dalam keadan fit. Perjalanan dari Shelter 2 ke Shelter 3 sekitar 1 jam. Kordinat Shelter 3 adalah 01 42’20″S, 101 16’01″E.

  • Shelter 3 – Puncak Kerinci
Di Puncak Gunung Kerinci

Shelter 3 merupakan batas vegetasi. Setelah ini, tumbuhan akan mulai jarang kemudian hilang. Perjalanan dari Shelter 3 ke Puncak Kerinci sekitar 2 jam. Hati-hati!!! Disarankan untuk jangan terlalu lama di puncak. Asap belerang akan naik dan cuaca sangat fluktuatif. Sebaiknya turun dari puncak sebelum pukul 08.00 WIB.

Tempat Menarik di Sekitar Gunung Kerinci

  • Danau Belibis

Di kaki gunung Kerinci terdapat Danau Belibis. Dinamakan Danau Belibis karena di danau ini masih terdapat burung belibis yang masih liar.

  • Danau Gunung Tujuh

Di seberang  Gunung Kerinci terdapat Danau Gunung Tujuh. Danau ini berada di ketinggian 2000 mdpl, sehingga untuk mencapai lokasi ini harus melewati jalur trekking dengan medan hutan topis basah khas Sumatra. Dari Simpang Macan (Tugu Macan) dapat menggunakan angkutan menuju Pasar Pelompek dengan lama perjalanan sekitar 15 menit. Danau Gunung Tujuh dapat dilihat dari Gunung Kerinci, tepatnya mulai dari Shelter 1 apabila cuaca cerah.

  • Air Terjun Telun Berasap

Air terjun ini memiliki ketinggian antara 30 – 40 meter. Lokasi ini sudah dikelola oleh Pemda setempat. Untuk masuk ke lokasi air terjun, para pengunjung dipungut biaya sebesar Rp 3.000,00 per orang. Dari Pasar Pelompek, dapat menggunakan angkutan dengan lama perjalanan sekitar 10 menit.

  • Danau Kerinci

Danau Kerinci merupakan maskot wisata bagi Kabupaten Sungai Penuh. Setiap tahun sekitar bulan Juli selalu diadakan semacam pesta rakyat di danau ini. Pesta rakyat ini biasanya diisi dengan pagelaran kebudayaan setempat. Jika ke Gunung Kerinci melalui Jambi sudah pasti akan singgah di Kota Sungai Penuh terlebih dahulu. Jika berangkat dari Padang Sumatera Barat, maka harus melewati Kersik Tuo atau Gunung Kerinci terlebih dahulu. Dari Kersik Tuo menuju Sungai Penuh dengan menggunakan angkutan umum dengan lama perjalanan sekitar 30 menit.

Sumber Acuan

Segala informasi didalam tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman dari perjalanan Tim Astacala (Bolenk Astacala, M. Arief Nasution, dan Arnan Tri Arminanto) ke Gunung Kerinci pada bulan Juli 2011.

Tulisan oleh Bolenk ASTACALA
Foto dari Dokumentasi Astacala

  • Green.1979

    mantap brur, Desember 2010 saya ke Kerinci tp gak nympe puncak, terhadang badai di perjlanan shelter 2 ke shelter 3,

    SUKSES BUAT ASTACALA

  • Yono Lumajang

    for green 79 ayo kapan lagi bos , kabri dlu ya, mungkin ada waktu luang, serius bos…

  • Subroto

    waduh, suwe mbanget aku ora maring kerinci, aku saiki nang magelang melu bojo. salam kagem sadoyo warga kersik tuo

  • Boleh minta rincian total lama pendakian dari pos ke pos dan rincian biayanya ga mas ?

    Thanks

  • Bolenk

    @cana :
    kirimkan emailnya aja mas.
    nanti saya coba kirim.

  • Fitra

    Mas minta perincian biaya transport jalur darat dari jakarta ke gunung kerinci mas

  • Rajugeo

    bos boleh minta rincian durasi antar pos ga? mau ke kerinci bulan depan. kirim ke email an.safaryanto[at]gmail[dot]com ya bos. makasih.

  • Budi Kapa

    bang, bulan depan kita rencana mau ke kerinci juga, boleh minta data-data perjalanannya ga, yang paling penting rincian biaya transportasi darat dari lampung ke kersik tuonya, juga durasi pasti antar pos/shelter.

    minta saran juga biar dapet sunrise pas summit attack itu gmana? makasih

  • Budi Kapa

    oya imelnya casano59@yahoo.com

  • Makasih om informasinya, berguna banget.
    Tapi ada yg kurang mengenai bibudget Dr b bandung ke kerinci sampe kembali LG. Mohon Di infokan ya ke email saya ya. NUHUN…

  • John

    Salam rimba
    Thx untuk sharing informasinya.
    Bang kita rencana lebaran bln agst ini mau ke kerinci
    via jambi.
    Bisa dibantu informasi update untuk transportasi dari bandara jambi sampai kersik tuo.
    Beserta kisaran budgetnya ya bang.
    Tengkyu

  • Congrat astacala
    Bermanfaat bgt info sharing’y.
    Mohon petunjuk & pencerahan’y kang klo dari jakarta ke kerinci(kersik tuo) detail pembiayaan, timing pos to pos(shelter), harus pke surat kesehatan/gak ? Harus pake porter atau gk untuk yg belum pernah kesana ?
    Dan tlg ksh tau timing yg tepat untuk summit biar dpt sunrise’y kang.
    Nuhun ya sebelumnya maaf banyak bgt tanyanya 🙂
    Smutloverz@gmail.com

  • Daud Mahali

    Sy butuh info rincian hrg terbaru pendakian kerinci dr jkt, dn wkt dr jambi hingga oos to pos hingga puncak…. hturnuhunnya